Jokowi Ikut Panen Raya Padi Teknologi 3 in 1 di Sukoharjo

Dalam panen ini, Jokowi akan ditemani Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

oleh Liputan6 diperbarui 03 Okt 2015, 10:15 WIB
Presiden Jokowi berbincang dengan Dirut Bulog Djarot Kusumayakti (kanan) saat meninjau stok beras di Gudang Bulog, Jakarta, Jumat (2/10). Jokowi melepas secara simbolis 1.034 ton beras untuk 5 kota besar di Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan panen raya padi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, hari ini. Presiden akan ditemani Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Kepala Biro Pers Media dan Informasi Istana Kepresidenan Bey Machmudin menyebutkan, panen raya dilakukan di Kelurahan Sonorejo, Sukoharjo. "Tanaman padi yang akan dipanen merupakan hasil penerapan teknologi atau metode di Denfarm 3 in 1," kata Bey di Sukoharjo, Jateng, Sabtu (3/10/2015).

Metode 3 in 1 merupakan perpaduan beka (dekomposer), hazton (tanam bibit tua dan jumlah banyak, dan pomi (perlakuan pupuk hayati). Metode hazton adalah cara tanam padi menggunakan bibit tua yang berumur 25-35 hari dengan penanamannya langsung 20-30 rumpun per lubang tanam.

Luas lahan yang akan dipanen kali ini seluas 302 hektare dari luas total 20.814 hektare.

Penerapan metode 3 in 1 dilakukan guna pencapaian swasembada pajale alias padi, jagung, dan kedelai; serta demi mengurangi ketergantungan pangan nasional terhadap negara lain. (Ndy/Ans)*

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya