Sukses

Kreator TikTok Bagikan Kegiatan Isi Waktu Ngabuburit hingga Tips Kesehatan di Bulan Ramadan

Kreator TikTok Tira Anisya dan dr. Pras bagikan kegiatan menarik dan tips kesehatan saat berpuasa agar ibadah Ramadan dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Content creator TikTok Tira Anisya dan dr. Pras membagikan kegiatan yang bisa dilakukan saat ngabuburit hingga tips kesehatan selama puasa.

Pada acara #SerunyaBerbagi Sambil Ngabuburit Bareng TikTok pada Selasa (26/3/2024), mereka diundang untuk membagikan tips mengisi kegiatan dan menjaga kesehatan saat Ramadan.

Tira Anisya atau yang lebih dikenal lewat akun TikTok @tiranissya, dikenal sebagai content creator yang sering membagikan konten seputar kerajinan tangan dan dekorasi di TikTok.

Berkat kontennya yang bermanfaat, Tira mendapat sambutan hangat dari para viewers. Banyak orang merasa terinspirasi dengan idenya yang kreatif dan mudah dipraktikkan.

Di bulan Ramadan kali ini, Tira Anisya membuat konten khusus dengan tajuk #NungguBedugBikinKarya. Di konten tersebut, ia membagikan tutorial membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang sering dijumpai.

Tira membagikan cara membuat amplop lebaran dari kertas origami untuk isi waktu ngabuburit, berikut caranya.

Bahan-bahan:

  1. Kertas origami
  2. Lakban
  3. Benang rajut
  4. Gunting
  5. Lem
  6. Ornamen hiasan

Cara membuat:

  1. Siapkan kertas origami, lalu buat pola amplop dengan bantuan lakban sebagai cetakan.
  2. Kemudian potong kertas origami sesuai pola menjadi dua bagian lingkaran.
  3. Selanjutnya, lem bagian pinggirannya dan satukan kedua lingkaran untuk membentuk bentuk amplop.
  4. Hias amplop dengan ornamen-ornamen seperti manik-manik.
  5. Lalu kepang benang rajut untuk membentuk tali.
  6. Gunakan lem untuk menempelkan tali ke amplop yang telah dihias.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Kesehatan saat Puasa dari dr.Pras

Selain tutorial dalam mengisi kegiatan saat ngabuburit, di acara ini terdapat tips untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadan.

dr. Agus Prasetyo, Sp.KFR atau kerap dikenal sebagai dr. Pras dengan akun TikTok @this.is.pras akan membagikan tips untuk menjaga kesehatan selama berpuasa, terutama bagi penderita sakit lambung, di antaranya:

  • Makan secukupnya saat sahur dan buka puasa. Saat buka puasa, makanlah makanan ringan terlebih dahulu sebelum makan makanan berat.
  • Makanlah dengan perlahan dan kunyah makanan dengan baik. Hindari makan sambil terburu-buru atau sambil mengobrol.
  • Hindari makanan yang dapat picu sakit di lambung seperti makanan pedas, asam, berlemak tinggi, makanan siap saji, minuman berkafein dan juga soda.
  • Pilih makanan yang baik untuk lambung seperti daging tanpa lemak, buah-buahan yang tidak asam, sayuran, karbohidrat kompleks (nasi merah, oatmeal).
  • Hindari goreng-gorengan dan dapat memproses makanan panggang, rebus, atau kukus.
  • Hindari langsung tidur setelah makan. Tunggu 2 jam untuk makan berat, atau 1 jam untuk yang mudah dicerna seperti buah dan sayur.
  • Kelola stres dan emosi dengan baik. Stres dapat memperburuk kondisi lambung.
  • Minum obat lambung jika diperlukan. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.
  • Perbanyak ibadah. Ibadah dapat membantu menenangkan pikiran dan meredakan stres.
3 dari 4 halaman

Tips Peregangan Tubuh Saat Mudik

Tak lupa, dokter dengan akun @this.is.pras ini juga membagikan tips untuk peregangan tubuh saat melakukan perjalanan mudik.

Dengan melakukan peregangan saat istirahat perjalanan, kamu dapat terhindar dari kelelahan dan kaku otot, membantu melancarkan peredaran darah, dan menjaga tubuh supaya tetap rileks. Berikut langkah-langkahnya:

  • Cat cow dan chest stretch: Posisikan tangan dibelakang kepala, lalu tekuk leher ke bawah diiringi dengan gerakan menutup siku. Setelah itu, dongakkan kepala ke atas sambil membuka siku ke arah luar.
  • Spinal twist: Putar seluruh badan ke arah kiri dan kanan dengan pandangan mengikuti arah badan.Neck cars: Tekuk leher ke arah bawah, lalu ayunkan leher ke arah kiri dan kanan. Lakukan gerakan ini secara berulang.
  • Hip internal-external rotation: Pada gerakan ini putar pinggul dan kaki kearah kanan dan kiri dan lakukan secara berulang untuk meregangkan pinggul yang telah duduk dalam jangka waktu cukup lama dalam perjalanan.
  • Active hamstring stretch: Luruskan salah satu kaki kedepan lalu tekuk punggung ke depan.Pelvic tilts: Busungkan dada kedepan dan kembali ke posisi awal saat duduk. Lakukan gerakan ini secara berulang.
  • Shoulder shrugs: Putar baru ke arah depan dan belakang untuk merenggangkan otot-otot bahu.
  • Nerves flossing: Renggangkan kedua tangan kedepan lalu tekuk siku ke arah belakang hingga menyentuh bahu. Gerakan ini berguna untuk meningkatkan fleksibilitas saraf di lengan dan mengurangi rasa pegal dan kaku.

 

4 dari 4 halaman

Temukan Konten Menarik dan Inspiratif di TikTokTainment Hub

Untuk mendapatkan tips kreatif ataupun cara jaga kesehatan di bulan suci ini, kamu bisa ikuti akun Tira Anisya dan dr.Pras di akun tiktok @tiranissya dan @this.is.pras.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan rekomendasi konten menarik lainnya, seperti rekomendasi film, serial, serta tontonan seru lainnya dari berbagai genre di TikTokTainment Hub.

Caranya mudah, cukup cari 'TikTokTainment Hub' di kolom pencarian TikTok, lalu cari konten dari rekomendasi yang disarankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.