Sukses

Kalah Telak, Pelatih Timnas Portugal Siap Bertanggung Jawab

Santos menyebut, dengan 10 pemain di lapangan, Timnas Portugal mengalami sedikit kesulitan.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Portugal takluk dari Belanda 0-3 dalam laga persahabatan di Stade de Geneve, Carouge, Swiss, Selasa (27/3/2018). Gol kemenangan Timnas Belanda dicetak Memphis Depay, Ryan Babel, dan Virgil van Dijk.

Usai pertandingan, pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos, menegaskan dirinya siap bertanggung jawab atas kekalahan ini. "Saya sebenarnya bisa melakukannya dengan lebih baik, tetapi tanggung jawab untuk kekalahan adalah milik saya."

"Akulah yang memilih para pemain, mengamati lawan, mengatur strategi. Saya pikir dalam 10 menit pertama kami menguasai bola dan bermain dengan baik," katanya.

Santos mengakui situasinya menjadi rumit setelah timnya kebobolan satu gol. Belanda lebih banyak menjelajahi setiap lini, sehingga banyak memberikan kesulitan.

"Kami berbicara dengan para pemain di babak pertama. Di babak kedua kami adalah tim yang berbeda dalam segala hal," ujar pelatih Timnas Portugal ini.

Santos juga menyebut, dengan 10 pemain di lapangan, timnya mengalami sedikit kesulitan. Meskipun sebenarnya timnya memiliki tiga atau empat peluang. "Kami berhak mendapatkan satu atau dua gol," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemenangan Pertama

Sementara itu, hasil ini menjadi kemenangan pertama Ronald Koeman sejak menjadi pelatih Belanda pada Februari lalu. Koeman pun membeberkan rahasia kemenangannya.

"Kami memutuskan untuk bermain dengan sistem yang sangat berbeda dari yang kami gunakan dalam seleksi selama bertahun-tahun. Kami menyajikan lini tengah dengan tiga pemain," ujar Koeman.

3 dari 3 halaman

Lebih Percaya Diri

Koeman mengatakan timnya membuat permainan yang sangat baik. Sedangkan, Portugal memiliki banyak masalah dalam menemukan ruang.

"Tim lebih percaya diri dan lebih beradaptasi dengan sistem baru. Hasil pertandingan malam ini membuat segalanya lebih mudah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.