Sukses

Oppo Find N3 Flip Sudah Kantongi Sertifikasi TKDN, Siap Tantang Galaxy Z Flip5 di Indonesia

Oppo Find N3 Flip, smartphone lipat terbaru dari Oppo, sudah mendapatkan sertifikat TKDN dan muncul di Geekbench. Berikut spesifikasi dan perkiraan harga Oppo Find N3 Flip di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Find N3 Flip sudah meluncur di China sejak Agustus 2023, dan rencananya perusahaan akan merilis ponsel tersebut secara global pada tahun ini.

Walau belum ada kabar pasti kapan Oppo Find N3 Flip diluncurkan, ponsel baru Oppo versi global ini sudah masuk database Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Pantauan Tekno Liputan6.com, Selasa (3/10/2023), tercantum nomor HP Oppo CPH2519 itu sudah mengantongi nilai TKDN sebesar 35,65 persen di laman P3DN Kemenperin.

Sebagai tambahan, sertifikat smartphone Oppo Find N3 Flip ini ternyata sudah diterbitkan pada 15 Juni 2023 dengan nama perusahaan PT. Bright Mobile Telecommunication.

Saat dikonfirmasi, pihak Oppo Indonesia masih sungkan mengungkap informasi lebih lanjut tentang HP Android layar lipat barunya ini.

Mereka juga masih belum ingin mengatakan tanggal rilis Oppo Find N3 Flip di Indonesia.

Tak hanya muncul di laman P3DN Kemenperin, HP Oppo dengan kode nama serupa juga nongol di database Geekbench.

Mengutip GSM Arena, dapat dikonfirmasi ponsel baru Oppo ini masih menggunakan prosesor Dimensity 9200 dan RAM 12GB--sama seperti versi China, dan sudah menggunakan ColorOS 13 berbasis Android 13.

Dari database Geekbench, Oppo Find N3 Flip versi global mampu mencetak skor 1,895 di uji coba single core dan 4,655 poin di multi-core.

Berhubung sudah muncul di situs P3DN, ini berarti Oppo dipastikan akan memboyong smartphone layar lipat baru pesaing Galaxy Z Flip5 tersebut ke Tanah Air.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Oppo Find N3 Flip Resmi Diperkenalkan

Oppo secara resmi memperkenallkan HP layar lipat clamshell generasi terbaru mereka Oppo Find N3 Flip pada Selasa (29/8/2023) waktu China, dimana mereka juga akan merilisnya secara global.

Pete Lau, SVP dan Chief Product Officer di Oppo, melalui keterangan di laman resmi Oppo Global. mengatakan bahwa Oppo Find N2 Flip saat ini menjadi HP layar lipat nomor satu di Tiongkok.

"Untuk Find N3 Flip, kami menghadirkan peningkatan menyeluruh – gaya yang lebih baik, pengalaman cover screen yang lebih baik, dan kamera ponsel flip yang inovatif – sederhananya, nantikan keistimewaan dari Find N3 Flip."

Salah satu pembaruan besar yang dihadirkan di Oppo Find N3 Flip adalah dibawanya sistem kamera Hasselblad.

Kali ini, Oppo membawa kamera utama 50MP 24mm dengan aperture f/1.8 dan piksel 1,0µm dan OIS, ultrawide 48MP dengan field of view 114 derajat, dan telefoto 32MP 47 mm dengan fitur 2x optical zoom PDAF.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Oppo Find N3 Flip

<p>Oppo Find N3 Flip Nongol di Internet, Samsung Galaxy Z Flip5 Harus Waspada!. (Doc: Sparrow News)</p>

Sementara untuk kamera selfienya, Oppo menggunakan lensa wide 32MP f/2.4 21 mm, yang juga sudah mendukung perekaman video 4K 30fps seperti kamera utamanya.

Untuk cover screen atau layar luarnya, masih berukuran 3,26 inci atau sama dari generasi sebelumnya, dengan layar AMOLED.

Namun, mengutip GSM Arena, Rabu (30/8/2023), Find N3 Flip menghadirkan lebih banyak fungsi, memungkinkan pengguna menjalankan semua jenis aplikasi dan widget tanpa harus membuka perangkatnya.

Find N3 Flip menggunakan chipset MediaTek Dimensity 9200, serta RAM LPDDR5X dan penyimpanan UFS 4.0.

Dari segi desain lainnya, perubahan yang dibawa di Find N3 Flip adalah kehadiran fitur mute switch untuk memilih silent, dering, atau getar, seperti yang ada di ponsel OnePlus.

Untuk spesifikasi Oppo Find N3 Flip lainnya, ponsel lipat ini masih membawa banyak dari pendahulunya. Layar utamanya LTPO AMOLED 6,8 inci dengan resolusi 1080 x 2520 piksel dengan refresh rate adaptif sampai 120Hz.

4 dari 4 halaman

Oppo Nomor 1 di Pasar Smartphone Indonesia Q2 2023

Tampilan Find N3 Flip diungkap Oppo jelang peluncuran 29 Agustus 2023 (Weibo Oppo)

Sementara itu, Oppo berhasil menjadi vendor smartphone nomor satu di Indonesia pada kuartal kedua tahun 2023. Hal ini terjadi setelah merek ponsel Tiongkok itu menyalip Samsung dan merebut lagi posisinya sebagai merek smartphone teratas pada kuartal 2 2023. 

Meski begitu, pada kuartal kedua tahun 2023 ini, terjadi penurunan pengapalan smartphone di Indonesia sebesar 10 persen. 

Bicara Oppo, perusahaan tersebut berhasil menduduki posisi pertama pasar smartphone Indonesia dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 21 persen. 

Capaian itu terutama dapat dikaitkan dengan fokus cerdik Oppo pada seri A17, yang melayani demografi yang begitu mempertimbangkan anggaran saat beli smartphone.

Digdaya Oppo di pasar Indonesia diperkuat oleh kampanye pemasaran yang agresif dan dampak sisa dari rilis kuartal sebelumnya, khususnya seri Reno8 T dan Find N2 Flip.

Sementara itu, Samsung hanya mengalami sedikit penurunan pangsa pasar berkat kesuksesan seri Galaxy A04.

Jajaran smartphone ini memberikan kontribusi signifikan terhadap volume Samsung, sehingga pangsa pengapalan merek tersebut mengalami penurunan hingga hanya 1 persen.

 

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini