Sukses

Arti Wakanda No More Indonesia Forever yang Lagi Viral di Media Sosial Usai Debat Capres 2024

Wakanda no more, Indonesia forever viral di media sosial setelah diucapkan oleh Capres nomor urut 1 Anies Baswedan. Apa ya artinya?

Liputan6.com, Jakarta - Kata-kata "Wakanda No More, Indonesia Forever" viral di media sosial beberapa hari belakangan. Kata-kata ini ramai setelah diucapkan oleh Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan untuk menutup sesi Debat Capres 2024 yang digelar KPU, Selasa (12/12/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan kata-kata ini ketika menjanjikan komitmennya menjaga kebebasan pendapat di Indonesia, ketika terpilih menjadi Presiden 2024.

Tak main-main, ia bahkan menyampaikan "Wakanda no more, Indonesia forever."

Lalu, apa sih arti kata-kata Wakanda no more, Indonesia forever yang ia ucapkan?

Sekadar informasi, Wakanda merupakan negara fiktif yang terkenal di kalangan warganet gara-gara film superhero besutan Marvel, Black Phanter.

Black Phanter merupakan identitas lain dari Raja T'Challa, Raja negara Wakanda. Black Phanter juga menjadi pelindung dari negara yang digambarkan berada di Benua Afrika itu.

Tentang Wakanda, berbeda dengan kebanyakan negara Afrika yang tertinggal dari negara-negara barat, Wakanda adalah negara yang maju secara kebudayaan dan teknologi.

Namun, oleh warganet Indonesia, Wakanda kerap dipakai untuk analogi atau menyindir kondisi negara, dalam hal ini Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makna Wakanda No More, Indonesia Forever

Kata Wakanda kerap dipakai untuk mengekspresikan kekecewaan warganet terhadap hal yang dianggap tidak sesuai dengan kondisi ideal. Misalnya ketika menyindir tentang kebijakan atau hukum tertentu.

Oleh karena itu, jika disimpulkan, kata-kata 'Wakanda no more, Indonesia forever' yang diucapkan Anies Baswedan seolah bermakna, kalau nantinya ia terpilih jadi Presiden Indonesia, tidak ada lagi pendapat yang mengacu pada konteks negatif Wakanda untuk menyindir sesuatu di Indonesia. Masyarakat bisa menggunakan kata 'Indonesia' untuk berpendapat. 

Mantan Mendikbud itu seolah mau menegaskan kalau warganet, siapa pun itu berhak dan bebas berpendapat tanpa rasa takut sampai harus menggunakan istilah Wakanda untuk menggambarkan kondisi yang tidak ideal di Indonesia.

Sesuai konteks pembicaraannya pada saat mengakhiri sesi debat:

"Ketika bicara tentang masa depan, maka saya sampaikan kebebasan pendapat dijamin, kita tidak izinkan orang takut. Maka itu saya sampaikan, Wakanda no more, Indonesia forever," kata Anies.

Bagaimana menurut kamu? 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.