Sukses

Cara Pindahkan Foto dari Samsung Gallery ke Google Photos dengan Cepat dan Aman

Jika kamu sebelumnya pengguna smartphone Samsung dan saat ini beralih ke smartphone non-Samsung, berikut Tekno Liputan6.com akan memberikan cara memindahkan foto yang tersimpan di Samsung Gallery ke Google Photos.

Liputan6.com, Jakarta - Google Photos dan Samsung Gallery sejatinya merupakan aplikasi galeri. Galeri pada smartphone berfungsi untuk menyimpan dan menampilkan foto atau video yang tersimpan di perangkat maupun yang tersimpan di cloud.

Samsung Gallery merupakan aplikasi galeri dari Samsung yang memiliki segudang fitur yang dapat membantu pengguna dalam hal pengelolaan foto di smartphone ataupun tablet.

Namun, Samsung Gallery memiliki kekurangan bila dibandingkan dengan Google Gallery. Aplikasi tersebut hanya dapat berjalan di ekosistem Samsung. 

Selain itu, Samsung hanya bisa melakukan sinkronisasi cloud jika pengguna memiliki akun Microsoft OneDrive. Jadi, kamu memerlukan akun Microsoft untuk mengakses layanan ini.

Dibandingkan dengan Samsung Gallery, Google Photos memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh Samsung Gallery.

Dikutip dari Android Police, Rabu (6/3/2024), Google Photos mendukung kompatibilitas di berbagai perangkat. Aplikasi galeri milik Google tersebut juga mendukung sinkronisasi cloud hanya dengan menggunakan akun Gmail.

Jika kamu sebelumnya pengguna HP Samsung dan saat ini beralih ke smartphone non-Samsung, berikut Tekno Liputan6.com suguhkan cara memindahkan foto yang tersimpan di Samsung Gallery ke Google Photos.

Cadangkan Foto yang Tersimpan ke Google Drive

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mentransfer gambar ke Photos dengan mengaktifkan pengaturan Cadangan di Google Photos

Cara kerjanya adalah mengunggah setiap gambar atau video di perangkat ke cloud, apapun aplikasi galeri yang kamu gunakan sebelumnya.

  • Buka menu pengaturan untuk memilih akun Google mana yang dipakai untuk menyimpan foto. 
  • Kamu bisa pilih apakah ingin mencadangkan foto tersebut melalui Wi-Fi atau melalui jaringan seluler.
  • Lalu pilih kualitas foto yang akan dicadangkan. Kamu bisa pilih Original Quality agar mempertahankan resolusi asli foto tersebut, atau pilih Storage Saver untuk menghemat ruang penyimpanan cloud.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Pindahkan Foto dari Samsung Gallery ke Google Photos secara Manual

Saat opsi pencadangan di Google Photos diaktifkan, aplikasi akan mengunggah salinan gambar dan video kamu ke cloud.

Google Photos tidak mengatur foto seperti cara yang dilakukan oleh Samsung Gallery.

Sebaliknya, aplikasi secara otomatis menyusunnya ke dalam album berdasarkan tanggal, lokasi, dan wajah yang dikenali. Sistem ini membuat gambar sulit ditemukan karena tersebar di berbagai album.

Kamu dapat membuat album dan meniru struktur folder di Galeri Samsung. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Google Photos.
  • Tekan + di pojok atas layar.
  • Pilih "Album" dari menu yang muncul.
  • Beri nama untuk album yang baru dibuat.
  • Pilih gambar yang ingin dipindah ke album tersebut.
  • Pilih Add di pojok kanan atas.
  • Ketuk panah kembali di sudut kiri atas atau bilah navigasi untuk kembali ke aplikasi dan menyimpan album kamu. Ulangi metode ini jika kamu ingin membuat lebih banyak album.

Kamu akan menemukan album di menu Perpustakaan aplikasi. Kamu dapat mengurutkannya berdasarkan foto terbaru, tanggal modifikasi terakhir, dan judul foto.

 

3 dari 4 halaman

Cara Membagikan Foto dari Samsung Gallery ke Google Photos

Berbagi foto di Samsung Gallery ke Google Photos menjadi solusi alternatif jika kamu ingin memindahkan foto.

Kamu tidak dapat membagikan keseluruhan album karena aplikasi tersebut tidak mengizinkannya.

Kamu akan masuk ke album dan memilih setiap gambar di dalamnya, lalu membagikannya ke Google Photos. Kamu dapat membuat ulang album di aplikasi Foto sesudahnya.

Berikut cara membagikan foto dari Samsung Gallery ke Google Photos:

  • Buka aplikasi Samsung Gallery.
  • Di menu Album, ketuk sebuah album foto untuk melihat foto yang tersimpan.
  • Tekan lama gambar untuk memulai pemilihan. Lalu ketuk gambar lain yang ingin kamu bagikan.
  • Tekan Share di bagian bawah layar.
  • Pilih Google Photos, jika tidak ditemukan, pilih More.

Setelah berhasil mencadangkan gambar Galeri Samsung ke Google Foto, kamu bisa pakai fitur edit foto yang ada di Google Photos untuk menyempurnakan foto yang sudah kamu pindahkan.

Jangan lupa periksa jika foto tersebut tidak sengaja terduplikat. Bisa saja foto tersebut terduplikat saat membagikan foto ke Google Photos secara manual.

4 dari 4 halaman

Infografis Cek Fakta 3 Cara Melindungi Data Pribadimu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini