Sukses

Jaringan Internet Indonesia Paling Andal Nomor Tiga se-Asia Tenggara

Jaringan internet Indonesia dinilai Opensignal sebagai jaringan paling andal ketiga di Asia Tenggara. Adapun jaringan internet paling andal dirasakan pengguna di Singapura dilanjutkan dengan Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia berada di urutan ketiga negara di Asia Tenggara dalam hal keandalan jaringan internet.

Hal ini berdasarkan riset Opensignal mengenai Pengalaman Kendalan. Riset ini mengukur kemampuan pengguna untuk menjalankan aktivitas digital seperti video, panggilan suara via OTT, dan web browsing.

Adapun keandalan yang dimaksud adalah kemampuan unit fungsional untuk menjalankan fungsi yang diperlukan dalam kondisi tertentu selama interval waktu tertentu.

Adapun skor yang dipergunakan adalah 100-1000, di mana skor lebih tinggi menunjukkan pengalaman yang lebih baik.

Hasil riset Opensignal, Indonesia merupakan negara dengan nilai Pengalaman Keandalan 831 atau peringkat ketiga di Asia Tenggara setelah Singapura (867 poin) dan Thailand (841 poin). Sementara, Malaysia dan Filipina mendapatkan skor di bawah 800 poin.

Berbagai komponen yang diukur meliputi ketersediaan sinyal, konektivitas data, penyelesaian tugas, hingga kecukupan.

Opensignal mengamati, berkurangnya pengaruh kecepatan unduh rata-rata secara keseluruhan terhadap skor pengalaman keandalan secara keseluruhan.

Skor pengalaman keandalan internet jauh lebih besar untuk pasar dengan rata-rata download hingga 25Mbps.

Kemudian, peningkatan skor belanjut dengan kecepatan yang lebih lambat hingga pengalaman kecepatan unduhan sebesar 50Mbps.

Setelah ambang batas tersebut, kecepatan internet yang lebih tinggi tidak terlalu berdampak besar terhadap skor pengalaman keandalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keandalan Jaringan Lebih Disukai

Hasil survei ini juga mengungkap, konsumen lebih menghargai keandalan jaringan ketimbang faktor lain selain biaya.

Berdasarkan survei Rumah Tangga Opensignal AS terhadap 55.322 individu, pengguna seluler menganggap layanan jaringan yang andal lebih bernilai ketimbang kecepatan yang tinggi. Mereka juga menganggap Keandalan berada di urutan kedua setelah biaya.

Di mana, 19 persen responden menyebut Keandalan sebagai aspek kunci dalam evaluasi operator dibandingkan hanya 7 persen yang menyebut kecepatan unggah atau unduh.

3 dari 4 halaman

Denmark Negara dengan Jaringan Internet Paling Andal

Masih dari survei Opensignal, dari sisi kenadalan, rupanya negara dengan jaringan internet paling andal adalah Denmark. Pasalnya negara ini mendapatkan skor Pengalaman Keandalan sebesar 934 poin.

Adapun posisi kedua adalah Jepang dan Korea Selatan dengan 914 dan 913 poin.

Untuk kawasan Timur Tengah, Turki memiliki pengalaman keandalan yang terbaik.

4 dari 4 halaman

Pertumbuhan Pengguna Tinggi, Skor Keandalan Lebih Rendah

Hasil survei juga mengungkap kalau pasar dengan tingkat pertumbuhan pelanggan seluler yang lebih tinggi, memiliki skor keandalan lebih rendah.

"Hal ini kemungkinan terjadi karena operator di negara berkembang tidak membangun infrastruktur jaringan dengan cukup cepat untuk menopang peningkatan kapasitas dan kebutuhan jangkauan dari basis pelanggan yang tumbuh pesat," kata Opensignal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.