Sukses

Tampilan di Google Maps dan Google Earth Kini Bebas Awan

Bahkan, di beberapa daerah tropis seperti Indonesia yang biasanya tertutup gumpalan awan, kini sudah bisa terlihat dengan jelas.

Siapa yang tak tahu keunggulan layanan peta Google Maps dan Google Earth. Kedua layanan besutan Google itu mampu menghadirkan tampilan permukaan bumi dengan sangat detail melalui sudut pandang pencitraan satelit dari angkasa. Namun, beberapa wilayah tertentu terkadang cukup sulit dilihat karena terhalangi oleh gumpalan awan.

Namun kini para pengguna tak perlu lagi khawatir. Dilansir laman Techcrunch, Minggu (30/6/2013), Google baru saja mengumumkan bahwa foto satelit dari kedua layanan tersebut telah menggunakan foto satelit terbaru dan tampilannya telah bersih dari awan.

Bahkan, di beberapa daerah tropis seperti Indonesia yang biasanya tertutup gumpalan awan, kini sudah bisa terlihat dengan jelas. Pembaruan ini diklaim mampu meningkatan tingkat kedetilan hingga dua kali lipat. Kontur daerah perkotaan, pegunungan, dan lautan dengan kedalaman yang berbeda pun tampak lebih jelas.

Pembaruan yang dilakukan Google ini kabarnya menghabiskan ratusan terabyte data dari United States Geological Survey dan satelit Landsat 7 milik NASA yang berjalan di atas platform Google Earth Engine. Namun, hasilnya pun cukup sesuai.

Pembaruan ini mampu menghadirkan pemandangan seluruh permukaan bumi dengan resolusi 15 meter per pixel, jauh lebih baik dari foto sebelumnya yang memiliki tingkat resolusi 1 km per pixel. (dhi/dew/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.