Sukses

Peretas Remaja Penyandang Autisme Bobol Server Rockstar Games, Telan Kerugian Rp 77,3 Miliar

Seorang remaja penyandang autisme meretas Rockstar Games dengan membocorkan rekaman Grand Theft Auto VI.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang remaja telah meretas Rockstar Games dengan membocorkan rekaman Grand Theft Auto VI. Rockstar megungkapkan, peretasan ini telah menghabiskan biaya sebesar USD 5 juta atau Rp 77,3 miliar untuk melakukan perbaikan.

Diwartakan Engadget, Minggu (24/12/2023), Arion Kurtaj, remaja berusia 18 tahun, yang merupakan anggota kelompok peretas internasional Lapsus$, telah membobol server Rockstar dari hotel Travelodge saat berada di bawah tahanan polisi.

Ia melakukan aksinya hanya menggunakan Amazon Fire TV Stick , ponsel pintar, keyboard, dan mouse. Akibat dari tindakannya ini, ia kembali ditangkap.

Namun, meski telah ditangkap, ia dinyatakan tidak layak untuk diadili karena menurut dokter, Kurtaj mengalami autisme akut.

Setelah adanya pernyataan tersebut, juri diinstruksikan untuk menentukan apakah dia melakukan kejahatan yang dituduhkan, bukan apakah dia mempunyai niat kriminal. 

Sementara itu, setelah pemeriksaan kesehatan mental, Kurtaj terus menyatakan niatnya untuk kembali melakukan kejahatan dunia maya. Hakim memutuskan bahwa ia tetap memiliki risiko yang terlalu tinggi bagi publik. 

Pengadilan juga mendengarkan laporan tentang dugaan perilaku kekerasan Kurtaj selama dalam tahanan, termasuk laporan cedera dan kerusakan properti. Dan Kurtaj sekarang akan dimasukkan ke penjara rumah sakit.

Selain Kurtaj, ada anggota Lapsus$ lainnya yang dinyatakan bersalah dalam persidangan sama. Namun, pelaku kedua ini tidak dipublikasikan identitasnya, karena masih berusia 17 tahun dan dianggap masih di bawah umur. 

Berbeda dengan Kurtaj, peretas yang tidak disebutkan namanya itu dituduh bekerja dengan Kurtaj dan anggota Lapsus$ lainnya untuk menyusup ke Nvidia dan perusahaan telepon BT/EE.

Ia mencuri data dan menuntut uang tebusan sebesar USD 4 juta atau Rp 61,8 miliar. 

Atas aksi kejahatannya ini, anak di bawah umur tersebut dijatuhi hukuman 18 bulan perintah rehabilitasi remaja di bawah pengawasan ketat, termasuk larangan penggunaan VPN.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Trailer GTA 6 Pecahkan Rekor Guinness World Records, Tembus 90 Juta Views dalam 24 Jam di YouTube

Sebelumnya, trailer Grand Theft Auto atau GTA VI yang baru saja dirilis Rockstar Games pada 5 Desember kemarin, resmi mencetak rekor dunia dan sudah diakui oleh pihak Guinness World Records.

Menurut Guinness World Records, trailer pertama GTA 6 diberi gelar "most viewed videogame reveal" alias pengungkapan video game yang paling banyak dilihat di YouTube dalam 24 jam dengan 90.421.491 views.

Mengutip situs resmi Guinness World Records, Jumat (8/12/2023), trailer ini juga menjadi cuplikan video game yang paling disukai di YouTube, dengan 8,9 juta likes dalam 24 jam pertamanya rilis.

Di luar kategori game, dicatat oleh Guinness World Records, video GTA 6 ini juga jadi video YouTube dengan penayangan terbanyak dalam 24 jam untuk non-musik, melewati video milik MrBeast.

Video MrBeast yang dimaksud berjudul Every Country On Earth Fights For $250,000, yang diunggah pada Agustus 2023 dan mencapai 59,4 juta penayangan dalam 24 jam.

"Grand Theft Auto VI melanjutkan upaya kami untuk mendorong batas dari apa yang mungkin terjadi dalam pengalaman dunia terbuka yang sangat imersif dan berbasis cerita,” kata Sam Houser, Pendiri Rockstar Games.

"Kami sangat senang bisa berbagi visi baru ini dengan para pemain di mana pun," imbuhnya.

Ini bukan pertama kalinya Guinness World Records memberikan catatan rekor untuk waralaba GTA.

Sebelumnya, GTA V menjadi game terlaris di PlayStation 3 (PS3) pada April 2015, dengan terjual 19,45 juta kopi, dan pada September 2023 lalu tercatat angkanya mencapai 20,32 juta, serta jadi video game action-adventure terlaris pada 2014.

3 dari 5 halaman

Peta GTA 6 Berukuran 2 Kali Lebih Besar dari GTA 5 dengan 3 Kota Besar, Salah Satunya Vice City

Sementara itu, GTA 6 map disebut-sebut akan berukuran lebih luas, detail, dan lokasi menarik untuk dieksplorasi gamer saat main.

Berdasarkan beberapa bocoran dan rumor beredar di internet, seri baru GTA akan mengambil tempat di sebuah kota fiksi mirip dengan Florida, bernama Leonida.

Walau Rockstar Games belum mengungkap secara resmi seperti apa bentuk GTA 6 maps, gamer dapat melihat seperti apa wujudnya berkat pengguna Discord AvatarSD.

Lewat akun @Lukedytchh di media sosial X--dulu bernama Twitter, ukuran peta GTA 6 2x lebih besar dari peta Los Santos di game GTA 5.

"Ada 3 kota besar dan 4 kota kecil, dan akan ada danau besar di tengah kota Leonida," katanya.

Bila memang ukuran peta ini benar, ketiga kota besar di GTA 6 ini akan diadopsi berdasarkan Miami, Atlanta, dan Orlando. Sementara Fort Myers, Tampa, Daytona Beach, atau Port St. Lucie sebagai empat kota kecil.

Perlu diingat, ini masih sebatas bocoran dan rumor di internet. Kita akan mengetahui lebih lanjut tentang game baru Rockstar Games ini jelang peluncuran 2025 mendatang.

Informasi, GTA 6 akan dirilis pada tahun 2025 untuk platform PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series X|S. Sayang, pengembang belum mengonfirmasi kapan game barunya ini meluncur di PC Windows.

4 dari 5 halaman

Dibawa Kembali ke Vice City

Dalam trailer pertamanya, Rockstar banyak menampilkan mengenai latar dan tokoh protagonis yang akan hadir di GTA VI. Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik itu, gamer untuk pertama kalinya di seri GTA akan memainkan protagonis wanita bernama Lucia.

Berdasarkan trailer tersebut, pemain juga akan kembali ke salah satu kota paling terkenal di dalam seri Grand Theft Auto ini, yaitu Vice City.

Vice City pertama kali diperkenalkan lewat game Grand Theft Auto: Vice City yang dirilis Rockstar Games pada 29 Oktober 2002, dengan karakter utama bernama Tommy Vercetti.

Meski begitu, tampaknya GTA VI akan punya map yang lebih besar, dengan kehadiran kota bernama Leonida, di mana Vice City akan jadi bagian di dalamnya.

Selain berbagai aksi di yang terjadi, GTA VI tampaknya juga akan mengangkat kondisi nyata terjadi di dunia saat ini.

Salah satunya adalah dengan semakin populernya platform media sosial seperti Instagram, TikTok dkk, akan menjadi peranan penting di dalam game ini.

Terlihat juga kejahatan terkait mobil terjadi di mana-mana, dan paling unik dari trailer GTA 6 adalah munculnya seekor aligator di tempat umum.

5 dari 5 halaman

Hadirkan Protagonis Wanita

Rockstar Games menutup trailer ini dengan menunjukkan karakter laki-laki bersama dengan Lucia, yang kemungkinan adalah kekasih sekaligus rekan kriminalnya.

Lucia sendiri akan menjadi karakter utama wanita pertama di sejak game GTA ini dirilis pada tahun 1997. Selama ini, Rockstar Games selalu menampilkan protagonis pria sebagai karakter utama.

Biasanya, karakter utama di seri GTA buatan Rockstar Games ini memiliki latar belakang kriminal atau mantan kriminal terlibat dalam berbagai konflik dengan geng, polisi, atau organisasi lain.

Trailer GTA 6 dibuka dengan adegan Lucia bertemu dengan petugas pembebasan bersyarat, menandakan dirinya pernah menjalani hukuman di penjara.

Saat ditanya kenapa dia di penjara, Lucia menjawab singkat dengan mengatakan, "nasib buruk." Ucapan ini mengindikasikan dia belum sadar akan tindakannya, dan akan kembali berbuat kriminal di dalam game.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini