Ini Alasan Utama MU Pecat Moyes

Keith Gillespie menuding alasan bisnis berada di balik pemecatan David Moyes.

oleh Defri Saefullah diperbarui 23 Apr 2014, 03:04 WIB
David Moyes (ANDREW YATES/AFP)

Liputan6.com, Manchester: Manchester United (MU) sudah resmi memecat David Moyes pada Selasa (22/4/2014) pagi atau siang WIB. Pemecatan ini menyusul terus menurunnya prestasi MU, dipuncaki oleh kekalahan 0-2 dari Everton di akhir pekan lalu.

Menurut salah satu legenda MU, Keith Gillespie, prestasi menurun bukan menjadi alasan utama di balik pemecatan Moyes. Seperti dilansir livesoccertv.com, menurunnya prestasi MU turut pula memengaruhi sisi bisnis MU. Jadi, itu sebenarnya yang menjadi alasan utama pemecatan Moyes.

Keluarga Glazer sebagai pemilik MU khawatir jika kerajaan bisnis mereka runtuh gara-gara terus turunya penampilan tim. "Saya dengar penjualan tiket eksekutif di Old Trafford mulai turun. Perusahaan seperti United tak bisa membiarkan Moyes terus memimpin," kata Gillespie.

"Saya tak pernah menjadi pendukung Moyes, tapi saya merasa kasihan karena pekerjaan sudah menyingkirkan dia. Saya berharap dia sukses di masa mendatang."

Keluarga Glazer sendiri bukannya tidak merugi dengan melepas Moyes. Karena sudah terikat kontrak 6 tahun, MU harus membayar pesangon pemecatan sebesar 10 juta pounds atau Rp 393 Miliar.

Tapi bos di MU sudah  memperhitungkan itu. Prinsipnya kerugian lebih besar coba dihentikan oleh para bos di MU. "Saya pikir keluarga Glazer tak mau ambil resiko rugi 200 juta pounds plus pembelian pemain musim depan jika Moyes dipertahankan," tambahnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya