Uniknya Pembuatan Minuman Kopi ala Turki

Campuran bubuk kopi, gula, dan air dimasukkan dalam cangkir logam untuk kemudian dipanaskan. Berikut ini rekaman video selengkapnya.

oleh Alexander Lumbantobing diperbarui 26 Jun 2015, 08:03 WIB
Kopi sudah menjadi bagian berbagai bangsa di dunia. Tidak heran kalau cara penyeduhan kopi juga beraneka ragam.

Liputan6.com, Kusadası - Kopi sudah menjadi bagian berbagai bangsa di dunia. Tidak heran kalau cara penyeduhan kopi juga beraneka ragam. Dalam tayangan video yang diunggah ke YouTube oleh akun TimmiLatte, ditayangkan cara penyeduhan kopi ala Turki.

Dalam tayangan itu, terlihat bagaimana campuran bubuk kopi, gula, dan air dimasukkan dalam cangkir logam untuk kemudian dipanaskan dalam wadah berpasir yang sudah panaskan.

Pasir dipakai dalam proses ini karena sifatnya yang menghantar panas dengan lebih merata.

Seduhan kopi yang mendidih akan menghasilkan busa ke permukaan. Lalu minuman tersebut mulai dapat dituang ke beberapa buah gelas.

Sisa seduhan dipanaskan lagi dalam pasir panas, sehingga mendidih kembali, kemudian isinya ditambahkan kepada gelas. Cara yang unik bukan?

Pengguna YouTube lainnya dengan akun Halloween 2015 menjelaskan, bahwa cara ini disebut dengan cara mendidihkan berganda yang dapat disesuaikan. Dengan tuangan yang berulang, seduhan kopi itu berada pada suhu terbaik untuk mengeluarkan aroma dan wangi kopinya.

Dalam laporan lain oleh pengguna mountain village, didapatkan penjelasan bahwa sajian kopi ini berada di desa pegunungan Sirince di kawasan Kusadası, Efesus di Turki. Kawasan itu terkenal sebagai tempat wisata pantai di pinggir laut Aegea. Resor itu berpemandangan indah dan digemari pelancong negara-negara Eropa lainnya, termasuk Irlandia, Inggris, dan Rusia.

Tertarik membuat kopi ala Turki seperti dalam video berikut ini?

(Alx/Tnt)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya