Sukses

Waspada, Ada Game Palworld Palsu Muncul di App Store dan Play Store

Menurut temuan, game palsu yang meniru dan menggunakan nama Palworld ternyata ditemukan di App Store maupun Play Store.

Liputan6.com, Jakarta - Game Palworld tidak dimungkiri tengah menjadi perhatian para gamer di seluruh dunia. Namun yang disayangkan, kepopuleran game ini ternyata dijadikan celah oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk membuat versi palsunya.

Mengutip informasi dari PC Gamer, Sabtu (3/2/2024), baru-baru ini, Pocket Pair sebagai pengembang Palworld mengumumkan kalau game besutan mereka tidak tersedia untuk perangkat mobile. Pengumuman ini dibuat karena banyak aplikasi palsu yang beredar di sejumlah toko aplikasi.

"Ada aplikasi yang menggunakan nama produk seperti 'パルワールド dan Palworld muncul di App Store, tapi aplikasi tersebut tidak berafiliasi sama sekali dengan kami," tulis Pocket Pair dalam unggahannya di X atau sebelumnya Twitter.

Lebih lanjut perusahaan menuturkan, pihaknya saat ini telah melaporkan hal tersebut pada Apple sebagai operator App Store, serta Google sebagai operator Google Play. Pocket Pair pun mengingatkan agar pemain berhati-hati ketika mengunduh aplikasi palsu tersebut, mengingat ada ancaman keamanan di dalamnya.

"Perlu diingat kalau mengunduh aplikasi (palsu) tersebut dapat menyebabkan kebocoran informasi pribadi yang ada di smartphone atau merupakan modus fraud," tulis pengembang Palworld tersebut.

Sebagai informasi, modus aplikasi palsu yang meniru aplikasi populer ini memang cukup sering terjadi. Karenanya, pengguna juga perlu waspada untuk memastikan keamanan aplikasi yang diunduhnya, termasuk izin yang diberikan pada aplikasi tersebut.

Di sisi lain, Palworld yang baru meluncur 19 Januari 2024 itu memang dilaporkan tengah menuai sukses. Dilaporkan Pocket Pair, game tersebut sudah terjual lebih dari 1 juta kopi hanya dalam waktu 8 jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Palworld, Game Mirip Pokemon dengan Senjata Laku 1 Juta Kopian dalam Waktu 8 Jam Dirilis

Untuk diketahui, Palworld, game mirip Pokemon tetapi dengan senjata yang baru meluncur di platform Xbox, PC Windows, Xbox Series S dan X menuai kesuksesan luar biasa.

Palworld yang baru meluncur 19 Januari 2024 itu kabarnya sudah terjual lebih dari 1 juta kopi hanya dalam waktu 8 jam.

 Hal ini diungkap oleh pengembang dan penerbit game tersebut, yakni Pocket Pair, lewat unggahan di akun media sosial mereka di platform X.

Sayangnya, perusahaan tidak menambahkan klarifikasi lebih detail mengenai apa saja yang termasuk dalam nomor penjualan itu.

Mengutip The Verge, Senin (22/1/2024), Palworld meluncur untuk Steam dan Xbox Game Pass, belum jelas apakah jumlah itu termasuk salinan game diunduh oleh pelanggan Xbox Game Pass sebagai bagian dari layanan.

Meski begitu, peluncuran Palworld terhitung salah satu rilis terbesar di awal 2024 ini. Berdasarkan Steam Charts, ada lebih dari 340 ribu gamer bermain game ini bersamaan di Steam pada Jumat sore.

Angka ini mengalahkan judul game populer lainnya, seperti PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) dan Baldurs's Gate 3.

3 dari 3 halaman

Kepopuleran Palworld

Game buatan Pocket Pair ini Palworld telah menarik perhatian sejak lama, dan mencuri perhatian karena kontras antara makhluk lucu dan kondisi brutal.

Dari trailer sebelumnya, terlihat bagaimana monster menggemaskan--seperti Pokemon--bertarung dengan mesin kelas militer dan makhluk-makhluk bekerja keras di pabrik.

Saat ini, Palworld bisa dimainkan secara gratis via Xbox Game Pass dan PC Game Pass. Sementara untuk bermain game di PC Windows, game ini dijual di Steam seharga Rp 221.399. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.