Sukses

Jobstreet Express Bagikan Kiat Hadapi Tren Resign Setelah Lebaran untuk Karyawan

Jobstreet Expressmembagikan kiat menghadapi tren resign selepas lebaran untuk karyawan dan juga pencari kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Platform rekrutmen dan lowongan Jobstreet by Seek berbagi kiat menghadapi tren resign bagi karyawan setelah momen Lebaran.

Hal ini tak lepas dari banyaknya karyawan yang memilih untuk mengundurkan diri setelah Idul Fitri. Para karyawan yang memilih untuk resign atau undur diri dari kantornya ini bisanya melakukannya setelah Lebaran.

Para karyawan berpandangan, masa usai Lebaran waktu yang tepat untuk resign karena lebih menguntungkan dibandingkan waktu lainnya.

Berikut adalah sejumlah alasan kenapa banyak karyawan mengajukan resign setelah Lebaran:

1. Menunggu Tunjangan Hari Raya

Alasan menunda resign atau pengunduran diri di tempat kerja adalah karena menunggu THR cair. Hal ini dilakukan agar para karyawan merasa aman secara finansial karena THR mungkin jadi dana tambahan hingga menemukan pekerjaan baru.

2. Banyak Kesempatan Baru Terbuka

Ketika banyak karyawan mengundurkan diri setelah Lebaran, ada banyak posisi yang kosong. Oleh karena itu, sebagian perusahaan cenderung buka lowongan kerja setelah momen Lebaran.

3. Cari Tantangan Karier Baru

Alasan cari tantangan karier baru juga kerap terlontar dari karyawan yang mengundurkan diri dari pekerjaan setelah Lebaran.

Para karyawan yang resign ini mungkin ingin berkembang di tempat lain dan mencari tantangan karier yang baru. Ada kalanya mereka cari lowongan kerja baru yang berbeda dengan profesi sebelumnya, demi meningkatkan skill.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Resign dari Kantor

Ada pula alasan lain yang membuat karyawan resign, misalnya merasa kurang diapresiasi oleh perusahaan, banyaknya pilihan lowongan kerja baru, hingga lingkungan kerja yang tak kondusif.

Ramadan 2024 juga menjadi momen tepat bagi pencari kerja untuk update CV, sehingga mereka bisa memperoleh panggilan wawancara dan pekerjaan lebih besar.

Survei Jobstreet by Seek yang dilakukan pada September 2023 mengungkap, aktivitas perekrutan tenaga kerja pada semester pertama 2024 akan cenderung lebih aktif dibandingkan sebelumnya. Jadi momen ini menjadi waktu yang tepat bagi pencari kerja untuk berburu lowongan.

3 dari 3 halaman

Cari Pekerjaan Via Platform Online Terpercaya

Salah satu kiat hadapi tren resign setelah Lebaran adalah perusahaan harus tetap fokus pada strategi retensi dan kompensasi yang kompetitif untuk menjaga kestabilan tenaga kerja.

Kiat lainnya adalah, perusahaan biasanya memanfaatkan momen Ramadan untuk mencari karyawan baru. Mereka biasanya pakai layanan pencarian kerja yang kini tersedia online.

Sementara itu, bagi calon pencari kerja, bisa memanfaatkan momen setelah lebaran untuk berburu lowongan kerja.

Mengingat bahwa perusahaan banyak yang menawarkan iklan lowongan kerja mereka melalui platform pencari kerja online, dari Jobstreet Express hingga LinkedIn, ada baiknya untuk aktif mencari secara online, tentunya melalui platform yang terpercaya.

Sekadar informasi, hingga twiwulan pertama 2024, Jobstreet Express, memiliki lebih dari 19 ribu iklan lowongan kerja. Satu juta kandidat telah melakukan pencarian kerja di platform ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.