Sukses

Ingin Durasi Ngecas iPad Kamu Lebih Cepat, Ikuti Langkah Ini

Ingin baterai iPad kamu lebih cepat terisi, ikuti langkah di bawah ini

Liputan6.com, Jakarta - iPad adalah perangkat yang kini menjadi kawan produktivitas, tak hanya sekedar iPhone yang diperbesar ukurannya. Untuk memberikan daya yang cukup, Apple menyertakan adaptor yang memiliki daya yang cukup cepat untuk mengisi daya lini iPad terbaru.

Dikutip dari 9to5Mac, Selasa (21/5/2024), Apple menawarkan pengisian cepat untuk iPhone, iPad, dan Mac. Apple mengklaim bahwa iPhone dan MacBook dapat mengisi daya baterai hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Kendati demikian, perusahaan tersebut tidak menyebutkan secara spesifik berapa lama baterai perangkat ini dapat terisi, meski Apple bilang jika iPad juga mendukung pengisian daya cepat (fast charging).

Jka kamu merasa pengisian daya iPad masih lama, kamu bisa ikuti langkah berikut.

  • Gunakan kepala charger dengan daya 30W atau lebih.
  • Kamu bisa menggunakan kepala charger yang tersedia di MacBook kamu. Sebagai informasi, Apple menyediakan kepala charger dengan daya 29, 30, 35, 61, 67, 87, atau 140W untuk lini MacBook.
  • Nyalakan Mode Pesawat (Airplane Mode) dan matikan layar iPad untuk pengisian yang lebih efisien.

Sama seperti iPhone atau Mac, iPad dapat menentukan berapa banyak daya yang dapat diambil dari stopkontak, oleh karena itu pastikan untuk menggunakan adaptor daya yang menawarkan daya lebih besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Matikan 2 Fitur IOS Ini Agar Baterai iPhone Kamu Makin Awet

Terdapat dua fitur di iPhone yang justru dapat menguras baterai lebih cepat. Bagi kamu yang ingin baterai kamu lebih awet, ikuti langkah berikut.

1. Hilangkan Widget di Layar Kunci iPhone

Semua widget yang terpasang di layar kunci memaksa aplikasi untuk berjalan di latar belakang. Aplikasi tersebut mengambil data secara terus-menerus untuk menampilkan informasi di Widget, seperti cuaca, skor pertandingan, atau pun data lainnya (tergantung widget yang digunakan).

Penggunaan widget tersebut mengakibatkan baterai iPhone kamu cepat terkuras.

Jika kamu ingin menghemat baterai iPhone, kamu bisa menghapus widget yang terpampang di Lock Screen, berikut caranya:

  1. Tekan dan tahan layar kunci
  2. Klik Costumize
  3. Pilih opsi Lock Screen
  4. Ketuk widget yang terpasang di Lock Screen
  5. Lalu pencet tombol "-" untuk menghapus widget
3 dari 4 halaman

2. Matikan Haptic Feedback di Keyboard iPhone

Menurut halaman dukungan resmi Apple, Haptic Feedback di keyboard iPhone akan memengaruhi daya baterai di iPhone.

Kendati demikian, tidak ada rincian yang diberikan mengenai berapa banyak masa pakai baterai yang terkuras oleh Haptic Feedback.

Jika kamu ingin menghemat lebih banyak daya di baterai iPhone, kamu bisa mematikan Haptic Feedback melalui cara berikut:

  1. Buka Settings
  2. Pilih Sounds & Haptics
  3. Ketuk Keyboard Feedback
  4. Lalu Nonaktifkan Haptic

Dengan cara ini, getaran pada keyboard saat diketuk akan hilang, dan daya tahan baterai di iPhone kamu akan lebih panjang.

4 dari 4 halaman

Apple Ingatkan Pengguna Tak Ngecas iPhone Semalaman

Untuk menjaga agar baterai lebih awet, produsen iPhone, Apple mengeluarkan peringatan serius kepada para pengguna iPhone. Peringatan ini terkait dengan aktivitas pengguna saat mengisi daya ponselnya. 

Apple meminta agar pengguna tidak membiarkan perangkat mereka terhubung dengan charger semalaman alias Apple mengingatkan pengguna tidak ngecas iPhone semalaman.

Peringatan ini bukanlah tanpa alasan, karena ternyata kebiasaan mengisi daya iPhone semalaman dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan baterai dan masa pakai perangkat.

Mengutip Apple Insider, dalam panduan resmi yang dirilis oleh Apple, perusahaan tersebut menjelaskan bahwa mengisi daya iPhone semalaman dapat menyebabkan baterai menjadi terlalu panas alias overheating. 

Pada gilirannya, panas berlebih dapat merusak baterai dan mempercepat penurunan umur perangkat.

Oleh karena itu, Apple merekomendasikan pengguna untuk mengisi daya iPhone hanya saat diperlukan, dan sebaiknya tidak melebihi 80 persen kapasitas baterai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.