Sukses

Turnamen Free Fire FFWS 2024 Global Finals Bakal Digelar di Brasil

Garena mengumumkan bahwa Brasil akan kembali menjadi turnamen Free Fire FFWS 2024 berskala dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Garena umumkan Brasil akan menjadi tuan rumah turnamen esports Free Fire berskala dunia tertinggi, Free Fire World Series 2024. Turnamen Free Fire ini bakal digelar pada November mendatang.

Keputusan ini menjadikan Brasil dua kali menjadi tuan rumah kompetisi Free Fire tertinggi di dunia.

Sebelumnya Kota Rio de Janeiro yang juga ibu kota Brasil menjadi tempat digelarnya FFWS Global Finals edisi pertama pada 2019.

Mengutip keterangannya, FFWS Global Finals 2024 di Brasil akan menambah semangat tim Magic Squad yang berstatus juara bertahan usai menang di FFWS Global Finals 2023 Bangkok.

Tentunya, Magic Squad akan berupaya mempertahankan gelar di tengah gempuran dari 17 tim terbaik Free Fire dunia lainnya, termasuk dari kawasan Asia Tenggara dan Amerika Latin.

Turnamen Free Fire Lainnya Digelar Juli 2024

Selain mengumumkan Brasil sebagai tuan rumah FFWS Global Finals 2024, Free Fire juga mengumumkan bahwa akan ada satu turnamen global tambahan di kalendar esports Free Fire 2024. Turnamen global ini akan hadir pada Juli 2024.

Turnamen global yang ini akan diikuti oleh 18 tim Free Fire terbaik dari berbagai penjuru dunia, termasuk tim-tim terbaik dari turnamen FFWS SEA 2024 Spring, FFWS Brasil, FFWS Latam (Amerika Latin), wilayah Timur Tengah and Afrika (MEA), dan Pakistan.

Pemenang dari turnamen global tengah tahun ini akan mendapatkan satu tiket menuju FFWS Global FFWS 2024 di Brasil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Turnamen Free Fire Tertinggi di Indonesia Digelar 9 Februari 2024

Sebelumnya, Garena umumkan kompetisi esports Free Fire di Indonesia segera dimulai lewat edisi perdana Free Fire World Series (FFWS) Indonesia 2024 Spring pada 9 Februari 2024. Kompetisi ini akan diikuti oleh 18 tim profesional dan komunitas.

FFWS ID 2024 Spring akan menjadi ajang perebutan gelar tim Free Fire terbaik di Indonesia. Tidak hanya itu, kompetisi ini sekaligus menjadi kualifikasi untuk kompetisi Free Fire regional Asia Tenggara pada Maret 2024.

Sebagai informasi, FFWS ID 2024 Spring merupakan transformasi seri turnamen Free Fire Master League (FFML) yang sebelumnya merupakan turnamen esports Free Fire kasta tertinggi di Indonesia.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (6/2/2024), kompetisi ini diawali rangkaian turnamen Free Fire Nusantara Series (FFNS) 2 sebagai jalur kualifikasi pada 23 Desember 2023 hingga 28 Januari 2024.

Rencananya, FFWS ID 2024 Spring akan diawali babak Knockout Stage pada 9 hingga 25 Februari 2024. Pada babak ini, 18 tim ini berpartisipasi dalam tiga grup berisi 6 tim.

Setiap pertandingan akan digelar pada Jumat, Sabtu, dan Minggu, dengan mempertemukan 12 tim dari dua grup berbeda. Jadi, secara total setiap tim akan terjun ke medan pertempuran Free Fire sebanyak enam kali sepanjang babak Knockout Stage.

Dari babak Knockout Stage ini, 12 tim teratas akan melaju ke babak Final Phase, yang terdiri dari Point Rush sebanyak 2 hari dan Grand Finals 1 hari.

Pada babak Point Rush, setiap tim akan berlomba mengumpulkan poin untuk menentukan posisi awal mereka di babak Grand Finals FFWS. Tim teratas di Point Rush akan mendapatkan keunggulan Head Start Point lebih tinggi dibandingkan tim lain.

 

 

3 dari 4 halaman

Final Phase FFWS ID 2024

Berbeda dari babak Knockout Stage yang seluruhnya dilakukan online, Final Phase FFWS ID 2024 akan digelar secara offline di Surabaya, Jawa Timur.

FFWS ID 2024 Spring akan mencari dua tim terbaik untuk lolos ke FFWS SEA 2024 Spring. Merek akan bergabung bersama Evos Divine, RRQ Kazu, dan Dewa United Esports yang merupakan tim invitational dari Indonesia.

Ketiga tim undangan itu juga akan bersaing untuk memperebutkan gelar juara di FFWS 2024 Spring. Selain memperebutkan tiket turnamen ke skala regional Asia Tenggara, 18 tim yang bersaing juga akan memperebutkan total prize pool senilai Rp 700.000.000.

Sementara untuk pertandingan regional FFWS SEA 2024 Spring akan menghadirkan total prize pool USD 300.000. Seluruh pertandingan kompetisi ini akan disaksikan melalui kanal YouTube, Facebook, dan TikTok FF Esports ID mulai pukul 18.30 WIB.

4 dari 4 halaman

Update Game Free Fire

Di sisi lain, Garena bakal meluncurkan update baru buat Free Fire, dengan sejumlah konten baru, termasuk map NeXTerra 2.0.

Menurut keterangan tertulisnya, Kamis (25/1/2024), patch Tahun Baru OB43 Free Fire akan dihadirkan mulai 24 Januari 2024. Salah satu update besar yang dibawa Patch Tahun Baru adalah perubahan besar untuk map NeXTerra 2.0.

Map ini akan membawa area baru bernama Zipway dan menantang pemain meramu strategi tempur baru untuk menyiasati tata letak bangunan serta struktur yang berbeda.

Beberapa area lainnya seperti tangga, conveyor belt, dan lorong di Farmtopia, Grav Labs, dan Deca Square juga akan mengalami penyesuaian untuk meningkatkan keseimbangan permainan.

Garena juga mengatakan, semua perubahan dalam map NeXTerra ini akan datang dengan ukuran penyimpanan yang lebih rendah 50 persen dibandingkan NeXTerra sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.