Sukses

Setelah Bluetooth, Kini Muncul Standar Konektor USB Terbaru

Konektor Tipe-C ini juga akan mendukung pengisian baterai yang lebih cepat dan memiliki daya tahan yang lebih kuat.

Saat menancapkan konektor USB untuk mengisi baterai gadget, Anda pasti sering terbalik memasukkannya sehingga konektor tidak dapat masuk ke dalam port.

Sebentar lagi masalah itu akan lenyap, karena konektor USB terbaru akan hadir dengan bentuk yang lebih tipis dan menggunakan konektor satu arah.

Belum lama ini USB Implemeters Forum (USB IF) dan USB 3.0 Promotor Group, mengumumkan bahwa mereka akan mengembangkan konektor USB generasi terbaru. Mengutip laman Phone Scoope, Kamis (5/12/2013), konektor USB itu diberi nama Tipe-C yang menggabungkan teknologi USB 3.1 dan USB 2.0.

Meski demikian, menurut USB IF, bentuk dan desainnya sama sekali berbeda, yakni lebih kecil dan akan bekerja di perangkat terbaru yang lebih ramping. Konektor Tipe-C ini juga akan mendukung pengisian baterai yang lebih cepat dan memiliki daya tahan yang lebih kuat.

"USB Tipe-C merupakan evolusi tren desain, terutama dalam hal ukuran serta penggunaannya. USB tipe ini pun akan memberikan kemampuan pengisian baterai yang lebih cepat dibandingkan micro USB," kata Brad Saunders selaku Chairman USB 3.0 Promotor Group.

Sayangnya sampai saat ini belum ada penampakan terkait bentuk konektor USB terbaru itu. USB IF hanya memastikan, standar baru ini akan mulai dirancang pada kuartal pertama 2014 dan siap digunakan pada pertengahan 2014. (isk)
     

Baca juga:
Bersiaplah Menyambut Bluetooth 4.1 Yang Lebih Cepat





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.