Sukses

Gibran Rakabuming Raih Simpati Netizen di Debat Cawapres 2024

Debat cawapres 2024 menghasilkan percakapan media sosial yang menarik. Gibran Rakabuming mendapat simpati netizen karena penampilannya yang mengejutkan dan menjanjikan. Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD juga mendapat kritik dan pujian.

Liputan6.com, Jakarta - Debat perdana cawapres 2024 atau debat kedua Pilpres 2024 berlangsung panas dan seru di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, pada Jumat (22/12/2023).

Adapun debat cawapres 2024 ini mengambil tema "Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Seperti pada debat capres 2024 sebelumnya, ketiga calon wakil presiden, mulai dari Muhaimin Iskandar (cawapres nomor urut 1), Gibran Rakabuming Raka (cawapres nomor urut 2), dan Mahfud MD (cawapres nomor urut 3) memaparkan visi dan misi mereka.

Dibagi menjadi 6 segmen dan 18 pertanyaan, masyarakat Indonesia dapat mengetahui visi misi dan program kerja masing-masing paslon di segmen 1.

Sedangkan di segmen 2-5 , ketiga cawapres di Pemilu 2024 ini membahas lebih dalam visi misi dan program kerja, dan ditutup dengan closing statement dari masing-masing paslon pada segmen 6.

Layaknya debat perdana Capres 2024 sebelumnya, debat ketiga cawapres 2024 juga menarik perhatian warganet di media sosial.

Mengutip laporan MediaWave, Sabtu (23/12/2023), total percakapan media sosial terkait dengan debat cawapres (sudah dibersihkan dari bot) adalah sebanyak 6,848.

CEO MediaWave, Erik Palupi, mengatakan, "persentase percakapan didominasi oleh penyebutan terhadap Gibran Rakabuming atau paslon 02 sebanyak 46.4 persen."

"Data ini diikuti oleh Muhaimin Iskandar atau paslon 01 sebanyak 27.9 persen lalu terakhir Mahfud MD atau paslon 03 sebanyak 25.6 persen.

Gibran Rakabuming Tampil Mengejutkan dan Menjanjikan

Erik menyebutkan, salah satu yang mencuri perhatian netizen adalah penampilan Gibran. "Dia berhasil menunjukkan penampilan mengejutkan dan menjanjikan," katanya.

Sepanjang debat cawapres 2024 semalam, banyak warganet memberikan respons positif dan pujian terhadap Gibran Rakabuming.

"Respons positif ini juga mendorong terbentuknya percakapan positif berkembang di media sosial ke arah topik lebih luas, yakni pasangan capres dan cawapres Prabowo-Gibran, dengan jumlah percakapan positif mencapai 43 persen," tutur Erik.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gibran Rakabuming Bikin Warganet Terkejut

<p>Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming saat Debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). </p>

Sejumlah keyword paling sering muncul dalam percakapan netizen terhadap Gibran Rakabuming adalah “muda”, “milenial”, “menjanjikan”, “gak nyangka”, “diluar dugaan” dan “ciamik”.

"Keyword ini menunjukkan penampilan Gibran dinilai melampaui harapan, menandai dia sebagai figur muda kerap diremehkan namun sebenarnya memiliki kemampuan dan pemahaman mendalam," katanya.

Netizen mengungkapkan, penampilannya tidak hanya menarik secara visual tetapi juga substansial, terutama dalam memahami dan mengartikulasikan permasalahan ekonomi domestik dalam konteks global saling terkoneksi.

Cara Gibran menganalisis masalah ekonomi dan mengolahnya menjadi solusi inovatif dan relevan dinilai sebagai pendekatan segar dan paling sesuai untuk menghadapi tantangan ekonomi modern.

"Hal ini menunjukkan bahwa Gibran Rakabuming memiliki pemikiran kreatif dan solutif, membuatnya menonjol sebagai anak muda mampu membawa perubahan positif dan signifikan."

Secara keseluruhan, Gibran Rakabuming diklaim tampil di luar dugaan, baik dalam penguasaan materi dan penguasaan emosi. Dia juga mampu memberikan visi ke depan secara terukur tentang bagaimana menjawab tantangan global dengan melibatkan anak muda.

 

3 dari 5 halaman

Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD Dapat Kritik dan Pujian

<p>Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di arena debat cawapres perdana di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).</p>

Sementara itu, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mendapatkan persepsi negatif tertinggi dengan persentase 20 persen.

Kritik netizen lebih terfokus pada pandangan Cak Imin terhadap omnibus law, rencana ‘membangun 40 kota setara dengan Jakarta,’ dan penggunaan kata ‘slepet’ selama jalannya debat.

Di sisi lain, Mahfud MD atau Paslon 03 meraih persepsi netral tertinggi sebesar 80 persen, dengan fokus utama netizen pada argumen hukum lebih dominan dibawakan oleh Mahfud MD di sebagian besar segmen debat.

"Mahfud MD juga mendapatkan pujian karena mampu menjaga sikap santun dan profesional selama debat," kata CEO MediaWave ini.

Debat kedua Pilpres 2024 ini telah menciptakan dinamika sangat menarik, interaksi intens dan beragam pandangan dari netizen meramaikan ruang percakapan online.

"Ini memberikan nuansa berbeda dalam perjalanan menuju pemilihan capres dan cawapres akan dilaksanakan pada 14 Februari mendatang," tuntasnya.

4 dari 5 halaman

Respon Nyinyir Gibran Saat Cak Imin Kebingungan Ditanya Soal SGIE

<p>Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Gibran Rakabuming di arena debat cawapres perdana di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).</p>

Salah satu momen debat cawapres 2024 yang mencuri perhatian adalah ketika Gibran menanyakan bagaimana langkah Cak Imin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE.

SGIE adalah singkatan dari State of the Global Islamic Economy. SGIE sendiri merupakan laporan mengukur perkembangan ekonomi syariah di berbagai negara.

Namun, Cak Imin tampak kebingungan dan tidak bisa menjawab pertanyaan Gibran. Ia malah balik bertanya kepada Gibran tentang apa itu SGIE.

"Terus terang SGIE itu saya tidak paham, apa itu SGIE?", ucap Cak Imin membalas pertanyaan Gibran saat debat cawapres 2024.

Gibran pun menjelaskan, SGIE adalah salah satu hal penting untuk diketahui oleh calon wakil presiden, apalagi ingin mengembangkan ekonomi syariah.

Menutup penjelasannya, Gibran mengatakan, "ya mohon maaf ya gus kalau pertanyaannya agak sulit." Respon nyinyir Gibran ini sontak membuat warganet heboh dan ramai memberikan komentar di media sosial X Twitter.

Banyak warganet yang mengatakan bahwa Cak Imin kena slepet lagi oleh Gibran. Berikut adalah beberapa komentar warganet yang dihimpun tim Tekno Liputan6.com dari media sosial X Twitter.

 

5 dari 5 halaman

Komentar Warganet Soal Nyinyiran Gibran

<p>Bakal Cawapres 2024 Mahfud Md, Gibran Rakabuming Raka, dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Liputan6.com)</p>

"Mohon maaf pertanyaannya agak sulit alias gbs ngejawab HAHAHAHAH RIP ENG 😭😭😭," kata @w****.

"Debat cawapres kali ini highlightnya: “ya mohon maaf kalo pertanyaannya agak sulit ya gus” 🙏🙏🙏😭😭😭🙏🙏🙏," tulis @m**** di media sosial.

""Mohon maaf kalo pertanyaannya agak sulit ya, Gus." Sederhana, tapi El slepet marah," ucap @m**** di platform media sosial X Twitter.

Akun @i**** mencuitkan, “Mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya, gus" sederhana tapi nyelepett".

""Mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya guss, terimakasih.."- El Sulfat de Suhu," bunyi cuitan @m**** di Twitter.

"“mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya gus” demi allah ini lucu banget asli," tulis akun @s**** di X Twitter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini