Sukses

Sony Gulirkan Update PS5, Hadirkan Audio Controller yang Lebih Jernih

Sony telah menggulirkan pembaruan terkini untuk PlayStation 5. Pembaruan ini membawa pengalaman audio di controller yang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Sony telah menggulirkan pembaruan terkini untuk PlayStation 5 (PS5), menjanjikan pengalaman audio di controller DualSense lebih baik.

Disamping itu, pembaruan terbaru untuk PS5 menghadirkan screen sharing lebih imersif dan indikator daya dapat diatur dengan lebih mudah.

Dikutip dari Engadget, Jumat (15/3/2024), PS5 update bernama SystemUpdate 9.00 telah dirilis secara beta lebih dari sebulan lalu. Kini, pembaruan tersebut telah dirilis ke publik di hari Rabu lalu.

Software PS5 versi 24.02-09.00.00 ini menghadirkan peningkatan audio pengontrol DualSense dan DualSense Edge.

Kini suara dihasilkan oleh kontroler PlayStation 5 terdengan nyaring, lebih jernih meski ketika berada dalam voice chat.

Selain audio, microphone dari DualSense juga mendapat pembaruan. Sony membenamkan "AI machine-learning-model" baru dapat meredam kebisingan disebabkan menekan tombol controller saat bermain game.

Pembaruan ini juga menghasilkan pengalaman obrolan suara di dalam game lebih baik.

Indikator daya Sony PlayStation 5 juga mendapat pembaruan. Kini pengguna dapat menyesuaikan kecerahan pada indikator daya konsol tersebut.

Cara update PS5, pergi ke Settings > System > Beep and Light > Brightness. Kamu bisa mengatur tiga tingkat kecerahan, yakni, dim/redup, medium, dan bright/cerah.

Fitur Share Screen mendapat pembaruan dari Sony. Kini fitur tersebut telah ditambahkan reaksi dalam bentuk emoji. Penonton live streaming di PS5 sekarang bisa mengirim emoji untuk memberikan reaksi terkait gameplay.

Fitur-fitur ini diaktifkan secara default, namun host streamer dapat menonaktifkannya dari pengaturan Share Screen di konsol PS5 tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Unduh Pembaruan System Update PS5 9.00

Update PS5 9.00 juga mencakup peningkatan kinerja dan stabilitas untuk perangkat lunak sistem, gamepad DualSense, headset dan pengontrol PlayStation VR2, serta Access controller.

Pembaruan ini bisa diunduh secara otomatis, namun apabila konsol kamu belum mengunduh pembaruan 9.00, kamu bisa mengunduhnya secara manual melalui Settings > System > System Software > System Software Update and Settings, dan pilih “Update System Software” di bawah tulisan “Update Available.”

Sementara itu, PlayStation 6 alias PS6 sudah disebut-sebut meski peluncurannya diyakini masih butuh waktu bertahun-tahun lagi.

Sony pun belum memberikan penjelasan apa-apa tentang konsol generasi penerus PS5 ini. Namun, di internet sudah ada bocoran tentang spesifikasi konsol ini.

3 dari 5 halaman

Sony Bakal Pakai APU AMD untuk PlayStation 6

Mengutip Android Headlines, Rabu, kabarnya Sony akan menggunakan AMD untuk APU-nya.

APU sendiri merupakan Accelerated Processing Unit, yakni serangkaian mikroprosesor 64-bit dari AMD yang menggabungkan unit pemrosesan pusat (CPU) yang berorientasi umum dan unit pemrosesan grafis terintegrasi 3D dalam satu die.

APU AMD terutama seri Ryzen disebut-sebut mampu menawarkan kinerja pemrosesan imersif dan kapabilitas grafis yang baik sehingga perangkat yang dibekali dengan APU AMD diklaim mampu menjalankan berbagai jenis game.

Nah, rumor baru menyebutkan, Sony akan menggunakan APU AMD tersebut di konsol gamenya yang akan datang yakni PlayStation 6. Ini bukan pertama kalinya Sony memakai APU AMD, sebelumnya pada PS5, Sony juga membenamkan AMD.

Kabarnya, saat merangcang PS5, Sony telah berbicara dengan beberapa pemasok chip tertentu, termasuk Nvidia.

4 dari 5 halaman

Sony Kepincut AMD, Tak Pertimbangkan Merek Chip Lain

Namun belakangan perusahaan memutuskan untuk memakai AMD dan bekerja sama dengan tim AMD untuk memproduksi APU khusus untuk PlayStation 5, berdasarkan arsitektur RDNA 2 AMD.

Rumor yang beredar juga menyebut, Sony telah memutuskan untuk tetap memakai AMD untuk konsol mereka generasi berikutnya. Bahkan, Sony disebut hanya mempertimbangkan penggunaan AMD, bukan chipset dari vendor lainnya.

Jika rumor tersebut benar adanya, Sony tampaknya cukup puas dengan kinerja APU AMD pada konsol PS5 mereka, sampai-sampai tidak mempertimbangkan merek lain.

 

5 dari 5 halaman

Infografis Bisnis Game di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.