Sukses

XL Axiata Pastikan Kesiapan Layanan Jelang Liburan Nataru 2024, Tingkatkan Kapasitas 2 Kali Lipat

XL Axiata siapkan jaringan untuk libur Nataru 2023. Simak persiapan, prediksi, dan optimasi jaringan XL Axiata untuk menghadapi lonjakan trafik selama libur panjang.

Liputan6.com, Bandung - XL Axiata telah memastikan kesiapan jaringan menyambut libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Berdasarkan data di tahun-tahun sebelumnya, XL Axiata memprediksi akan terjadi peningkatan trafik mencapai 2 sampai 3 kali lipat dibandingkan rata-rata trafik pada kondisi normal hari biasa, dan naik sekitar 20 persen dibandingkan trafik Nataru tahun lalu.

Dari prediksi XL Axiata, lonjakan trafik terjadi karena semakin intensnya pelanggan menggunakan berbagai layanan digital, terutama untuk mengisi libur panjang.

Selain itu, pelanggan diperkirakan akan semakin banyak berkirim konten video atau foto, termasuk mengakses konten streaming seperti video, musik, dan game.

Tidak hanya itu, selama masa liburan Nataru ini, pelanggan juga diperkirakan akan banyak menggunakan media sosial.

Menurut Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O.Baasir, kesiapan ini juga dilakukan mengingat aktivitas liburan masyarakat kini sudah kembali normal, setelah sebelumnya sempat terbatas karena pandemi.

"Karena memang setelah pandemi, masyarakat sekarang sangat ingin liburan. Jadi, pergerakan masyarakat yang ingin berwisata dan berlibur," tuturnya saat bertemu dengan awak media di Bandung, Senin (18/1/2023).

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan 2023, diperkirakan akan ada potensi pergerakan sekitar 107,63 juta orang. Untuk mengantisipasinya, XL Axiata akan menyiapkan peningkatan kapasitas jaringan 2 kali lipat lebih besar dibandingkan hari normal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Titik Lonjakan Trafik Jaringan

Teknisi melakukan pemeliharaan tower BTS 4G XL Axiata di Kuta Raya, Kayu Agung, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Senin (13/3/2023). XL Axiata memastikan jaringan miliknya siap melayani kebutuhan pelanggan dan masyarakat selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Persiapan jaringan meliputi antara lain peningkatan kapasitas, optimisasi di area-area tujuan wisata dan sepanjang jalur transportasi darat (tol dan non tol) di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi. Lalu di sepanjang jalur kereta, termasuk kereta cepat.

Tim teknis XL Axiata juga memperkirakan, pergerakan masif akan terkonsentrasi di jalur mudik via jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera. Kondisi itu disebut akan berpotensi meningkatkan trafik jaringan sekitar 10-20 persen.

XL Axiata juga melakukan identifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik, termasuk destinasi wisata dan pusat keramaian, serta titik-titik yang biasa mengalami kemacetan lalu lintas.

Operator yang identik dengan warna biru ini turut menyiapkan rencana rekayasa jaringan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi, termasuk pengerahan armada Mobile BTS (MBTS). Rekayasa jaringan yang dilakukan berupa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area, sehingga lonjakan trafik tidak akan memengaruhi kualitas layanan pelanggan.

 

3 dari 4 halaman

Fokus di Jalur Transportasi Utama

<p>BTS XL Axiata di Desa Murtajih, Pademawu, Kabupaten Pamekasan. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Ada sekitar 57 MBTS yang siap ditempatkan di beberapa lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan sinyal. Beberapa di antaranya termasuk jalur transportasi utama, lokasi tujuan wisata, pusat keramaian, hingga terminal bus, stasiun kereta, serta bandar udara.

Sementara untuk Jaringan Fixed Mobile Convergence, XL Axiata sudah melakukan optimasi dengan penambahan kapasitas. Sebab, diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik lebih dari 21 persen dari hari normal.

Saat ini, tercatat ada lebih dari 235 ribu pelanggan layanan Home. Jumlah itu tidak lepas tidak terlepas dari semakin luasnya jaringan XL SATU Fiber yang kini telah mencapai 2 juta home passed yang tersebar di lebih dari 75 kota/kabupaten, termasuk lebih dari 12 kota/kabupaten tambahan dalam tiga bulan terakhir.

Adapun kota-kota yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik merupakan lokasi yang juga menjadi tujuan berlibur masyarakat, seperti Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Bali, dan Lombok.

 

4 dari 4 halaman

Antisipasi Terjadi Hal Tak Diinginkan

Foto udara teknisi melakukan pemeliharaan tower BTS 4G XL Axiata di Kuta Raya, Kayu Agung, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Senin (13/3/2023). XL Axiata memastikan jaringan miliknya siap melayani kebutuhan pelanggan dan masyarakat selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lalu, area dengan mayoritas umat Nasrani yang merayakan Natal seperti Sulawesi Utara, Sumatera Utara, serta Nusa Tenggara Timur juga diprediksi mengalami kenaikan trafik.

Selama masa libur ini, XL Axiata juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana yang tidak terduga, seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan sebagainya, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS. Untuk itu, ada tim yang akan siaga 24 jam selama periode ini.

Dari sisi layanan pelanggan, XL Axiata menyediakan pula sekitar 550 petugas layanan contact pelanggan baik melalui layanan call center maupun layanan digital care. Layanan ini siaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan.

Tidak hanya itu, di beberapa kota, XL Center juga tetap buka di Hari Natal dan Tahun Baru terutama yang terdapat di pusat perbelanjaan atau mall.

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini