Sukses

CEO Xiaomi Lei Jun Pamerkan Logo Baru HyperOS, Ini Arti di Baliknya

CEO Xiaomi Lei Jun memamerkan logo baru dari HyperOS, sebelum peluncuran mobil listrik pertama perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta Xiaomi baru saja mengumumkan peluncuran mobil listrik pertama, mereka, di mana sebelumnya, sang CEO juga mengungkapkan tampilan logo dari HyperOS.

Tampilan logo HyperOS ini diunggah oleh CEO Xiaomi Lei Jun melalui akun X-nya @leijun. Terlihat bahwa sistem operasi terbaru perusahaan ini punya logo dots berwarna biru, yang membentuk lingkaran, dengan bagian tengah dan sisi-sisinya hampir menyerupai gugusan bintang atau galaksi.

Dalam unggahannya, Lei Jun juga menjelaskan arti di balik logo tersebut. "Ini adalah galaksi titik-titik yang berputar-putar seperti ide dan koneksi di dunia digital kita," katanya, dikutip Jumat (29/12/2023).

"Orang-orang dan perangkat dalam dot matriks mengalir dengan bebas dan terhubung dengan mulus di dunia HyperOS kita, seperti bintang di alam semesta nyata," tulis CEO Xiaomi Lei Jun.

Selain itu, Lei Jun juga mengumumkan, dengan peluncuran Xiaomi EV mereka, ekosistem Human x Car x Home mereka akan lengkap.

"Ini berarti kita akan dapat menghubungkan orang, mobil, dan rumah dengan cara yang belum pernah mungkin dilakukan sebelumnya," ujarnya.

Lei Jun juga menyebut, Xiaomi HyperMind akan jadi pusat intelijen bertenaga kecerdasan buatan, yang dirancang untuk memahami dan belajar dari kebiasaan sehari-hari pengguna.

Mengutip Gizchina, pada Kamis kemarin waktu setempat, Xiaomi memperkenalkan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) pertama mereka, Xiaomi SU7. Kendaraan tersebut saat ini sedang dalam uji produksi dan akan memasuki pasar China dalam beberapa bulan.

Lei Jun mengatakan, penamaan "SU" di mobil ini merupakan singkatan dari "Speed Ultra", di mana menurutnya, kendaraan tersebut memakai teknologi "super electric motor."

Lei Jun bahkan mengklaim mobil listrik Xiaomi ini bisa mencapai kecepatan akselerasi yang lebih cepat dari Porsche dan Tesla.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar HP yang Kebagian HyperOS Stabil

Xiaomi sebelumnya juga merilis pembaruan software HyperOS versi stabil yang dibangun di atas Android 14 untuk perangkat unggulannya. 

Pemilik ponsel flagship Xiaomi dapat mengantisipasi peluncuran ini pada awal tahun depan, dengan model-model terbaru mendapat prioritas.  Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua perangkat Xiaomi akan mendapatkan fitur penuh HyperOS.

Pembaruan ini disesuaikan berdasarkan versi Android yang berbeda. Beberapa ponsel beruntung akan langsung mendapatkan HyperOS bertenaga Android 14, sedangkan yang lain akan menerima versi yang disesuaikan untuk Android 13.

Seperti mengutip GizChina, Senin (25/12/2023), perangkat yang akan menikmati HyperOS berbasis Android 14 mencakup:

  • Xiaomi 11i/Hypercharge,
  • Xiaomi Pad 5,
  • Xiaomi Mi 10S,
  • Redmi K40,
  • Redmi Note 11 Pro 5G,
  • Redmi Note 11 Pro+ 5G,
  • Redmi Note 11 NFC,
  • Redmi Note 11S,
  • Redmi 10/Prime,
  • Redmi 10C/10 Power,
  • Poco X3 GT,
  • Poco X4 Pro,
  • Poco M4 Pro 5G,
  • Poco M4 Pro 4G,
  • Poco F4,
  • Poco F3,
  • Poco F3 GT. 

Pendekatan ini memastikan bahwa pengguna perangkat tertentu akan mendapatkan pengalaman HyperOS yang dioptimalkan sesuai dengan kemampuan perangkat dan versi Android yang digunakan.

3 dari 4 halaman

Xiaomi Luncurkan HyperOS

Xiaomi sendiri telah memperkenalkan HyperOS sebagai pengganti MIUI yang sudah lama dikenal. Sistem operasi ini debut bersamaan dengan peluncuran Xiaomi 14 pada Oktober 2023.

Awalnya, Xiaomi memperkenalkan HyperOS untuk perangkat di pasar Tiongkok. Namun, kali ini perusahaan tersebut mengungkap sistem operasi ini akan hadir untuk pengguna perangkat global.

Mengutip informasi GSM Arena, Rabu (20/12/2023), Xiaomi telah mengumumkan informasi detail mengenai kehadiran HyperOS secara global. Dari informasi yang diumumkan, sistem operasi ini akan mulai digulirkan pada Q1 2024.

Berdasarkan daftar yang diungkap, HP Xiaomi yang akan mendapatkan pembaruan ke HyperOS merupakan model anyar. Ada Xiaomi 13 Ultra, Xiaomi 13 Pro, Xiaomi 13, Xiaomi 13T Pro. Xiaomi 13T, Redmi Note 12, Redmi Note 12S, dan Xiaomi Pad 6.

Selain Xiaomi, perangkat Poco juga dipastikan akan mendapatkan pembaruan. Namun untuk sekarang, baru ada satu model Poco yang dipastikan memperoleh sistem operasi ini yakni Poco F5.

4 dari 4 halaman

HyperOS Gantikan MIUI Secara Bertahap

Untuk diketahui, saat diperkenalkan, VP Xiaomi Global Alvin Tse menuturkan, HyperOS secara bertahap bakal jadi pengganti MIUI.

"Ini akan diinstal lebih dulu pada seri andalan Xiaomi 14 terbaru & secara bertahap akan menggantikan MIUI," ujar mantan Country Director Xiaomi Indonesia itu di akun X-nya @atytse.

Dikutip dari GSM Arena, HyperOS masih merupakan Android Open Source Project, namun akan digabungkan dengan Vela, platform Xiaomi untuk IoT.

Sementara untuk unggahan lain di Weibo, Lei Jun mengatakan, OS baru pengganti MIUI ini akan menempatkan "manusia di pusat ekosistem", di mana mereka akan bisa terhubung dengan orang lain, mobil, dan rumah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.