Sukses

6 Fitur AI di Oppo Reno 12 Series, Fungsinya Banyak Banget!

Berikut enam fitur AI di Oppo Reno 12 series yang memiliki banyak fungsi pintar dan beragam.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Reno 12 Series sudah terdaftar di laman resmi sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo dan TKDN Kementerian Perindustrian. Hal ini menandakan bahwa smartphone tersebut akan segera meluncur di Indonesia.

Oppo Reno 12 Pro 5G terdaftar dengan nomor model CPH2629, sedangkan Oppo Reno 12 5G terdaftar dengan nomor model CPH2625. Di situs resmi TKDN, varian Pro mendapatkan nilai 36,35 persen dan varian regular memperoleh 36,65 persen.

Sejak pertama kali meluncur, DNA Reno Series menawarkan kemampuan fotografi mumpuni, desain stylish, dan performa tinggi. Tiga hal itu dipertahankan di Oppo Reno 12, tapi dengan sejumlah peningkatan.

Salah satu peningkatan yang menonjol adalah kehadiran teknologi AI generative. Karenanya, lini HP Oppo terbaru ini diharapkan bisa menerapkan standar baru untuk smartphone AI pada 2024.

Lantas, apa saja fitur AI di Oppo Reno 12 series? Mengutip Phone Arena, Rabu (10/7/2024), setidaknya ada enam fitur AI yang tertanam di ponsel Oppo ini. Berikut di antaranya:

1. AI Summary

Fitur AI Summary memberikan ringkasan dan highlight singkat, mengekstrak poin-poin penting, tanggal penting, dan istilah-istilah penting dari teks yang panjang.

2. AI Writer

Fitur AI Writer cukup pandai dalam memahami dengan tepat apa yang ingin kita katakan dan menulis email yang cukup panjang.

Dengan fitur cerdas ini kamu masih bisa melakukan koreksi atau mengganti teks apapun sebelum mengirim pesan.

3. AI Speak

AI Speak dapat membaca situs web, dokumen, dan bahkan buku dengan suara pria atau wanita. Kedengarannya cukup realistis, tapi ini bukan hal baru karena sudah ada mesin pembelajaran text-to-speech.

Fitur ini juga tidak dapat memilih bagian penting dari sebuah situs web, jadi fungsinya hanya membacakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

4. AI Eraser 2.0

Fitur ini bisa mengatasi gangguan latar belakang pada foto yang tidak diinginkan dengan akurasi yang cukup mengesankan.

Dilatih pada kumpulan data gambar yang sangat besar, AI Eraser 2.0 menawarkan tingkat pengenalan 98 persen, sehingga kamu bisa menghapus orang yang lewat, benda, atau apa pun yang mengganggu hasil jepretan.

5. AI Clear Face dan AI Best Face

AI Clear Face dan AI Best Face bisa berfungsi untuk foto yang menampilkan minimal tiga wajah. Clear Face akan menerapkan penajaman yang sangat halus di sekitar wajah.

Sementara AI Best Face akan memastikan tidak ada orang di dalam frame yang berkedip atau meringis aneh, dengan cara mengganti wajah mereka dengan wajah dari frame yang diambil sebelum atau sesudah menjepret foto.

6. AI Studio

Alat AI ini memungkinkan kamu untuk mengubah foto apa pun menjadi avatar digital, cocok untuk menambahkan sentuhan unik pada postingan media sosial.

Algoritme pengenalan wajah Oppo mampu menganalisis dan menyempurnakan hingga 296 fitur wajah secara real-time.

AI Studio diklaim mampu melakukan perbaikan warna kulit berdasarkan faktor-faktor seperti warna kulit, usia, dan jenis kelamin--semuanya untuk hasil yang alami.  

3 dari 5 halaman

Spesifikasi Oppo Reno 12 dan Reno 12 Pro

Sebelumnya, Oppo akhirnya mengungkap Reno12 series mereka di Eropa, tadi malam. Smartphone ini hadir dengan sejumlah perbedaan dengan versi Tiongkok. 

Oppo Reno 12 Series ini hadir dengan chipset yang memiliki efisiensi daya, fungsionalitas AI, dan fitur komunikasi saat kondisi darurat.

Mengutip Gizchina, Rabu (19/6/2024), perbedaan utama Oppo terdapat pada penggunaan chipset Dimensity 7300-Energy. Chipset ini hadir sebagai kolaborasi antara MediaTek dan Oppo yang diklaim membawa efisensi daya tinggi. 

Dimensity 7300 membawa arsitektur core 4x ARM Cortex-A78 dengan clock speed 2.5GHz untuk mengerjakan tugas. Selain itu juga core 4x ARM Cortex-A55 dengan kecepatan clock 2GHz untuk efisiensi daya.

Chipset ini menggunakan GPU Mali G615 MC2 untuk mendukung grafisnya. 

Oppo Reno 12 hadir dengan RAM 12GB (dengan RAM virtual 12GB) dan opsi memori internal 256GB atau 512GB. Selain itu, Reno 12 juga didukung ekspansi memori dengan slot kartu microSD. 

Baik Reno 12 dan Reno 12 Pro sama-sama memiliki layar 6,7 inci jenis OLED dengan refresh rate 120Hz dan resolusi FHD+ (20:9). Layar tersebut menawarkan dukungan HDR10+ dengan puncak kecerahan 1200 nits. 

Pada sisi lain, Oppo Reno 12 Pro menawarkan Gorilla Glass Victus dan Reno12 menawarkan penggunaan pelindung Gorilla Glass 7i. 

4 dari 5 halaman

Kamera Oppo Reno 12 Series

Oppo Reno 12 Pro didukung kamera lebih superior. Salah satunya dukungan lensa Sony LYT600 50MP dengan aperture f1.8 dan OIS. 

Smartphone ini juga memiliki lensa ultra-wide 8MP jenis sensor IMX355. Lalu, ada pula sensor Samsung JN5 50MP. 

Adapun lensa selfie-nya adalah 50MP dengan jenis wide 21mm. Kombinasi ini membuat Oppo memiliki kemampuan sebagai Portrait Expert, di mana kedua kamera bisa merekam 4K dengan kemampuan perekaman 30fps. 

Pada sisi lain, Oppo Reno 12 didukung kamera ultra-wide dan kamera utama yang sama, namun tak ada lensa telephoto. 

Sementara kamera selfie-nya memiliki resolusi 32MP dan ada lensa 21mm dengan dukungan phase detection autofocus. 

5 dari 5 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini