Sukses

Aplikasi Gratis Ini Bikin iPhone Jadul Jadi Kamera Profesional

Tidak perlu terburu-buru membeli iPhone terbaru untuk bisa punya kamera bagus, aplikasi kamera BlackMagic bisa memotret dan menghasilkan gambar-gambar terbaik dan gratis pula.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, Apple meluncurkan model iPhone baru deengan fitur-fitur terbaru pula, terutama perihal kamera.

Tahun ini, Apple telah menambahkan kemampuan memotret dalam ProRes LOG ke model iPhone 15 Pro. Fitur ini disebut-sebut sebagai fitur kelas pro yang berguna bagi para pembuat konten dan fotografer profesional, mengutip News18, Jumat (8/12/2023).

Namun, bagi pemilik iPhone lawas yang ingin merekam video kelas profesional tidak perlu buru-buru memilih untuk memberlu model iPhone terbaru.

Pasalnya, hanya menggunakan aplikasi kamera BlackMagic, pengguna bisa memotret dan menghasilkan gambar-gambar terbaik. Dan aplikasi kamera ini tersedia di iPhone secara gratis. 

Aplikasi ini memungkinkan pengguna memotret dalam mode manual. Pengguna dapat mengatur ISO, menyesuaikan white balance, memilih kecepatan rana, dan mengatur stabilisasi.

Sementara itu, untuk kebutuhan profesional lainnya, pengguna bisa memilih codec untuk memotret, color space, dan resolusi.

Aplikasi kamera ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi pengguna iPhone lawas, seperi iPhone SE generasi kedua. Namun, perlu diperhatikan bahwa untuk menggunakan aplikasi ini, perangkat iPhone harus sudah menjalankan minimal iOS 16.

Selain itu, jika pengguna ingin menggunakan aplikasi ini untuk terjun ke dunia pembuatan film atau video, dan ingin mencoba cara kerja pengaturan manual, ini bisa menjadi titik awal yang baik karena tidak memerlukan investasi apa pun selain perangkat yang mungkin sudah dimiliki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aplikasi Kamera BlackMagic Digunakan pada Keynote Apple’Scary Fast’

Sementara itu, aplikasi kamera BlackMagic ini juga digunakan pada saat keynote Apple ’Scary Fast’ baru-baru ini. Acara ini diabadikan menggunakan iPhone 15 Pro, tetapi untuk memaksimalkannya, Apple mengandalkan aplikasi kamera BlackMagic ini.

Faktanya, aplikasi ini memungkinkan pengguna memotret ProRes LOG dalam 4K 60fps di iPhone 15 Pro. Di sisi lain, hal ini hanya dapat dilakukan setelah merekam di SSD eksternal, jika menggunakan aplikasi kamera iPhone asli.

Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi kamera BlackMagis ini sangat mumpuni dan membuat dokumentasi foto atau video menjadi lebih maksimal.

Aplikasi ini tentunya bisa menjadi andalan bagi pengguna yang ingin berkreasi melalui foto dan videonya.

3 dari 4 halaman

iPhone 16 Pro Dibekali Kamera Tetraprisma dan Layar 120Hz

Sementara itu, seri iPhone 16 diperkirakan akan hadir tahun depan. Meski demikian, bocoran mengenai iPhone terbaru ini sudah mulai bermunculan di internet. 

Baru-baru ini, analis Ming-Chi Kuo menegaskan iPhone 16 Pro dan ‌iPhone 16‌ Pro Max akan dilengkapi dengan lensa telefoto tetraprisma berkemampuan zoom ditingkatkan. 

Analis TF International Securities juga mengklaim hal sama dalam blognya, mengutip dari Gadgets 360, Jumat (24/11/2023).

Di tahun 2023 ini, raksasa Cupertino menyertakan sistem lensa tetraprisma baru untuk iPhone 15 untuk mendukung zoom optik 5x. Adapun untuk iPhone 15 Pro‌ mendukung zoom optik 3x.

Sesuai laporan terbaru, iPhone 16 Pro diperkirakan akan memiliki layar 6,27 inci dengan kecepatan refresh 120Hz berbasis teknologi oksidadi polikristalin suhu rendah (LTPO). Sedangkan iPhone 16 Pro Max akan memiliki layar 6,86 inci.

Untuk model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, kedua ponsel ini masing-masing menggunakan layar berukuran 6.12 inci dan 6.69 inci.

Kedua layar seri iPhone 16 ini hanya mendukung refresh rate 60Hz. Rumor ini diperkuat oleh cuitan leaker, Ross Young.

4 dari 4 halaman

Bocoran iPhone SE 4, Hadirkan Tampilan Modern dengan Kamera 48 MP

Di samping itu, baru-baru ini iPhone SE 4 dikabarkan akan mengusung desain berlekuk mirip iPhone 14, dengan menghilangkan tombol Touch ID dan bezel tebal. 

Mengutip GizmoChina, Kamis (30/11/2023), iPhone SE 4 ini juga akan mendukung inovasi seperti Action Button dan port USB-C, menghadirkan tampilan yang lebih segar dan modern.

Meskipun hanya memiliki satu kamera belakang, sensor 48 megapiksel diharapkan memberikan kemampuan merekam video 4K. 

Dengan layar OLED 6,1 inci dan baterai 3240 mAh, iPhone SE generasi terbaru ini diprediksi akan tampil lebih modern, baik dari sisi desain dan performa. 

Untuk spesifikasi, kemungkinan akan berbeda dari saat peluncuran. Namun ada harapan, ponsel ini akan dilengkapi dengan prosesor 4nm A16 Bionic, memberikan kinerja yang setara dengan iPhone 15. 

Meskipun demikian, pilihan antara A16 dan A15 mungkin tidak terlalu berdampak signifikan pada hasil akhir, mengingat pengguna iPhone ini keungkinan tidak terlalu memerlukan performa tinggi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.