[VIDEO] Sedapnya! Nasi Balap Puyung Khas Lombok

Beragam kuliner ada di Mataram, Lombok, dan sekitarnya. Nasi ini berasal dari Desa Puyung, sehingga diberi nama Nasi Balap Puyung.

oleh Tim Liputan 6 SCTV diperbarui 08 Mar 2014, 14:29 WIB
(Lipuan6 TV)

Liputan6.com, Lombok - Beragam kuliner ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan sekitarnya. Di kawasan Nusa Tenggara Barat itu memang terkenal dengan makanan khasnya. Durian Lombok juga tak asing bagi para pecinta buah berduri itu.

Dalam Jelajah Kuliner yang tayang di Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (8/3/2014), ada nasi balap puyung Inaq Esun di Lombok Tengah, Lombok. Nasi itu berasal dari Desa Puyung, butuh waktu sekitar 20 menit dari Kota Mataram untuk menuju ke sana,

Pemberian nama nasi balap puyung karena pada tahun 1970-an, nasi itu merupakan hadiah atau taruhan bagi anak-anak muda yang suka balapan di Desa Puyung itu. Yang memenangkan balapan akan mentraktir teman-temannya makan nasi. Oleh karena itu, diberilah nama nasi balap puyung.

Nasi balap puyung disajikan dengan 3 topping. Ketiga topping itu adalah ayam basah yang dicincang kemudian dimasak dan diberi sambal pedas, ayam goreng kering disuir renyah, dan kacang kedelai. Rasanya pedas dan asin sehingga cocok untuk sarapan.

Kemudian di Restoran Taliwang I, ada nasi ayam taliwang dan plecing kankung. Ayamnya digoreng kemudian digeprak, sehingga membuat bumbu meresap kedaging ayamnya. Harganya Rp 45.000 per porsi.

Ada 2 rasa ayam bakar yang disajikan. Nasi ayam bakar taliwang pedas sekali dengan bumbu cabai yang kasar. Atau nasi ayam bakar taliwang yang pedasnya sedang dengan bumbu cabai yang halus.

Plecing kangkung yang disajikan dengan toge, kacang tanah, dan parutan kelapa. Rasanya pedas karena ada sambal di dalamnya. Harganya Rp 7.500 per porsi.

Tak lupa, buah durian yang terkenal dari Lombok. Durian yang dijual di wilayah itu berbeda dengan durian yang dijual di daerah lain. Hal itu dikarenakan durian yang dijual adalah durian yang tumbuh di kebun sendiri.

Daging duriannya tebal dan manis. Biji duriannya juga kecil, sehingga dapat dibayangkan tebalnya daging durian yang lumer di lidah itu. Harganya cukup murah, hanya dengan Rp 25.000 kita sudah dapat menikmati durian itu.

Selanjutnya di Warung Dakota yang terkenal dengan ikan ragi rajang. Ikan yang digunakan bisa ikan tawar ataupun ikan laut. Ikan lautnya seperti ikan kerapu atau ikan kakap. Namun favorit ikan yang digunakan adalah ikan kerapu. Karena ikan itu dagingnya empuk.

Rasanya pedas karena banyak cabai hijaunya, jeruknya membuat segar, dan disajikan saat hangat. Itu merupakan perpaduan yang pas untuk disantap. Meski saat memakannya, kita harus tetap hati-hati karena ada durinya yang kecil-kecil. Harganya Rp 10.000 per ons.

Untuk dapat berkeliling kota, Kita dapat menggunakan Cikar Dokar Mobil (Cidomo), kendaraan khas yang ada di Lombok.

Jika Anda sedang berada di Lombok dan sekitarnya, jangan lupa mencicipi makanan-makanan tersebut dan tentu saja durian khasnya. Jangan sampai Anda menyesal ya karena tidak mencobanya! (Elin Yunita Kristanti)

Baca Juga:

[VIDEO] Nikmatnya Seafood Berkuah Susu  

[VIDEO] Raw Food, Konsumsi Buah-Sayur Jadi Lalapan dan Smoothies  

[VIDEO] Yuk Icip-icip Kuliner di Bendungan Hilir...

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya