Sukses

Ingin Update HP Samsung ke One UI 6.1, Simak Dulu Informasi Penting Ini

Samsung telah menggulirkan update One UI 6.1 ke sejumlah smartphone sebelumnya. Namun, sebelum memasangnya ada beberapa hal yang perlu perhatikan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah One UI 6.1 debut di seri Galaxy S24 awal 2024, Samsung secara bertahap mulai menggulirkan update One UI tersebut ke beberapa perangkat lain. Setidaknya, perusahaan membutuhkan waktu dua bulan untuk mulai merilis update tersebut ke beberapa perangkat flagship lawas.

Untuk fase pertama, Samsung meluncurkan One UI 6.1 ke perangkat lawas mereka. Adapun update ini dihadirkan untuk ponsel dan tablet flagship keluaran 2023, seperti Galaxy S23. 

Sementara fase kedua dimulai beberapa hari lalu. Samsung mulai menggulirkan update One UI 6.1 ke seri Galaxy S21, seri Galaxy S22, Galaxy Z Fold 4, dan Galaxy Z Flip 4 di Korea Selatan pada 2 Mei 2025.

Namun, pembaruan ke perangkat flagship 2022 tersebut justru menyebabkan masalah bagi pengguna.

Dikutip Dari Gizchina, Jumat (17/5/2024), pemilik HP Samsung Galaxy S22, S22+, dan S22 Ultra di Korea Selatan mengalami masalah saat mengakses ponsel mereka setelah menginstal update.

Untuk itu, Samsung memilih untuk menghentikan peluncurannya sementara waktu. Beberapa unit dilaporkan gagal melakukan booting, atau jika mereka berhasil melakukan booting dan masuk lock screen, pengguna gagal membuka kuncinya.

Masalah seperti ini biasa terjadi pada pembaruan perangkat lunak besar. Meskipun pengguna ponsel dan tablet Galaxy tahun 2023 yang menerima One UI terbaru ini tidak mengalami masalah, tampaknya pengguna ponsel rilisan sebelumnya tidak seberuntung itu.

Hal itu pula yang menjadi salah satu alasan mengapa Samsung belum memperluas ketersediaan update One UI 6.1 untuk perangkat yang rilis sebelum 2023 di luar Korea Selatan.

Mengingat masalah yang disebutkan, ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum melakukan pembaruan One UI 6.1, ataupun pembaruan software lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langkah Pertama: Jangan Lupa Backup Data Penting

Untuk perangkat yang menjalankan sistem One UI, terdapat beberapa cara untuk mencadangkan semua data sebelum diperbarui ke One UI 6.1.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mencadangkan semua data ke akun Samsung atau Google. Pilihan lain adalah mencadangkan data ke kartu microSD jika perangkat mendukung (jika tidak, kamu dapat mencadangkan data ke USB Drive eksternal).

Kamu juga dapat mencadangkan semuanya ke PC menggunakan aplikasi Smart Switch dari Samsung.

3 dari 4 halaman

Jalankan Firmware Terbaru

Langkah selanjutnya yang harus diambil adalah memastikan perangkat Samsung kamu menjalankan perangkat lunak/firmware terbaru yang tersedia saat ini.

Meskipun pembaruan ini tidak selalu mengharuskan perangkat menjalankan firmware terbaru, ada baiknya pengguna bersiap. Jadi, pengguna tidak perlu membuang waktu saat One UI 6.1 hadir dan dapat melakukan upgrade secepat mungkin.

Tindakan lain yang disarankan termasuk mengosongkan sebagian ruang penyimpanan jika perlu dan memperbarui semua aplikasi yang dinstal.

Perangkat juga harus memiliki daya yang cukup. Menginstal pembaruan mengharuskan perangkat Galaxy terisi daya setidaknya 20 persen, tapi lebih baik jika perangkat memiliki daya hingga 30 persen atau lebih. 

4 dari 4 halaman

Samsung Galaxy S25 Ultra Hanya Punya 3 Kamera?

Di sisi lain, rumor seputar Galaxy S25 Ultra semakin santer beredar. Setelah sebelumnya terdapat rumor kalau ponsel itu bakal menggunakan teknologi AI untuk menghadirkan daya tahan baterai yang lebih panjang, kini muncul kabar kalau HP Samsung tersebut akan hadir dengan tiga kamera saja.

Samsung dilaporkan kini tengah menguji purwarupa awal dari Galaxy S25 Ultra. Dikutip dari Gizmochina, Rabu (15/4/2024), rumor terbaru dari tipster @ISAQUES81 membagikan tiga aspek baru pada sistem kamera Galaxy S25 Ultra.

Menurut bocoran itu, purwarupa Samsung Galaxy S25 Ultra hanya memiliki tiga kamera, alih-alih menggunakan empat kamera seperti seri Ultra sebelumnya. Samsung dilaporkan telah membuang modul lensa telefoto 3x yang dianggap tidak terlalu berguna, dan diganti dengan zoom digital.

Tiga kamera tersebut akan terdiri dari lensa utama, lensa ultra-wide, dan lensa periscope untuk telephoto.

Samsung juga dikabarkan telah melakukan eksperimen dengan kamera zoom dari ponsel itu. Jadi, mereka mengganti kamera telefoto 10MP 10x dengan kamera 50MP dengan kemampuan zoom 5x.

Selain itu, kamera utama dari S25 Ultra masih mempertahankan ukuran dan sensor yang sama dari seri terdahulu. Namun kali ini, sensor di Samsung Galaxy S25 Ultra akan dapat menangkap lebih banyak cahaya, dengan aperture lebih besar.

Aperture yang lebih besar disebut akan membantu sensor menangkap lebih banyak cahaya, sehingga menghasilkan kualitas foto yang lebih baik dari sebelumnya.

Untuk kamera periskop, HP Samsung ini membenamkan sensor yang lebih besar dari Galaxy S24 Ultra. Sensor ini menghadirkan detail yang lebih tajam bahkan pada hasil foto yang telah di-zoom.

Perubahan terbesar di kamera periskop Samsung Galaxy S25 Ultra ini adalah penambahan variabel zoom yang signifikan terhadap kualitas gambar dalam bidikan yang diperbesar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.