Sukses

5 Strategi Prime Video Dukung Sineas Muda di Industri Perfilman Indonesia

Temukan 5 langkah strategis yang dilakukan Prime Video untuk mengukuhkan posisinya di Indonesia, mulai dari Pesta Akbar Tontonan Lokal hingga kerja sama dengan Kemenparekraf

Liputan6.com, Jakarta - Prime Video mengukuhkan posisinya di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, dengan meningkatkan investasi pada layanan streaming video-nya pada tahun 2022.

Fokus utama mereka adalah pada konten lokal dan pengalaman pengguna yang terlokalisasi. Sejak saat itu, para penikmat hiburan di Indonesia telah dapat menikmati beragam tayangan lokal eksklusif di Prime Video.

Guna memperkuat komitmennya terhadap perkembangan ekonomi kreatif tanah air, berikut ini 5 langkah yang Prime Video upayakan di industri perfilman Indonesia, seperti dikutip dari keterangan pers, Rabu (13/12/2023)

1. Pesta Akbar Tontonan Lokal

Dalam upayanya membangun ekosistem kreatif di Indonesia, Prime Video meluncurkan Pesta Akbar Tontonan Lokal pada September lalu. 

Acara ini membawa 13 film dan serial Indonesia terbaru, dirilis mingguan mulai 5 Oktober hingga 28 Desember 2023. Pesta Akbar Tontonan Lokal mencakup produksi Original lokal dan eksklusif dalam berbagai genre, termasuk komedi scripted dan unscripted, drama kriminal, drama fantasi, dan drama komedi.

Salah satu sorotan dari pesta akbar tersebut adalah serial The Aces, karya Salman Aristo, yang mengangkat kisah persaingan antara dua pemain biliar yang memiliki karakteristik berbeda.

Dengan delapan episode, The Aces menawarkan pengalaman menonton yang seru dan menghibur, dengan bintang-bintang seperti Kevin Ardilova, Emir Mahira, Adhisty Zara, Surya Saputra, Chandra Satria, dan Indra Birowo.

Kreator dan penulis The Aces Salman Aristo menyambut baik peran Prime Video dalam mendukung cerita-cerita lokal. Menurutnya, Prime Video memiliki intensi untuk mendengarkan dan membawa cerita-cerita unik seperti The Aces ke panggung internasional.

Kolaborasi ini memberikan peluang bagi Indonesia untuk memperluas kontribusinya dalam ranah hiburan global.

Selain itu, masih ada berapa film yang memenangkan penghargaan, seperti Before, Now & Then (Nana), Autobiography, dan Berbalas Kejam, serta serial populer seperti Induk Gajah, A+, dan Rencana Besar, menjadi bagian dari koleksi tontonan yang diperkenalkan oleh Prime Video di Indonesia. 

Langkah ini sejalan dengan komitmen Prime Video untuk mendukung pemberdayaan ekonomi kreatif di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memberikan Sentuhan Lokal

2. Produksi Original Prime Video yang Pertama

Demi memberdayakan talenta-talenta lokal, Prime Video telah menghadirkan produksi Original lokal pertamanya, Comedy Island Indonesia. 

Serial ini, hasil kolaborasi dengan BASE Entertainment, menggabungkan format scripted dan unscripted dalam enam episode yang menawarkan tantangan komedi improvisasi situasional. 

Dibintangi oleh sejumlah aktor dan komedian Indonesia terkemuka seperti Tora Sudiro, Asri Welas, Cinta Laura, Nirina Zubir, Aming, Tretan Muslim, Dustin Tiffani, Mang Osa, Uus, Onadio Leonardo, dan Muzakki Ramdhan, Comedy Island Indonesia menjadi langkah penting dalam mendukung industri hiburan lokal.

3. Sentuhan Lokal untuk Tayangan Takeshi's Castle

Pada sisi lain, Takeshi’s Castle Indonesia menjadi bagian dari upaya Prime Video untuk memberikan rasa lokal di tayangan global. 

Reboot dari acara permainan Jepang yang ikonik ini kembali setelah 34 tahun, dengan versi sulih suara Bahasa Indonesia yang dipimpin oleh Fluxcup sebagai sutradara dan penulis naskah lokal.

Komedian-komedian ternama seperti Wendi Cagur, Kiky Saputri, Imam Darto, Dimas Danang, Soleh Solihun, dan Abdel Achrian turut menjadi pengisi suara, memberikan sentuhan komedi yang sangat bernuansa lokal Indonesia. 

Takeshi’s Castle Indonesia bukan hanya memicu nostalgia para penonton ke era ‘90-an, tetapi juga menghadirkan komedi yang sesuai dengan selera humor lokal.

Dukungan mereka bukan hanya terbatas pada penayangan konten, tetapi juga melibatkan pelatihan dan pembinaan untuk membantu para talenta lokal berkembang dan bersaing di panggung global. Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi pertumbuhan positif dalam industri kreatif Indonesia.

 
3 dari 4 halaman

4. Kerja Sama dengan Kemenparekraf

Selain itu, Prime Video juga memperkuat kehadirannya di Indonesia melalui kemitraan strategis dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Kolaborasi ini bertujuan untuk mempromosikan Indonesia, ekonomi kreatif, serta cerita dan talenta Indonesia kepada audiens global. 

Sebagai bagian dari kemitraan ini, Prime Video berkomitmen untuk menghadirkan konten eksklusif dan Original asal Indonesia kepada audiens di seluruh dunia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyambut baik kemitraan ini, mengatakan, "Saya senang dapat menjalin kemitraan dengan Prime Video guna mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air pada audiens global. Indonesia adalah negara dengan kekayaan budaya dan destinasi pariwisata yang indah.

Kolaborasi dengan Prime Video bertujuan untuk memperkenalkan Indonesia kepada 200 juta pelanggan Prime Video yang tersebar di seluruh dunia, menunjukkan Indonesia sebagai pusat kreatif yang dinamis dan negara yang menarik di kancah internasional."

Dalam kerangka kemitraan ini, Prime Video juga berkomitmen untuk memberikan pelatihan pengembangan kapasitas kepada para sineas Indonesia, memperkuat ekosistem kreatif di Indonesia. 

 “Pencapaian ini, kesepahaman bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, memperkuat komitmen kami untuk menampilkan talenta kreatif dan cerita Indonesia ke panggung global melalui Prime Video. Di Prime Video, kami selalu berupaya untuk menjadi pendukung dan penggerak industri kreatif," ujar Director Prime Video Southeast Asia David Simonsen.

Kemitraan ini menciptakan peluang bagi pencipta cerita Indonesia untuk memiliki akses lebih luas ke panggung internasional melalui platform Prime Video. 

Dengan fokus pada promosi pariwisata dan ekonomi kreatif, Prime Video dan Kemenparekraf bekerja sama untuk membawa Indonesia sebagai destinasi yang menarik dan kreatif ke mata dunia.

 

 
4 dari 4 halaman

5. Cara Lain Memberdayakan Talenta Lokal

Prime Video tidak hanya menghadirkan konten lokal Indonesia ke panggung global, tetapi juga secara proaktif memberdayakan talenta lokal melalui berbagai kolaborasi dan inisiatif.

Pada 29 Oktober, Prime Video berpartisipasi dalam Producers Lab di Jakarta Film Week 2023, sebuah program pengembangan kapasitas untuk produser muda. 

Senior Development Executive Prime Video Tina Arwin memberikan tips berharga tentang pitching cerita kepada peserta, sementara produser film "Autobiography"  Yulia Evina Bharata hadir sebagai mentor dan juri. 

Yulia Bhara menyatakan pentingnya membentuk talenta baru di industri film lokal, dan dukungan Prime Video terhadap program Producers Lab untuk membuka peluang bagi para talenta baru dalam mengembangkan suara dan cerita autentik mereka.

Prime Video juga menunjukkan komitmennya terhadap peningkatan kompetensi talenta lokal melalui berbagai inisiatif. 

Mereka terlibat dalam tukar pendapat di sesi Focused Group Discussion (FGD) di Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF), menyelenggarakan pelatihan penulisan naskah film di Scene Indonesia, dan memberikan pelatihan Intimacy Coordinator (Koordinator Keintiman). 

Semua inisiatif ini bertujuan untuk tidak hanya membawa cerita Indonesia ke seluruh dunia, tetapi juga aktif berkontribusi pada pengembangan ekonomi kreatif dan talenta lokal.

Dengan langkah-langkah ini, Prime Video ingin berperan aktif dalam meningkatkan kualitas industri perfilman dan dunia hiburan di Indonesia. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini