Sukses

iOS 17.5 Segera Meluncur, Bisa Download Aplikasi Selain dari App Store

Apple telah memberikan pembaruan iOS 17.5 versi beta 2 bagi pengguna yng terdaftar di Developer Program. Pada pembaruan ini pengguna bisa download aplikasi selain dari App Store

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah memberikan pembaruan iOS 17.5 versi beta 2 bagi pengguna yng terdaftar di Developer Program. Update ini menghadirkan pengalaman penggunaan iPhone yang lebih disempurnakan.

Dikutip dari GizChina, Kamis (18/4/2024), update iOS 17.5 beta 2 rilis hanya dua minggu setelah pembaruan beta 1. Pembaruan pada beta 2 hanya berfokus untuk membenahi sistem pada iOS 17.5.

Pada iOS 17.5, terdapat sejumlah fitur baru yang menarik, termasuk izin untuk mengunduh dan install aplikasi di luar App Store. Berikut fitur-fitur menarik pada iOS 17.5.

Anti-Tracking yang Disempurnakan

Setelah banyak insiden terkait penyalahgunaan AirTags untuk menguntit, nampaknya Apple merancang fitur baru di iOS 17.5 untuk memperbaiki alat pelacakan guna mengurangi kejadian stalking.

Pembaruan ini merupakan kelanjutan dari upaya berkelanjutan Apple bersama Google untuk menciptakan ekosistem seluler yang lebih aman.

Sebelumnya, iOS menawarkan peringatan untuk aplikasi pelacakan yang tidak diinginkan. Kini, tampaknya pengguna iPhone akan diberitahu jika ada perangkat pelacak mencurigakan yang bukan bagian dari jaringan Apple saat berada di dekat pengguna.

Gestur Baru untuk Apple Pencil

Terdapat hal menarik yang tersembunyi pada iOS 17.5 yang akan mengubah pengalaman penggunaan Apple Pencil.

Laporan dari GizChina mengungkapkan Apple akan menerapkan gesture baru pada stylus buatannya, yakni Squeeze Gesture (Gestur meremas).

Gestur ini akan memberikan cara baru untuk menggunakan Apple Pencil, yakni dengan meremas stylus tersebut, maka akan muncul tools/input untuk membantu pengguna dalam memakai Apple Pencil.

Kendati demikian, fitur ini nampaknya akan hadir pada Apple Pencil # yang masih menjadi rumor, karena Apple Pencil 2 tidak memiliki sensor yang dapat mendeteksi gerakan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Download Aplikasi Selain dari Apple App Store

iOS 17.5 beta menghadirkan lebih banyak kebebasan saat mengunduh aplikasi. Pada pembaruan beta 2, sistem iOS mengizinkan pengguna untuk mengunduh aplikasi langsung dari situs web pengembang.

Meski Apple mengizinkan pengguna untuk mengunduh aplikasi di luar App Store, terdapat beberapa perlindungan yang diberikan. Perusahaan memastikan pengguna tetap mendapatkan pengalaman yang lancar dan aman meski tak menggunakan aplikasi dari sumber resmi.

Pembaruan ini adalah bentuk tanggapan Apple terhadap Undang-Undang Pasar Digital (DMA) Uni Eropa. DMA bertujuan untuk mendorong persaingan yang sehat di pasar aplikasi, dan perubahan ini memberi kontrol lebih besar bagi pengguna iPhone di Eropa terhadap kebebasan memilih tempat mengunduh aplikasi.

Saat ini, perubahan besar tersebut hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone di Eropa.

3 dari 3 halaman

Cara Unduh iOS 17.5 beta 2

Apple menawarkan program beta publik yang memungkinkan kamu untuk mencoba pembaruan baru sebelum rilis resminya. Berikut panduan singkat untuk mendaftar di program ini:

Kunjungi situs Apple Beta Software Program dan daftar menggunakan ID Apple

Jika perangkat kamu menjalankan iOS 16.4 atau lebih baru, buka Settings > General > Software Update. Pada bagian “Beta Updates”, kamu dapat memilih dan menginstal iOS 17.5 versi public beta.

Apple juga menawarkan program beta pengembang terpisah. Program ini memerlukan akun pengembang Apple yang terdaftar. Kamu juga perlu mendownload aplikasi Apple Developer dari App Store.

Perlu diingat, terdapat dua hal yang diperhatikan sebelum menggunakan iOS 17.5 Beta. Pertama, Apple ID yang digunakan harus sama dengan yang digunakan untuk login di iPhone kamu.

Kedua, kamu wajib memahami bahwa kamu akan menggunakan sistem operasi yang masih belum stabil. Jadi, kamu akan mengalami beberapa masalah, bug, dan sistem yang mengalami gangguan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.