Sukses

Begini Cara Merekam Video Spasial di iPhone 15 Pro, Enggak Pakai Ribet

Apple baru saja membawakan kemampuan merekam video spasial untuk pengguna iPhone 15 Pro. Berikut ini adalah penjelasan dan tutorial merekam video spasial di iPhone 15 Pro.

Liputan6.com, Jakarta - Apple memperkenalkan fitur video spasial pada iPhone 15 Pro melalui iOS 17.2 beta. Sekarang, dengan rilisnya versi stabil iOS 17.2, fitur ini telah resmi tersedia ke para pengguna. 

Pengguna sekarang dapat membuat video spasial mereka sendiri untuk pengalaman mendalam sembari menunggu Apple Vision Pro.

Meskipun mengambil video spasial di iPhone 15 Pro memerlukan langkah-langkah khusus, hal ini dapat dilakukan tanpa keterampilan pengambilan video profesional. 

Apa itu Video Spasial Apple?

Video spasial Apple menciptakan pengalaman visual yang mendalam, mirip dengan audio spasial yang sudah dikenal. Video ini memungkinkan pengguna melihat ke segala arah, namun lebih mirip dengan video hologram, ketimbang video 360 derajat.

Namun, perlu diingat bahwa saat ini, pengalaman penuh dari video spasial Apple hanya dapat dirasakan dengan menggunakan headset mixed-reality Apple Vision Pro. 

Pengguna dapat menjadikan video ini sebagai layar mengambang besar dan imersif atau memperluasnya untuk mengisi seluruh bidang pandang.

Penting untuk dicatat bahwa video spasial bukanlah fitur eksklusif untuk ekosistem Apple, tetapi integrasi khusus dari format perekaman ini bersifat eksklusif. 

Dengan demikian, pengguna dapat menikmati pengalaman visual yang mengesankan melalui video spasial Apple dengan perangkat iPhone 15 Pro dan headset Apple Vision Pro.

Berikut ini adalah cara merekam video spasial di iPhone 15 Pro, seperti dikutip dari GizChina, Senin (18/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Merekam Video Spasial

Untuk mengambil video spasial di iPhone 15 Pro, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Pengaturan dan Aktifkan Opsi Video Spasial

  •    Buka pengaturan iPhone dan arahkan ke kamera.
  •    Pilih format dan aktifkan opsi Apple Vision Pro pada halaman tersebut.

2. Buka Aplikasi Kamera dan Masuk ke Mode Video

  •    Buka aplikasi kamera dan pilih mode video.
  •    Pastikan ponsel dalam posisi lanskap untuk merekam video spasial.

3. Merekam Video Spasial

  •    Setelah memutar ponsel, ikon khusus akan muncul di bagian bawah, menandakan perekaman video spasial.
  •    Tekan tombol merah atau tombol volume untuk memulai perekaman.
  •    Penting untuk menjaga kestabilan iPhone dan subjek tetap dalam bingkai dengan jarak optimal.

4. Tonton Hasilnya

  •    Video spasial dapat ditonton dalam mode reguler di iPhone 15 Pro.
  •    Video direkam pada resolusi 1080p pada 30 frame per detik.
  •    Saat Apple Vision Pro tersedia, pengguna dapat menikmati video spasial dalam bentuk 3D yang luar biasa tanpa perlu mengunggah secara manual.
  •    Headset mixed-reality akan secara otomatis disinkronkan dengan iPhone, asalkan ID Apple dan iCloud tetap diaktifkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pengguna dapat dengan mudah membuat dan menikmati video spasial menggunakan iPhone 15 Pro, mempersiapkan diri untuk pengalaman yang lebih mendalam dengan Apple Vision Pro di masa depan.

 
3 dari 4 halaman

iPhone Kamu Sudah Update iOS 17.2? Yuk Simak Deretan Fitur Barunya

Apple belum lama ini meluncurkan update iOS 17.2 yang membawa beberapa fitur tambahan penting untuk pengguna iPhone yang sudah update iOS. 

Fitur baru iOS 17.2 yang dimaksud mulai dari aplikasi Journal, dukungan pengisian daya Qi2, hingga perekaman video spasial di seri iPhone 15 Pro.

Untuk bisa menikmati berbagai fitur ini, pengguna iPhone perlu melakukan pembaruan dengan mengunduh file sebesar 1,49 GB, seperti dilansir GSMArena, Kamis (14/12/2023).

Sebagai informasi, update iOS 17.2 tersedia di seri iPhone Xs ke atas. Update-nya akan dilakukan secara bergilir sehingga beberapa model mungkin perlu menunggu beberapa lama untuk menerima iOS 17.2 ini.

Salah satu fitur yang dibawakan Apple di update iOS 17.2 ini adalah Journal. Ini merupakan sebuah aplikasi kesehatan terbaru yang memungkinkan pengguna untuk mencatatkan keseharian mereka.

Aplikasi ini bisa menggunakan data di ponsel pengguna seperti lokasi, foto, atau olahraga yang dilakukan untuk mengembangkan momen pengguna dengan bantuan penulisan jurnal yang menarik.

Selain itu, Apple juga menambahkan fitur opsi terjemahan untuk Action Button di seri ponsel iPhone 15 Pro.

Baca selengkapnya di sini.

4 dari 4 halaman

Infografis: Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.