Sukses

Ingin Hemat Memori HP? Ini Cara Matikan Fitur Download Otomatis di WhatsApp

Simak artikel berikut ini untuk menonaktifkan fitur download otomatis di beragam aplikasi termasuk WhatsApp agar memori HP tidak cepat penuh.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu pernah menemukan foto yang tak pernah kau potret di galerimu? Jika iya, apakah kamu pernah merasakan penyimpanan ponselmu cepat penuh, dan terasa lambat karena banyak sekali foto tidak jelas ini? Jika iya, mungkin ini penyebabnya.

Saking seringnya kamu bertukar momen bahagia di media sosial, kamu mungkin tak sadar kalau beberapa aplikasi di bawah ini secara otomatis menyimpan seluruh foto jepretan kameramu. 

Media yang tanpa kita sadari tersimpan secara sendirinya di ponsel kadang membuat jengkel, karena akan memenuhi ruang penyimpanan dan memperlambat kinerja ponsel. 

Beberapa aplikasi, seperti Instagram dan WhatsApp contohnya, bisa secara otomatis menyimpan media ke ponsel kamu. 

Hal itu dapat dilihat ketika kamu menerima foto maupun video di grup WhatsApp. Kamu mungkin tak membuka grup tersebut, tetapi tetap dapat melihat foto dan video yang orang-orang kirimkan di dalam galerimu. 

Selain terus memenuhi memori HP, hal ini tentu akan mengganggu apabila media yang dibagikan bersifat tak senonoh maupun berisikan hal-hal yang tidak kamu inginkan. Untuk itu, kali Tekno Liputan6.com akan membagikan tips menghindari hal tersebut, seperti dikutip dari LifeHacker, Minggu (15/10/2023).

Cara menonaktifkan download otomatis di WhatsApp: 

  1. Buka pengaturan, lalu "Penyimpanan dan Data." 
  2. Kamu akan melihat bagian yang disebut "pengunduhan otomatis media," yang akan mencakup foto, audio, video, dan dokumen. 
  3. Kamu harus mengetuk masing-masing dan memilih opsi "tidak pernah."
  4. Atau WhatsApp akan terus mengunduh media ke ponsel kamu setiap kali kamu menggunakan Wi-Fi.

Di Instagram, buka pengaturan kamu dan buka "Pengarsipan dan pengunduhan." Di bagian yang disebut "Menyimpan ke rol kamera," hapus pilihan "Simpan foto asli" dan "Simpan cerita ke Rol Kamera."

Jika kamu memiliki iPhone, kamu dapat dengan mudah menghapus apa pun yang diunduh secara otomatis dari aplikasi dengan menggunakan bilah pencarian di galeri kamu. 

Kamu cukup mengetikkan nama aplikasi yang kamu maksud, dan semua media dari aplikasi tersebut akan muncul. Setelahnya kamu bisa menghapus media apa saja yang kamu inginkan, mudah bukan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mengunci Obrolan di WhatsApp dengan Fitur Chat Lock

Belum lama ini, fitur baru Chat Lock di WhatsApp Messenger, diperkenalkan oleh Meta. Hal ini akan memberikan pengguna kontrol lebih lanjut terhadap privasi dan keamanan pesan mereka.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menempatkan chat ke dalam folder tersembunyi yang hanya dapat diakses melalui kode sandi, sidik jari, atau ID wajah.

Dengan menggunakan Chat Lock, pengguna dapat menyembunyikan notifikasi dari kontak tertentu dan menjaga percakapan pribadi mereka tetap aman.

Berikut adalah cara mengaktifkan Chat Lock di WhatsApp pada Android dan iPhone:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih log obrolan (gambar profil) dari kontak atau grup yang ingin kamu sembunyikan.
  3. Ketuk ikon informasi obrolan (biasanya ikon "i" di pojok kanan atas).
  4. Gulir ke bawah dan ketuk opsi "Kunci Obrolan.
  5. "Nyalakan Kunci Obrolan dan atur autentikasi menggunakan sidik jari, kode sandi, atau pengenalan wajah (tergantung pada perangkat).
  6. Ketuk "Lihat" untuk melihat obrolan yang ditempatkan di folder Obrolan terkunci.

Penting untuk memastikan bahwa perangkat kamu memiliki versi WhatsApp terbaru. Jika kamu belum mengatur autentikasi perangkat, kamu mungkin diminta untuk melakukannya sebelum menggunakan fitur Kunci Obrolan WhatsApp.

Dengan mengaktifkan Chat Lock, pengguna dapat meningkatkan privasi dan keamanan percakapan mereka, menjaga pesan-pesan pribadi tetap terlindungi dari akses yang tidak kamu inginkan.

3 dari 5 halaman

Cara Mematikan Chat Lock

Jika kamu ingin mematikan Chat Lock di WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan geser ke bawah daftar obrolan untuk menemukan folder Obrolan terkunci.
  2. Sentuh Obrolan terkunci dan arahkan ke info obrolan.
  3. Pindai sidik jari atau ID Wajah kamu untuk mengakses folder obrolan yang terkunci.
  4. Pilih obrolan WhatsApp dari daftar obrolan yang terkunci dan ketuk ikon profil.
  5. Pilih ikon "i" untuk membuka pengaturan info obrolan. Ketuk "Kunci obrolan."
  6. Matikan Kunci obrolan ini dengan sidik jari atau metode autentikasi/biometrik lain yang kamu pilih.
  7. Konfirmasikan perubahan ini di pengaturan kamu menggunakan sidik jari, pengenalan wajah, atau kode sandi.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat mematikan Chat Lock dan mengakses kembali obrolan yang terkunci tanpa harus menggunakan metode autentikasi setiap kali. Pastikan untuk memilih opsi keamanan yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan kamu.

4 dari 5 halaman

Cara Memperbaiki Backup Chat WhatsApp Error

Selain fitur diatas, backup data chat WhatsApp dapat membantu kamu mencegah kehilangan data dan mentransfer riwayat obrolan WhatsApp dengan aman saat beralih perangkat.

Kamu dapat memilih untuk mencadangkan data WhatsApp ke Google Drive atau iCloud. Dan WhatsApp akan otomatis menyimpan satu salinan data di salah satu layanan cloud ini dan satu lagi di penyimpanan internal ponsel.

Dengan Google Drive dan iCloud, kamu dapat memilih seberapa sering WhatsApp menyegarkan data obrolan. Mulai dari opsi Tidak pernah, Hanya ketika saya mengetuk “ Cadangkan,” Harian, Mingguan, atau Bulanan.

Beberapa opsi pencadangan lain juga dapat kamu sesuaikan, seperti mencadangkan menggunakan seluler dan menyertakan video. Untuk menemukan semua pengaturan ini, buka aplikasi WhatsApp di HP Android kamu dan pilih Opsi lainnya > Pengaturan > Obrolan > Cadangan obrolan.

Kendati demikian, permasalahan saat mencadangkan obrolan WhatsApp bisa saja terjadi. Misalnya, kamu mencoba mencadangkan obrolan WhatsApp, tetapi mengalami macet? 

Ini masalah umum di kalangan pengguna WhatsApp. Pencadangan obrolan WhatsApp yang memakan waktu terlalu lama juga dapat disebabkan oleh berbagai masalah.

5 dari 5 halaman

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.