Sukses

Jumlah Unduhan Threads 3 Kali Lipat Lebih Banyak dari X di Apple App Store, Pertanda X Sudah Tak Diminati Pengguna?

Threads from Instagram, aplikasi sosial media alternatif Twitter buatan Meta nampaknya telah mengungguli X dalam jumlah unduhan di App Store.

Liputan6.com, Jakarta - Threads from Instagram, aplikasi sosial media alternatif Twitter buatan Meta telah mengungguli X dalam jumlah unduhan di App Store.

Dikutip GizChina, Sabtu (2/3/2024), Threads telah diunduh tiga kali lipat lebih banyak dari X di iOS, dan lebih dari dua kali lipat di Google Play Store.

Popularitas dari Threads from Instagram sebenarnya fluktuatif bila dibandingkan dengan X.

Setelah diperkenalkan ke publik pada 2023 , Threads telah mengalami peningkatan dalam jumlah unduhan.

Kendati demikian, berbagai strategi Meta untuk meningkatkan popularitas Threads, seperti menampilkannya di timeline Facebook dan Instagram, menyebabkan jumlah unduhan aplikasi tersebut cenderung naik turun.

Namun seiring waktu, berdasarkan data dari Appfigures, jumlah unduhan Threads kembali bersaing dengan pemasangan X, khususnya di iOS.

Menjelang akhir tahun lalu, terjadi pergeseran tren. Pada akhir Desember, Threads mulai mengalami peningkatan jumlah unduhan hingga lebih dari setengah juta kali diunduh setiap hari di Google Play dan Play Store.

Meskipun jumlah unduhan di iOS sedikit menurun pada Januari 2024, Threads secara konsisten melampaui X dalam jumlah unduhan harian di kedua platform smartphone.

Laporan data dari Appfigures, sebagaimana dikutip GizChina, menunjukkan pada 25 Februari 2024, Threads mengantongi 486.803 pemasangan di Google Play dan 342.228 di iOS.

Sebaliknya, X memiliki 225.408 unduhan di Google Play dan 112.625 di iOS pada periode yang sama.

Data tersebut mengindikasikan bahwa Threads memperoleh hampir tiga kali lipat unduhan di iOS dan lebih dari dua kali lipat unduhan di Google Play dibandingkan dengan X.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jumlah Unduhan Antara Threads dan X Beda Jauh

Perbedaan jumlah unduhan pada beberapa hari lalu menunjukkan kesenjangan yang lebih besar.

Pada tanggal 22 Februari, Threads mencatat 382.999 penginstalan harian di iOS dibandingkan dengan hanya 113.649 penginstalan untuk X pada platform yang sama.

Sedangkan di Google Play, Threads telah diunduh 660.882 kali, sedangkan X di Play Store hanya diunduh sebanyak 210.475 kali.

Meskipun tingkat pemasangan harian Threads masih naik turun, namun jumlah unduhannya tetap berada di atas X. Seiring berjalannya waktu, peralihan ini akan berdampak pada jumlah pengguna aktif.

Jika hal tersebut terjadi, Threads dapat menjadi platform mikroblog utama bagi sebagian besar pengguna, melampaui dominasi lama Twitter.

Hal ini juga akan memberikan Meta kontrol editorial yang lebih besar terhadap berbagi informasi dan ekosistem berita yang digunakan oleh jurnalis, peneliti, akademisi, dan lainnya.

Penting untuk dicatat bahwa Meta telah menyatakan bahwa mereka tidak akan merekomendasikan konten politik di Threads.

3 dari 4 halaman

Threads Miliki 130 Juta Pengguna Aktif di Kuartal 4 tahun 2023

CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengumumkan bahwa Threads memiliki 130 juta pengguna aktif bulanan pada kuartal keempat 2023.

Kemungkinan besar angka-angka ini akan terus meningkat dalam beberapa minggu mengingat jumlah unduhan Threads semakin meningkat.

Pimpinan Instagram Adam Mosseri menyebutkan bahwa aplikasi Threads berkinerja “sangat baik” di Jepang, di mana Twitter menjadi aplikasi sosial media yang cukup sering digunakan di sana.

Pendapatan Threads mengalami sedikit peningkatan di bulan Januari dibandingkan bulan sebelumnya, namun Meta mewaspadai akan penurunan pendapatan di bulan Februari

Hal ini menjadi nilai posiif bagi aplikasi yang baru saja rilis di tahun lalu.

Apa yang Sebenarnya Terjadi dengan X?

X melaporkan bahwa mereka memiliki 500 juta pengguna aktif bulanan pada kuartal 4 tahun lalu. Namun, tidak dapat dipastikan berapa banyak dari akun asli di aplikasi ini dikarenakan terdapat bot pada aplikasi ini.

Laporan terbaru menunjukkan bahwa X menghadapi masalah mengenai bot yang terverifikasi, di mana akun yang bercentang biru secara tidak sengaja menanggapi postingan di X dengan pesan yang menyatakan, “Maaf, saya tidak dapat memberikan masukan yang diminta karena melanggar kebijakan konten OpenAI”

Hal tersebut merupakan respons dari konten yang dihasilkan oleh AI.

Tantangan selanjutnya yang perlu dihadapi X adalah jumlah unduhan yang terus menurun sejak rebranding dari Twitter.

Meskipun pengunduhan dari bulan ke bulan sedikit meningkat pada bulan Desember dan Januari, jumlah tersebut tetap lebih rendah dibandingkan sebelum rebranding, menurut laporan dari Appfigures.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini