Sukses

Mengapa Galaxy Tab S9 Plus Layak Disebut Tablet Android Palugada Terbaik di Pasaran Saat Ini?

Galaxy Tab S9 Plus adalah tablet Android premium yang memiliki banyak kelebihan, seperti layar, performa, suara, ketahanan, dan S Pen. Namun, tablet ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti kamera. Apakah tablet ini layak menjadi tablet palugada terbaik di 2024?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung kembali menghadirkan lini tablet Android premium terbarunya, yaitu Galaxy Tab S9 Plus. Adapun tablet Android baru milik Samsung yang datang ke meja redaksi tim Liputan6.com adalah Galaxy Tab S9 Plus varian RAM 12GB dan memori internal berkapasitas 512GB.

Dari spesifikasi yang ditawarkan, kebutuhan akan hiburan, mengetik artikel, sampai editing video di tablet Android sudah terpenuhi dengan baik.

Seperti apa pengalaman kami memakai tablet baru milik Samsung ini? Apakah perangkat tablet ini layak Anda beli di awal tahun 2024?

Kelebihan Galaxy Tab S9 Plus

Salah satu kelebihan utama dari Galaxy Tab S9 Plus adalah layarnya memukau, berkat panel Dynamic AMOLED 2x 12,4 inci, resolusi 1752 x 2800 piksel dan rasio aspek 16:10.

Dengan layar ini, mata kami sangat dimanjakan saat menikmati tontonan di platform streaming seperti Netflix, Viu, Vidio, YouTube, sampai Disney Plus Hotstar.

<p>Layar Dynamic AMOLED 2x dan ukuran 12,4 inci Galaxy Tab S9 Plus sangat memanjakan mata. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Seluruh tampilan warna di layar terlihat sangat tajam, kontras tinggi, dan sudut pandang luas. Pengalaman bermain game, bekerja, edit video di Galaxy Tab S9 Plus juga sangat seru dengan layar ini.

Selain layar, Galaxy Tab S9 Plus juga memiliki keunggulan di sektor performa. Ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dan GPU Adreno 740, berbagai aplikasi aplikasi dan game dapat dijalankan dengan lancar.

Ini terbukti saat kami bermain game Genshin Impact, di mana tim Tekno Liputan6.com sengaja pasang pengaturan rata kanan atau grafis tinggi.

<p>Main Genshin Impact dengan pengaturan high dan fps 60 pun dapat berjalan mulus di Galaxy Tab S9 Plus. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Sepanjang main Genshin Impact lebih dari satu jam, performa tablet sangat stabil dengan 60 FPS (frame per second). Toh kemampuan tablet Samsung baru ini didukung oleh RAM 12GB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manjakan Mata dan Telinga

<p>Performa Galaxy Tab S9 Plus mampu dipakai untuk main game ringan hingga berat, seperti Honkai: Star Rail hingga Genshin Impact dengan mulus. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Lalu bagaimana dengan editing video? Tenang saja, tablet Android ini mampu menjalankan software apa pun yang kamu pakai.

Samsung sendiri menyediakan aplikasi bawaan, yakni LumaFusion. Tim sendiri menggunakan software edititing dari Filmora dan CapCut untuk keperluan edit video di kanal YouTube @TeknoLiputan6 dan TikTok tanpa kendala.

<p>Berbagai kebutuhan, mulai dari mengetik, menggambar, hingga edit konten video mampu dilakukan menggunakan Galaxy Tab S9 Plus. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Galaxy Tab S9 Plus juga memiliki kelebihan di sektor suara. Layaknya tablet-tablet Samsung sebelumnya, kali ini perusahaan memang sangat memanjakan penggunanya.

Bagaimana tidak, Samsung sudah melengkapi tablet ini dengan empat speaker stereo disetel secara khusus oleh AKG. Speaker ini mampu menghasilkan suara jernih, kencang, dan seimbang.

<p>Keyboard Galaxy Tab S9 Plus dapat dibeli secara terpisah. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Kuping Anda akan sangat dimanjakan saat menikmati musik, film, main game atau podcast dengan kualitas suara mengagumkan.

Menarik lainnya, Galaxy Tab S9 Plus juga memiliki kelebihan di sektor ketahanan air dan debu. Berbekal IP68, tablet ini tahan debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

So, kamu tidak perlu khawatir jika tablet ini terkena cipratan air atau tumpahan minuman. Sangat cocok dikondisi cuaca di Jakarta yang sedang musim hujan. Tidak lupa juga, Samsung menyertakan S Pen baru dengan latensi 2,8 ms dan integrasi Bluetooth. Anda bisa menggunakan S Pen untuk menulis, menggambar, atau mengontrol tablet dengan mudah.

<p>Keyboard dan back cover Galaxy Tab S9 Plus dijual terpisah. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Tablet ini juga mendukung Samsung DeX yang memungkinkan Anda mengubah tablet menjadi komputer dengan menghubungkannya ke monitor, keyboard, dan mouse.

 

3 dari 4 halaman

Kekurangan Galaxy Tab S9 Plus

<p>Layar Galaxy Tab S9 Plus sudah mendukung refresh rate 120Hz dan HDR10+. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Galaxy Tab S9 Plus tentuny memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui. Salah satunya adalah kameranya kurang memuaskan.

Ya, tablet ini memiliki kamera belakang ganda, yaitu 13 MP (wide) dan 8 MP (ultrawide). Kamera ini bisa merekam video 4K@30fps atau 1080p@30fps.

Dengan spesifikasi kamera tersebut, Galaxy Tab S9 Plus bisa menghasilkan foto baik di kondisi cahaya bagus, tetapi kurang detail dan noise di kondisi cahaya kurang.

Kamera depannya juga hanya 12 MP (ultrawide) bisa merekam video 4K@30fps atau 1080p@30fps. Cukup untuk selfie atau video call, tetapi tidak terlalu tajam atau natural.

<p>Samsung sudah menyertakan S Pen disetiap pembelian Galaxy Tab S9 Plus. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Kekurangan lain dari Galaxy Tab S9 Plus adalah baterai sebesar 10.090 mAh, yang hanya bisa diisi dengan cepat menggunakan pengisi daya 45W. Sayangnya, charger ini dijual terpisah.

Baterai ini bisa bertahan sekitar 10 jam untuk penggunaan normal, tetapi bisa lebih cepat habis jika menggunakan layar dengan refresh rate 120Hz atau mengaktifkan 5G.

Kekurangan terakhir dari Galaxy Tab S9 Plus adalah harganya. Tablet ini dijual dengan harga mulai dari Rp 16.999.000 untuk varian 256 GB dan Rp 18.999.000 untuk varian 512 GB. Jika Anda ingin varian 5G, Anda harus membayar lebih mahal lagi.

 

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

<p>Samsung meluncurkan Samsung Galaxy Tab S9 series yang terdiri dari Samsung Galaxy Tab S9, Galaxy Tab S9 Plus, dan Galaxy Tab S9 Ultra di event Samsung Unpacked 2023 di Seoul, Korea Selatan (Liputan6.com/ Giovani Dio P). </p>

Galaxy Tab S9 Plus adalah tablet Android palugada terbaik yang ada di pasaran saat ini. Tablet ini mampu memanjakan dua dari lima panca indera manusia, yakni mata dan telinga.

Memiliki layar indah, performa kencang, suara menggelegar, dan fitur-fitur menarik. Tablet ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki tablet premium dengan ukuran yang pas, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Hal ini membuat Galaxy Tab S9 Plus menjadi tablet Android palugada atau "apa yang lu mau, gua ada" yang ditawarkan Samsung untuk tahun ini. Tablet ini juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak ingin membeli tablet Apple atau Windows.

Sebagai tambahan, Samsung tidak menyertakan keyboard dan back cover untuk tabletnya ini secara bundling. Ini berarti Anda harus membeli kedua aksesoris secara terpisah.

Namun, Galaxy Tab S9 Plus juga memiliki beberapa kelemahan harus Anda pertimbangkan saat berburu tablet ini di pasaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini