Sukses

Update iOS 17.4 Bawa Pengisian Daya Nirkabel 15W ke iPhone 12

Para pengguna iPhone 12 kini bisa menikmati pengisian daya nirkabel hingga kecepatan 15W berkat kehadiran update iOS 17.4.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini Apple mengumumkan sebuah update yang menyenangkan buat pengguna iPhone lawas, yakni para pemilik iPhone 12.

Pasalnya, dengan update iOS 17.4, pengguna iPhone 12 kini bisa merasakan pengalaman pengisian daya nirkabel alias wireless yang lebih cepat.

Mengutip Gizchina, Jumat (29/3/2024), update iOS 17.4 ini membawa kemampuan pengisian daya lebih cepat sebesar 15W menggunakan standar Qi2 untuk iPhone 12.

Peningkatan ini cukup sejalan dengan teknologi pengisian daya nirkabel milik iPhone, MagSafe.

Sekadar informasi, Wireless Power Consortium (WPC) merancang standar Qi2 sebagai generasi berikutnya dari pengisian daya nirkabel. Teknologi tersebut terinspirasi dari MagSafe milik Apple.

MagSafe sendiri pertama kali diperkenalkan pada iPhone 12 dan memungkinkan kecepatan pengisian daya hingga 15W.

Saat itu, kehadiran MagSafe menawarkan standar baru dalam efisiensi pengisian daya nirkabel bagi pengguna iPhone.

Sayangnya, pengisi daya nirkabel pihak ketiga tanpa sertifikat MagSafe masih terbatas pada kecepatan pengisian 7,5W.

Kini standar Qi2 memungkinkan pengguna iPhone 12 untuk mengakses daya penuh 15W, sehingga membuat pegalaman pengisian daya nirkabel mereka lebih cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Model iPhone Lain Sudah Dapat Update Lebih Dahulu

Pembaruan Apple secara bertahap ini memperluas cakupan dukungan standar Qi2 di seluruh lini iPhone-nya.

Sebelumnya update iOS 17.2 juga memperluas kemampuan pengisian daya nirkabel Qi2 untuk pengguna iPhone 13 dan iPhone 14. Adapun seri iPhone 15 memang mendukung standar Qi2 sejak peulncurannya.

Namun, iPhone 12 menjadi model satu-satunya yang mendukung MagSafe tanpa kecepatan pengisian daya yang ditingkatkan oleh aksesori Qi2.

3 dari 4 halaman

Dikonfirmasi Pengguna

Nah, dengan update iOS 17.4 ini, pengguna iPhone 12 bisa merasakan isi daya nirkabel lebih cepat, 15W ketika menggunakan pengisi daya nirkabel dengan standar Qi2.

Berdasarkan feedback pengguna dan pengujian komprehensif yang dilakukan oleh Macworld, efektivitas pembaruan ini pun terkonfirmasi.

Di mana, pengisian menampilkan kecepatan pengisian yang sebanding dengan penggunaan MagSafe. Perangkat juga menampilkan animasi khas yang memperlihatkan pengisian 15W.

 

4 dari 4 halaman

Fitur Baru di Update iOS 17.4

Nah, untuk mengetahui deretan fitur baru yang dihadirkan Apple di iOS 17.4, simak beberapa di antaranya seperti dikutip dari CNET:

  • iOS 17.4 Hadirkan Lebih dari 100 Emoji Baru

iOS 17.4 menghadirkan lebih dari 100 emoji baru untuk pengguna iPhone. 

Emoji baru ini termasuk emoji mengangguk ke atas dan ke bawah, mengangguk ke kiri dan kanan, hingga seekor burung phoenix dan seiris jeruk nipis.

Emoji ini telah diperkenalkan di tahun 2023, dan beberapa HP Android telah memiliki emoji tersebut.

  • Mengunduh Aplikasi di Luar App Store

Apple memperkenalkan perubahan signifikan pada Safari, App Store, dan iOS dengan iOS 17.4.

Kini, pengguna iPhone dapat mengunduh aplikasi dan toko aplikasi di luar App Store. Kendati demikian, fitur tersebut hanya dapat berlaku di wilayah Eropa.

Pengguna iPhone di Eropa juga dapat mengontrol aplikasi default, sehingga pengguna akan memiliki lebih banyak cara untuk menyesuaikan pengalaman saat menggunakan iPhone.

  • Lebih Banyak Opsi untuk Pembayaran Melalui Aplikasi

iOS terbaru ini juga memperkenalkan lebih banyak cara untuk pembayaran melalui aplikasi. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pergi ke Settings > Privacy & Security > Contactless & NFC > New Option.

Fitur ini tersedia di negara-negara Uni Eropa, tapi belum ada kabar apakah fitur iOS 17.4 ini juga akan hadir di negara luar Uni Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.