Sukses

Punya 1 Juta Pelanggan, Trafik XL Naik 83 Persen di Madura

XL Axiata kini memiliki lebih dari 1 juta pelanggan di Madura, trafiknya pun naik 83 persen dan menjadi market leader di Madura.

 

Liputan6.com, Pamekasan - XL Axiata menguasai pangsa pasar di Pulau Madura, Jawa Timur. Kini pelanggan XL mencapai 1 juta user yang tersebar di hampir 500 desa dan kelurahan, 65 kecamatan, dan empat kabupaten.

XL Axiatamenyebut, jumlah pelanggan yang meningkat ini membuat trafik penggunaan layanan XL juga meningkat. Menurut data internal, dalam dua tahun terakhir, terjadi peningkatan trafik 83 persen di Pulau Madura.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, Madura menjadi salah satu area di mana XL Axiata memiliki pelanggan terbanyak. XL pun memastikan terus menjaga kualitas jaringan di seluruh Madura untuk menjaga loyalitas pelanggan.

"Tentunya kami ingin selalu bisa memenuhi kebutuhan pelanggan, apalagi saat ini layanan telekomunikasi dan data sudah menjadi sarana utama bagi masyarakat dalam mengakses berbagai layanan digital," kata Gede, ditemui di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Jumat (10/11/2023).

Gede menyebut, untuk melayani 1 juta pelanggan, XL Axiata memiliki 2.800 BTS yang merupakan adalah BTS 4G.

Dalam kunjungannya ke Pamekasan, Gede meninjau kondisi infrastruktur site XL Axiata di Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan.

Group Head XL Axiata East Region Dodik Ariyanto mengatakan, di region timur yang meliputi Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, XL Axiata memiliki tiga pulau besar yang menjadi market leader, yakni di Madura, Lombok, dan Bali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lokasi Pembangunan Jaringan Baru

<p>Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa meninjau salah satu lokasi BTS di Desa Murtajih, Pademawu, Kabupaten Pamekasan bersama Group Head XL Axiata East Region Dodik Ariyanto (kiri). (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).</p>

Adapun kontribusi region timur untuk pendapatan XL Axiata sekitar 23 persen. Untuk mendukung pertumbuhan dan meningkatkan kualitas jaringan di Madura, XL melakukan pembangunan jaringan baru di berbagai area.

Termasuk di antaranya memperkuat jaringan yang sudah ada dan ekspansi area baru.

Beberapa lokasi pembangunan jaringan yang baru antara lain di Kecamatan Modung, Galis, Blega, dan Burneh, yang berada di Kabupaten Bangkalan, kemudian Kecamatan Ketapang dan Torjun, yang berada di Kabupaten Sampang, serta Kecamatan Camplong, Kabupaten Pamekasan dan Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep.

Selain di pulau utama, jaringan XL Axiata juga menjangkau beberapa pulau kecil di sekitar Madura, antara lain di Pulau Mandangin yang masuk Kabupaten Sampang, Pulau Giliraja, Pulau Giligenting, Pulau Poteran, Pulau Gili Iyang, Pulau Sapudi, Pulau Raas, Pulau Guwa-guwa, dan Pulau Kangean yang masuk Kabupaten Sumenep.

Untuk memperkuat jaringan, XL meningkatkan kapasitas jaringan di Madura. Dalam dua tahun terakhir, kapasitas jaringan ditingkatkan hingga 2-3 kali lipat.

XL juga melakukan fiberisasi jaringan BTS juga dilakukan di seluruh Madura. Kini, fiberisasi telah mencapai 60 persen BTS di Madura.

Fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan BTS melalui jalur fiber. XL juga termasuk melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS. Contohnya adalah dengan mengganti perangkat yang selama ini menggunakan microwave menjadi perangkat fiber.

 

3 dari 3 halaman

Rilis Layanan FMC di Madura

<p>BTS XL Axiata di Desa Murtajih, Pademawu, Kabupaten Pamekasan. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Sejak awal November 2023 lalu, jaringan Fixed Mobile Convergence (FMC) juga telah masuk ke Madura, dengan layanan XL Satu Fiber.

Di tahap awal ini, jaringan FMC sudah langsung masuk ke tiga kabupaten, yaitu Sampang, Pamekasan, dan Sumenep, dengan jumlah homepass menyesuaikan dengan kebutuhan, dan harapannya sampai akhir tahun mencapai sekitar 70.000 homepass.

Hingga saat ini sudah ada ratusan pelanggan yang terlayani. Secara umum, keunggulan dari layanan XL Satu Fiber dibandingkan dengan layanan sejenis adalah bahwa XL Satu Fiber mengkonvergensikan layanan internet rumah dan kuota handphone untuk sekeluarga yang menggunakan XL dan XL Prioritas dalam satu paket praktis.

XL Axiata juga menyediakan berbagai promo untuk masyarakat di Pulau Madura dalam mengakses layanan data di jaringan 4G.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini