Sukses

Serunya Berenang Bersama Ubur-ubur Jinak di Danau Paisu

Danau Paisu Batongan dihuni ribuan ubur-ubur yang saat musim hujan bisa menutupi sebagian permukaan danau sedalam 12 meter.

Liputan6.com, Banggai Kepulauan - Masihkah Anda berpikir semua ubur-ubur berbahaya? Sebuah danau air asin bernama Danau Paisu Batongan di Desa Mbuang Mbuang, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, menjadi habitat ubur-ubur jinak alias tidak beracun. Tidak hanya berenang bersama ubur-ubur, anak-anak juga bisa menyentuhnya tanpa takut tersengat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (21/9/2015), ubur-ubur jenis cassiopeiaini adalah fauna endemik dan umumnya hidup di danau yang tenang. Ubur-ubur jinak ini berdiameter 10-20 centimeter, warnanya pun beragam mulai dari putih transparan, kuning terang hingga jingga.

Danau Paisu Batongan dihuni ribuan ubur-ubur yang saat musim hujan bisa menutupi sebagian permukaan danau sedalam 12 meter.

Warga setempat tak tahu pasti sejak kapan danau ini dihuni ubur-ubur jinak, yang pasti mereka tak perlu khawatir jika anak-anak berenang dan bermain bersama satwa bertentakel ini.

Untuk mencapai Danau Paisu Batongan, perlu perjuangan menembus gelombang Laut Tolo Ibi selama 3 jam dari Ibukota Kabupaten Banggai Laut. Namun sepanjang jalan, Anda akan disuguhi pemandangan alam eksotis lautan lepas. (Dan/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini