Sukses

VIDEO: Permudah Perekaman Data E-KTP, Warga Cukup Bawa Ini

Pemenang tender E-KTP belum bisa bekerja sesuai target yaitu memenuhi lebih dari 7 juta lembar kekosongan blangko.

Liputan6.com, Jakarta - Tak berbeda dengan sejumlah daerah lain di Tanah Air, perekaman data E-KTP hingga kini masih berlangsung di Kabupaten Nias, Sumatera Utara. Kosongnya blangko membuat lebih dari 19 ribu warga hanya memiliki Surat Keterangan Pengganti KTP (Suket) untuk mengurus administrasi.

Namun demikian, seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (16/3/2017), warga tetap antusias mendapatkan Suket.

Sejauh ini, Unit Layanan Pengadaan (ULP) E-KTP Ditjen Dukcapil Kemendagri sudah menetapkan pemenang tender E-KTP. Namun, pemenang tender belum bisa bekerja sesuai target yaitu memenuhi lebih dari 7 juta lembar kekosongan blangko. Hal tersebut lantaran masih ada prosedur yang harus dilalui.

"Untuk memenuhi prinsip kehati-hatian, agar tidak ada masalah hukum, saat ini saat dilakukan proses probity audit yang dilakukan oleh tim eksternal," ujar Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh.

Sementara berdasarkan catatan Dirjen Dukcapil, ada empat wilayah di Indonesia yang belum melakukan perekaman data E-KTP. Pemerintah pun mempermudah perekaman data E-KTP dengan cukup membawa Kartu Keluarga (KK) dan menyerahkan copy-nya.

Saksikan syarat perekaman data E-KTP selengkapnya berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.