Sukses

Cara Hapus Akun Skype Tanpa Harus Tutup Akun Microsoft

Berikut cara menghapus akun Skype maupun mengamankan aplikasi Skype tanpa harus menutup akun Microsoft kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah diakuisisi Microsoft pada tahun 2009, akun Skype menjadi terhubung dengan akun Microsoft. Untuk diketahui, kamu tidak bisa menghapus akun Skype tanpa menghapus akun Microsoft, yang dapat menyebabkan beberapa masalah praktis.

Akan tetapi, masih ada cara untuk berhenti menggunakan Skype tanpa menghapus akun Microsoft kamu.

Skype sendiri memungkinkan kamu berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia menggunakan internet di ponsel, komputer, atau tablet. 

Skype adalah perangkat lunak utama untuk panggilan video dan panggilan suara internasional berbiaya rendah sebelum Zoom, WhatsApp, dan Google Meet menjadi pusat perhatian.

Mungkin kamu ingin menghapus akun Skype kamu karena sudah tidak menggunakannya lagi, namun akun tersebut ditautkan ke akun Microsoft yang masih aktif. 

Berikut ini cara menghapus akun Skype maupun mengamankan aplikasi Skype kamu tanpa harus menghapus akun Microsoft, seperti dikutip dari Android Police, Kamis (23/11/2023).

Menghapus Skype Tanpa Hapus Akun Microsoft 

Apa pun alasan kamu ingin menghapus Skype, berikut ini beberapa solusi yang tidak melibatkan penghapusan akun Microsoft kamu. Cara pertama adalah menghapus aplikasinya langsung.

Skype adalah produk Microsoft yang merupakan aplikasi mandiri di luar Office 365. Artinya, kamu bisa menghapus aplikasinya saja dari PC, Mac, atau ponsel tanpa menghapus akun Microsoft kamu. 

Dengan menghapus aplikasinya, kamu secara otomatis tidak dapat menggunakan Skype dan tak perlu khawatir mengenai spam yang mungkin masuk melalui aplikasi tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Lain Menghapus Akun Skype

Ingin Hapus Skype karena Terganggu

Lalu, jika kamu menerima panggilan atau pesan yang tidak kamu inginkan, kamu dapat dengan mudah memblokir kontak Skype daripada menghapus aplikasinya. Caranya:

  1. Klik kanan kontak (ketuk dan tahan pada ponsel).
  2. Pilih Lihat Profil.
  3. Gulir ke bawah dan klik atau ketuk opsi Blokir kontak.

Berhenti Muncul di Hasil Pencarian dan Saran

Matikan penemuan ID Skype kamu jika kamu menerima panggilan spam atau khawatir dengan privasi online kamu. Gabungkan ini dengan menghapus aplikasi dari perangkat, dan kamu telah menghapus Skype.

  1. Di browser web, buka profil Skype kamu.
  2. Gulir ke bawah ke Pengaturan Profil.
  3. Kosongkan kotak centang Munculkan di hasil pencarian dan saran.

Membatalkan Langganan Skype

Pelanggan Skype membayar biaya reguler untuk durasi yang dapat mereka digunakan untuk menelepon ponsel dan telepon rumah.

Jika kamu tidak lagi membutuhkan layanan ini, mungkin kamu ingin menghapus Skype atau membatalkan langganan sangatlah mudah.

Beberapa tips di atas merupakan solusi bagi kamu yang ingin berhenti menggunakan Skype tanpa harus menghapus akun.

3 dari 4 halaman

Opsi Terakhir, Menghapus Akun Microsoft

Cara Menghapus Akun Microsoft 

Jika kamu sudah mencoba semua cara tapi kamu tetap ingin menghapus akun Skype-mu, kamu bisa menghapus akun Microsoft.

Menghapus akun Microsoft dapat menimbulkan konsekuensi, tergantung pada seberapa penting alat yang terkait bagi kamu dan data yang disimpan di cloud Microsoft.

Jika kamu menghapus akun, kamu tidak dapat mengakses Office, OneDrive, Outlook, Xbox, dan lainnya. Mungkin yang paling penting, kamu kehilangan akses ke file, foto, kontak, dan email. Jika kamu hanya menggunakan akun untuk Skype, tidak masalah untuk menghapusnya.

  1. Buka halaman Microsoft "Tutup akun saya".
  2. Masuk ke akun yang ditautkan ke akun Skype kamu. Kamu akan diminta untuk memverifikasi identitas kamu.
  3. Kamu akan dibawa ke halaman penutupan akun. Sebaiknya baca halaman ini dan luangkan waktu sejenak untuk memastikan bahwa kamu tidak memerlukan akun tersebut.
  4. Gunakan menu dan pilih masa tenggang 30 hari atau 60 hari. Jika kamu berubah pikiran selama masa tenggang ini, kamu bisa masuk kembali ke akunmu.
  5. Klik Berikutnya.
  6. Kamu akan diminta untuk mengonfirmasi bahwa kamu memahami bahwa kamu akan kehilangan akses ke berbagai alat dan layanan. Centang setiap kotak.
  7. Pilih alasan kamu ingin menutup akun dari kotak menurun.
  8. Klik Tandai akun untuk ditutup.
  9. Sebuah pesan akan mengonfirmasi tanggal penutupan akun Microsoft (dan, dengan demikian, akun Skype kamu).
4 dari 4 halaman

Cara Mengembalikannya

Untuk membuka kembali akun Microsoft kamu sebelum masa tenggang berakhir, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka akun kamu dan masuk dengan email dan kata sandi.
  2. Kamu akan menerima dan memasukkan kode keamanan. Kode ini akan memverifikasi identitas kamu dan mencegah akses tidak sah ke akun kamu.
  3. Setelah memasukkan kode, akun kamu akan dibuka kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.