Sukses

Samsung Akan Tingkatkan Kemampuan Bixby dengan Generatif AI untuk Bersaing dengan Siri!

Samsung kabarnya akan meningkatkan kemampuan Bixby dengan teknologi generatif AI untuk bersaing dengan Siri! Simak detailnya di sini!

Liputan6.com, Jakarta - Bixby, asisten virtual milik Samsung disebut-sebut akan mendapatkan peningkatan luar biasa dengan teknologi generatif AI.

Adapun peningkatan kemampuan Bixby ini kabarnya untuk bersaing dengan asisten virtual milik Apple, yakni Siri.

Mengutip GSM Arena, Selasa (2/4/2024), para petinggi di Samsung rumornya sedang "bekerja keras" untuk mewujudkan hal itu.

Sayangnya, belum ada tanggal pasti kapan Bixby akan hadir dengan kemampuan generatif AI ini.

Informasi, Bixby telah menjadi bagian erat dari lini smartphone Samsung sejak tujuh tahun lalu.

Diketahui, asisten virtual ini pertama kali dirilis bersamaan dengan peluncuran HP Samsung Galaxy S8.

Saat debut, Bixby hadir dengan sejumlah fitur inovatif dengan memperkenalkan live translation dan rekomendasi restoran atau tempat makan.

Sayangnya, kemampuan Bixby terbatas sudah sulit untuk bersaing dan tidak memiliki kemampuan ChatGPT OpenAI atau Google Gemini.

Bila Bixby hanya memiliki kemampuan terbatas, ChatGPT dan Gemini dapat dipakai untuk menghasilkan teks atau gambar saat menanggapi pertanyaan (prompt) pengguna.

Pada Galaxy Unpacked 2024, Samsung sempat mengungkap rencana untuk meningkatkan Bixby dengan kemampuan AI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Ogah Bikin Layar OLED untuk iPhone SE 4

iPhone SE 2022. (Doc: Apple)

iPhone SE 4 menjadi perbincangan akhir-akhir ini. Kabar terbaru menyebutkan Samsung menolak tawaran Apple membuat panel OLED untuk smartphone mereka mendatang.

Permintaan harga yang terlalu tinggi jadi penyebab batalnya kesepakatan. Dikutip dari Gizmochina, Sabtu (30/3/2024), Samsung Display menawarkan Apple untuk memasok panel OLED untuk iPhone SE dengan harga USD 30 untuk setiap layar.

Namun, harga tersebut dirasa terlalu tinggi, sehingga Apple dikabarkan tak sepakat denga tawaran tersebut.

Samsung Display akhirnya mundur dari kesepakatan itu. Apple kini tengah mencari solusi alternatif.

Menurut kabar yang beredar, perusahaan kini mencari opsi yang lebih terjangkau dengan anggaran USD 25 per panelnya.

Perusahaan panel asal China, BOE, kini menjadi mitra Apple untuk membuat layar untuk iPhone SE 4 2025.

3 dari 4 halaman

Ukuran Layar iPhone SE 4

iPhone SE 2022. Dok: Apple

Apple saat ini berfokus untuk menghemat biaya produksi untuk iPhone SE 4, mengingat panel smartphone merupakan salah satu komponen dengan biaya tertinggi.

Diperkirakan dengan adanya kendala ini, perilisan iPhone SE ini berpotensi berdampak pada jadwal produksi atau harga retail dari ponsel itu.

Sebagai informasi, iPhone terjangkau ini akan menggunakan panel berukuran 6.1 inch berteknologi LTPO OLED dengan refresh rate 60Hz.

Smartphone ini akan menerapkan teknologi Face ID untuk sistem keamanan. Tak lupa, iPhone SE 4 akan memiliki kamera beresolusi 48MP, dan prosesor yang lebih kencang.

Apple menargetkan 15 juta unit untuk produksi awal iPhone SE 4 yang akan rilis di 2025 mendatang.

4 dari 4 halaman

Apple ingin Gunakan Gemini AI untuk iPhone

<p>Google Gemini: Chatbot AI Canggih Pengganti Bard, Kini Tersedia di Android dan iOS! (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Sementara itu, Apple ingin menggunakan teknologi Gemini AI dari Google untuk diterapkan di iPhone.

Menurut Bloomberg, sebagaimana dikutip 9to5Google, "Saat ini terdapat negosiasi aktif untuk membiarkan Apple melisensikan Gemini, kumpulan model AI generatif dari Google, untuk menggerakkan beberapa fitur baru yang akan datang pada software iPhone tahun ini."

Kabarnya selain dengan Google, Apple juga menjalin pembicaraan dengan OpenAI, yang saat ini menggerakkan kemampuan AI Microsoft.

Menurut informasi, Apple secara spesifik mencari partner dalam hal AI generatif berbasis cloud untuk mendukung kemampuan AI di iPhone. Dalam laporan terbaru, Apple tengah dalam pembicaraan dengan Google untuk memakai Gemini.

Dalam waktu yang sama, Apple juga tengah mengerjakan penawaran model AI di perangkat dan kemampuan on-device AI sejalan dengan iOS 18 yang akan datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini