Sukses

Meta Uji Coba Integrasi Instagram-Threads, Tingkatkan Interaksi Pengguna

Meta dilaporkan sedang bereksperimen dengan cara baru untuk meningkatkan interaksi di aplikasi Threads dengan memanfaatkan Instagram.

Liputan6.com, Jakarta - Meta dikabarkan sedang bereksperimen dengan cara baru untuk meningkatkan interaksi di aplikasi Threads dengan memanfaatkan Instagram. Menurut laporan, perusahaan itu tengah menguji coba fitur cross-posting foto dari Instagram langsung ke Threads.

Mengutip laporan dari Engadget, Kamis (9/5/2024), informasi ini dipastikan Meta setelah beberapa pengguna Threads melihat fitur tersebut muncul di Instagram. Menurut Meta, fitur cross-posting dari Instagram ke Threads ini bersifat opsional.

Disebutkan, pengguna juga memiliki pilihan untuk membuat semua unggahan foto baru mereka dibagikan secara otomatis ke akun Threads mereka. Adapun pengaturan cross-posting bisa diatur melalui aplikasi Instagram.

Perlu diketahui, Meta sudah menguji beberapa fitur mendorong pertumbuhan Threads. Padahal, layanan milik Meta tersebut sudah memiliki 150 juta pengguna.

Sebelumnya, perusahaan juga telah mencoba fitur cross-posting dari Facebook ke Threads. Pengguna juga bisa mempromosikan unggahan Thread secara langsung ke feed Facebook dan Instagram.

Selain itu, Meta juga melakukan sejumlah upaya lain untuk mendorong kreator konten untuk lebih aktif di Threads. Bahkan, para kreator konten dijanjikan bonus untuk unggahan yang menarik banyak interaksi.

Di sisi lain, Threads memberikan pengguna kontrol lebih besar terhadap siapa yang dapat mengutip postingan mereka (seperti memposting ulang dengan komentar).

Jika tidak ingin sembarang orang dapat mengutip unggahan kamu, kini kamu memiliki opsi untuk mengizinkan hanya orang yang kamu ikuti saja untuk bisa melakukannya.

Atau, sebagaimana dikutip dari Engadget, Senin (6/5/2024), kamu bisa memilih agar tidak ada yang bisa mengutip postingan kamu sama sekali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Threads Mungkinkan Pengguna Kontrol Siapa yang Bisa Kutip Postingan

Head of Instagram Adam Mosseri mengumumkan pembaruan tersebut akhir pekan ini. Dia berharap pembaruan ini akan membantu menjaga Threads menjadi tempat yang lebih positif.

Threads menguji fitur ini di antara sekelompok pengguna pada April 2024, tapi kini fitur tersebut diluncurkan ke semua pengguna.

Threads, yang kini memiliki lebih dari 150 juta pengguna bulanan, perlahan-lahan menambahkan lebih banyak fitur untuk meningkatkan keamanan dan pengalaman pengguna secara keseluruhan, meminjam beberapa tools dari Instagram.

Bulan lalu, mereka memperkenalkan fitur Hidden Words, sehingga pengguna dapat menentukan istilah tertentu yang ingin mereka saring dari feed.

Aplikasi Threads juga baru-baru ini mulai menguji opsi untuk mengarsipkan postingan, baik secara manual atau otomatis setelah tanggal kedaluwarsa dipilih. 

3 dari 4 halaman

Demi Gaet Pengguna, Threads Tawarkan Bonus Puluhan Juta untuk Kreator Konten

Untuk menarik lebih banyak pengguna untuk menggunakan Threads, Meta akan memberikan penawaran yang menggiurkan bagi content creator. Tak tanggung-tanggung, hadiah yang ditawarkan mencapai puluhan juta rupiah

Mengutip dari Engadget, Rabu (1/5/2024), perusahaan induk dari Instagram itu bakal memberikan reward bagi kreator konten yang unggahannya viral di Threads.

Halaman dukungan Instagram sudah memberikan beberapa detail terkait program bonus dari Threads, meski belum diumumkan secara resmi oleh Meta.

Detail tersebut menyebutkan kalau kreator konten Threads bisa menghasilkan uang berdasarkan jumlah pengguna yang melihat unggahan maupun seberapa banyak unggahan merekan.

4 dari 4 halaman

Janjikan Bonus Menggiurkan

Bonus yang ditawarkan Meta terbilang menggiurkan. Beberapa kreator konten telah ditawari hingga puluhan juta rupiah untuk unggahan dengan jumlah penayangan dan like yang tinggi.

Sebelumnya, Meta melakukan upaya yang sama pada platform Instagram dan Facebok. Perusahaan itu memberikan bonus bagi kreator konten yang mendapatkan jumlah views yang positif di Reels.

Menurut laporan dari Engadget, setidaknya satu pembuat konten diberikan tawaran hingga USD 5.000 (sekitar Rp 81 jutaan) untuk unggahan atau reply Threads dengan 10.000 penayangan atau lebih.

Meski jumlah tersebut tidak setinggi bonus USD 10.000 (sekitar Rp 162 jutaan) yang diperoleh kreator konten Reels di Instagram, tapi angka itu masih cukup besar. Sebab, Threads memiliki jumlah pengguna yang jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan Instagram maupun Facebook

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.