Sukses

Review Realme 12 Pro Plus 5G: Tampil Premium dengan Kamera Berlensa Periskop di Kelas Menengah

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui ulasan Tekno Liputan6.com mengenai Realme 12 Pro Plus 5G yang baru saja meluncur di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Realme akhirnya meluncurkan Realme 12 Pro+ 5G di Indonesia. Kali ini, Realme mengusung kamera sebagai fitur jagoan dari smartphone yang satu ini.

Selain itu, hal yang cukup mencuri perhatian lainnya dari HP Realme ini adalah desainnya yang membawa kesan premium, dengan menggunakan material leather pada bodi belakangnya.

Tekno Liputan6.com pun sempat menjajal berbagai kemampuan, serta merasakan pengalaman menggunakan ponsel yang satu ini. Berikut ulasan kami:

Desain

Dari segi desain, Realme 12 Pro Plus 5G memiliki modul kamera berbentuk lingkaran besar yang berada di bodi belakang ponsel.

Bentuk ini lumayan mengingatkan kita akan beberapa smartphone flagship Find X Series Oppo yang rilis satu atau dua tahun belakangan, yang juga punya penampang kamera berbentuk lingkaran nan jumbo.

Meski begitu, di Realme 12 Pro Plus 5G, Realme menghadirkan lingkaran kamera dengan warna yang lebih matching dengan warna bodinya.

Seperti pada perangkat yang kami jajal saat ini berwarna biru atau diberi nama Submarine Blue, memberikan kesan yang lebih tegas dan mewah, tapi tetap simple terhadap warna yang mereka usung.

Realme sendiri mengatakan warna Submarine Blue ini lekat dengan elegansi dan ketenangan.

<p>Tampilan Realme 12 Pro Plus 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Selain itu, Realme juga kembali menggandeng pakar untuk mendesain perangkat baru mereka ini. Kali ini, bersama pengrajin jam tangan mewah asal Prancis, Olilivier Saveo.

Ia terkenal karena kolaborasinya dengan brand-brand seperti Rolex, Roger Dolby, Piaget, Breitting, dan Quentin.

Di sini, Saveo memberikan aksen pada Realme 12 Pro Plus, serta menghadirkan kualitas ala jam tangan mewah.

Keduanya mengambil inspirasi dari elemen kemewahan yang terdapat di jam tangan, serta mendekonstruksi elemen-elemen tersebut dan menghadirkannya ke desain smartphone yang premium.

Untuk kelengkapan fitur, HP ini datang dengan dua speaker di atas dan bawah perangkat, tombol volume dan power di sebelah kanan layar, serta port USB-C dan slot SIM card di bagian bawahnya, tanpa headphone jack 3,5 mm.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Layar dan Performa

Dari segi layar, Realme 12 Pro+ 5G menggunakan layar lengkung 6,7 inci. Kelebihan layar model ini tentu saja pengalaman menonton atau bermain yang terasa lebih luas bila dibandingkan dengan layar datar biasa.

Selain itu, daya sentuhnya juga terbilang nyaman saat digunakan, misalnya saat bermain game.

Warna yang dihasilkan layar pun punya kualitas yang bagus, dengan tingkat ketajaman yang juga cukup enak di mata, meski di beberapa kesempatan terasa whiteness-nya lumayan dinaikkan.

Performa

Untuk performa ponsel, dipakai untuk kegiatan harian seperti browsing atau nonton YouTube bukan masalah besar.

Penggunaan Snapdragon 7s Gen 2 di ponsel ini untuk main game pun juga masih bisa, bahkan terbilang bisa menjalankannya dengan lancar.

Untuk game ringan semacam Stumble Guys selama 15 menit, masih kuat di pengaturan high dengan bodi yang sama sekali adem, dengan bagian yang terasa hangat ada di layarnya.

<p>Uji performa Realme 12 Pro Plus. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

 

Sementara untuk eFootball sekitar 25 menit dengan pengaturan standar 30fps sampai tinggi 60fps pun masih lancar, meski setting-an tinggi tentu akan bikin perangkat lebih sedikit cepat hangat.

Dihajar Genshin Impact pun juga masih bisa lancar di settingan high, meski bagian bodi terasa menghangat di bagian kamera dan bawah ponsel.

Untuk baterainya, dipakai nonton YouTube setengah jam berkurang 4 persen, dipakai main Stumble Guys 15 menit cuma kurang 3 persen, dan main eFootball 25 menit hanya bikin berkurang 5 persen.

Lalu ketika diajak bermain Genshin Impact sekitar 20 menit dengan pengaturan grafis rendah sampai tinggi, berkurang 5 persen.

Sementara apabila mengisi daya baterai menggunakan kabel dan adaptor charger bawaan 67W, dalam 10 menit sudah bisa terisi sekitar 32 persen, dan dalam 17 menit akan terisi 48 persen.

<p>Uji performa Realme 12 Pro Plus 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Untuk kualitas suara dari dua speaker-nya, untuk penggunaan nonton atau mendengarkan musik tanpa headset terbilang cukup.

Saat dimaksimalkan ke volume paling kencang tidak terlalu terdengar pecah, meskipun untuk bass-nya masih kurang terasa bulat.

3 dari 5 halaman

Kamera Realme 12 Pro Plus 5G

Realme 12 Pro+ 5G sendiri punya empat kamera yaitu kamera utama 50MP, kamera telephoto 64MP, ultrawide 8MP, serta selfie 32MP.

HP ini juga punya lensa periskop telefoto 3x, kemampuan 6x in-sensor zoom, dan 120x digital zoom.

Bicara soal foto, Realme 12 Pro+ 5G punya kualitas foto yang terbilang cakep. Secara keseluruhan, warna dan ketajaman serta kontras dari hasil foto cukup terlihat pemrosesannya, khususnya ketika berada di dalam ruangan.

Meski begitu hal ini tidak mengurangi warna asli dari gambar, sehingga hasilnya tetap terasa lebih natural dan tetap bagus di mata.

Ini terlihat dari bagaimana warna gelap di foto tetap terasa alami, tentu saja ini dengan kondisi memotret pada cahaya yang cukup.

Foto dengan perbesaran 1x dan 2x hasilnya tidak jauh berbeda dari segi kualitas. Namun saat beralih ke zoom 3x, Realme mengalihkannya ke sensor yang berbeda.

Kondisi ini cukup terasa ketika pengguna beralih mode perbesaran saat memotret. Meski begitu, kualitas fotonya masih tetap terjaga.

Untuk mode zoom 6x, Realme 12 Pro+ 5G masih bisa menjaga ketajaman dan warna dari foto.

Sementara untuk perbesaran lebih lanjut secara digital, HP ini masih bisa memberikan kualitas yang cukup setidaknya sampai 60x, dengan tingkat ketajaman yang ditingkatkan.

Kendati, hasilnya tak sebagus dengan zoom optical atau in-sensor. Selain itu, jika ingin melakukan zoom sampai 120x, akan lebih sulit apabila tanpa tripod.

Namun, hasil foto dengan perbesaran ini akan terasa turun kualitasnya ketika memotret di malam hari dengan cahaya yang kurang.

Maka dari itu, mode-mode tersebut tampaknya lebih optimal saat mengambil gambar di kondisi cahaya yang baik. Sementara untuk foto biasa di malam hari, kualitasnya masih oke.

Realme 12 Pro+ 5G juga memberikan tiga filter kamera yang mereka unggulkan yaitu Journey, Maverick, dan Memory.

4 dari 5 halaman

Hasil Foto Realme 12 Pro Plus 5G

Nah, untuk mengetahui hasil jepretan kamera Realme 12 Pro Plus 5G, simak beberapa hasilnya berikut ini: 

Kamera Belakang 

<p>Hasil foto kamera Realme 12 Pro Plus 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera Realme 12 Pro Plus 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera Realme 12 Pro Plus 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera Realme 12 Pro Plus 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera Realme 12 Pro Plus 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera Realme 12 Pro Plus 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Hasil Foto Portrait 

Kiri : Portrait 1X, Kanan : Portrait 3X 

<p>Hasil foto kamera Realme 12 Pro Plus 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Hasil Foto dengan Filter

Filter Journey

<p>Hasil foto kamera Realme 12 Pro Plus 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Filter Memory

<p>Hasil foto kamera Realme 12 Pro Plus 5G dengan filter Memory. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Filter Journey

<p>Hasil foto kamera Realme 12 Pro Plus 5G dengan filter Journey. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Hasil Foto Selfie

<p>Hasil foto kamera Realme 12 Pro Plus 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Hasil Foto 1X dan Zoom 6X

<p>Hasil foto kamera Realme 12 Pro Plus 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

 

Kemampuan 120x digital zoom pada kamera Realme 12 Pro+ 5G

<p>Kemampuan 120x digital zoom pada kamera Realme 12 Pro+ 5G (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, Realme 12 Pro Plus 5G memberikan pengalaman yang all-rounder untuk penggunaan seharian, termasuk untuk sesekali bermain game, dengan kemampuan prosesornya yang cukup oke.

Secara desain, pengguna yang ingin tampil beda dengan feel penggunaan HP premium pun juga tidak ada salahnya untuk melirik smartphone ini.

Tentu saja, foto jadi kemampuan utama dari HP ini. Yang berarti, bagi pengguna yang membutuhkan smartphone dengan sederet fitur fotografi, Realme 12 Pro Plus ini bisa menjadi pilihan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.