Sukses

Deretan Emoji Baru Bakal Hadir di iOS 17: Jamur Coklat, Burung Phoenix hingga Rantai Patah

Unicode Consortium telah menyetujui kehadiran emoji baru, kabarnya emoji-emoji ini bakal hadir di iOS 17 mulai dari jamur coklat, burung phoenix, dan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan Apple yang baru saja mengumumkan iPhone 15, Unicode Consortium secara resmi menyetujui sederetan karakter emoji baru yang akan ditambahkan ke ponsel mulai 2024.

Unicode 15.1 yang disetujui meliputi emoji burung phoenix, buah lemon, jamur coklat, kepala mengangguk (yes) dan kepala menggeleng (no), hingga rantai patah.

Mengutip MacRumors, Kamis (21/9/2023), ada empat kombinasi emoji keluarga baru beserta dengan pembaruan emoji enam orang yang kini memiliki arah menghadap yang berbeda, baik menghadap kanan atau kiri.

Pilihan arah menghadap kepala ini bisa dipakai dengan emoji orang berjalan, orang berlari, orang berlutut, orang dengan tongkat putih, orang dengan kursi roda manual, dan orang dengan kursi roda bermotor.

Sementara itu, pembaruan Unicode kerap kali menyertakan beberapa karakter emoji, sehingga update Unicode 15.1 skalanya lebih kecil dibandingkan update Unicode tahun-tahun sebelumnya.

Namun, Unicode 15.1 menambahkan sejumlah karakter non-emoji baru untuk digunakan di Tiongkok. Setelah karakter emoji baru disetujui, pembuat smartphone seperti Apple butuh waktu beberapa bulan merancang karya seni untuk emoji tersebut dan menambahkannya ke iOS 17.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Baru akan Rilis di Update iOS 17 Berikutnya

Kemungkinan update emoji baru ini bakal digulirkan di versi iOS 17 yang akan datang.

Sebelumnya pada tahun lalu, Apple menambahkan emoji baru ke update iOS 16.4 yang dirilis Februari 2023. Sehingga, perusahaan mungkin mengikuti timeline serupa pada 2024 ini.

Adapun perubahan emoji tahun lalu mencakup wajah gemetar, hati merah muda, hati biru muda, keledai, rusa besar, angsa, sayap, ubur-ubur, eceng gondok, kacang polong, jahe, seruling, maracas, hingga burung hitam.

 

3 dari 4 halaman

Fitur Baru di iOS 17

Setelah pembaruan diunduh, kamu harus menunggu beberapa saat hingga perangkat dimulai ulang. Jadi, pilih waktu yang tepat untuk memperbarui iOS atau saat kamu tidak perlu mengakses iPhone.

Pesan Facetime dan Transkip Pesan Suara

Di iOS 17, layar pesan suara sekarang akan menampilkan transkip dari apa yang dikatakan orang tersebut dalam waktu hampir bersamaan. Jadi, kamu dapat memutuskan apakah kamu ingin mengangkatnya atau tidak. 

Fitur di iOS baru ini terlihat bagus pada masa-masa awal pesan suara, ketika kamu tidak memiliki ID penelepon dan akan mendengarkan mesin penjawab kamu bisa memanfaatkannya untuk menyaring panggilan.

Di sisi lain, teknologi yang sama akan diterapkan pada pesan suara-rekaman audio yang dapat kamu kirimkan melalui pesan teks. Dengan demikian, kamu dapat melihat transkripnya, di saat kamu tidak bisa mendengarkannya. 

Mode StandBy

Ketika iPhone kamu sedang diisi daya dan diletakkan landscape, iPhone akan masuk ke mode baru dan berubah menjadi semacam layar pintar. 

Layar ini akan menampilkan waktu, dan kamu dapat menambahkan fitur tambahan, seperti berita utama atau foto atau widget lainnya. 

Fitur ini dimaksudkan untuk membuat ponsel kamu lebih bermanfaat saat tidak berada di tangan kamu (kapan pun itu). Namun, yang membuatnya lebih menarik adalah bagaimana fitur ini menampilkan kalender, jam, dan pemutar musik. 

Layar akan mati secara otomatis, kecuali kamu memiliki iPhone 14 Pro atau yang lebih baru dan mengaturnya untuk selalu menyala.

4 dari 4 halaman

Filter Gambar Tak Pantas

Menyaring Gambar Tidak Pantas

Gambar seksual yang tidak diinginkan adalah masalah lama. Apple mencoba mengatasinya dengan fitur baru yang disebut Peringatan Konten Sensitif atau Sensitive Content Warnings. 

Ketika diaktifkan, fitur ini akan secara otomatis mendeteksi gambar dan video telanjang dan memburamkannya, menampilkan peringatan dan opsi untuk melihat atau menolak. 

Efek buramnya tidak terlalu spesifik, sehingga kamu tidak akan bisa menebak berdasarkan siluet gambar. Ini akan berlaku untuk gambar yang diterima di Pesan, pesan FaceTime, dan melalui AirDrop.

NameDrop

NameDrop menggunakan kemampuan komunikasi jarak dekat iPhone, atau NFC, sehingga kamu bisa mentransfer informasi kontak kamu seperti halnya kamu membayar latte. 

Arahkan bagian atas ponsel kamu ke perangkat lain, dan mereka akan mendapatkan informasi kamu. Aplikasi ini juga dapat digunakan dengan Apple Watch.

Perubahan Kecil

Contact Posters adalah fitur baru untuk memilih gambar dan nama yang akan ditampilkan di layar ketika kamu menelepon mereka. 

Check-in memungkinkan kamu membagikan perkembangan kamu jika kamu sedang dalam perjalanan pulang dari acara malam atau dalam situasi lain di mana kamu ingin seseorang mengawasi kamu. Dan lebih mudah untuk mencari pesan lama dengan filter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.