Sukses

Tak Cuma iPhone 13 Mini, Ini Daftar Perangkat yang Disetop Apple Usai iPhone 15 Rilis

Dengan diperkenalkannya iPhone 15, Apple telah menghentikan iPhone 13 Mini, MagSafe Duo, Lightning AirPods Pro, dan MagSafe Battery Pack.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, Apple meluncurkan produk baru, tetapi Apple juga secara rutin menghentikan produk lama atau yang tidak laku. 

Setelah acara peluncuran iPhone 15 di Apple Event 2023, Apple telah menghentikan empat produk yang berbeda, dan di bawah ini kami rangkumkan daftar dan alasannya, sebagaimana dikutip dari Trusted Reviews, Minggu (17/9/2023).

iPhone 13 Mini

iPhone 13 Mini adalah versi yang lebih kecil dan lebih murah dari perangkat keras iPhone 13. Seperti pendahulunya, iPhone 12 Mini, 13 Mini tidak terlalu sukses di pasaran.

Sekitar satu tahun setelah diperkenalkan, produk ini dihentikan produksinya, meninggalkan iPhone SE sebagai satu-satunya iPhone kecil dan murah dari Apple.

MagSafe Duo

Tidak mengherankan, pengisi daya MagSafe Duo dengan port Lightning-nya dihentikan di tengah-tengah perpindahan Apple ke USB-C. Dengan berpindah ke USB Type C, pengisi daya iPhone dengan port Lightning tidak masuk akal lagi bagi Apple.

Lightning AirPods Pro

Sama seperti MagSafe Duo, AirPods Pro pada awalnya berbasis Lightning dalam hal wadah pengisi dayanya. Sekarang Apple beralih dari standar Lightning, AirPods dengan konektor Lightning pun dihentikan. 

Paket Baterai MagSafe

Seperti saudaranya, pengisi daya MagSafe Duo, MagSafe Battery Pack adalah produk Apple berbasis Lightning lainnya, dan dengan perpindahan ke USB-C, Apple menghentikan produk baterai Magsafe tersebut. 

Seperti yang kamu lihat, banyak perubahan pada jajaran produk Apple yang bermuara pada USB-C. Untuk perubahan yang relatif tidak berbahaya dalam cara pengisian daya iPhone, perubahan ini memiliki sejumlah dampak signifikan pada beberapa produk. 

Ke depannya, kamu bisa berharap untuk melihat produk Apple yang dulunya hanya memiliki Lightning kini memiliki USB-C karena iPhone akhirnya menjadi perangkat dengan dukungan USB-C.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apple Mau Setop Produksi iPhone 13 Mini Setelah iPhone 15 Rilis

Sementara itu, dua tahun sejak peluncurannya, Apple dikabarkan berencana untuk menghentikan produksi iPhone 13 mini. Hal ini dilakukan seiring dengan rencana peluncuran iPhone 15 series pada 12 September 2023.

Informasi ini berdasarkan keterangan dari Mark Gurman dari Bloomberg. Sebagaimana dikutip dari XDA Developer, Selasa (12/9/2023), Gurman bilang saat ini stok iPhone 13 Mini terus berkurang.

Oleh karenanya, butuh waktu setidaknya dua hingga tiga minggu pengiriman unit bagi mereka yang memesan iPhone 13 Mini di toko online Apple di Amerika Serikat.

Ia berpendapat, minimnya stok ini bisa jadi mulai berakhirnya penjualan iPhone 13 Mini. Di mana, Apple akan menghentikan penjualan iPhone 13 Mini setelah iPhone 15 series diluncurkan.

Penjualan model iPhone 13 Mini memang tak begitu menggembirakan sejak dirilis dua tahun lalu. Hal ini bisa jadi alasan kuat bagi Apple untuk menghentikan model Mini.

3 dari 5 halaman

iPhone versi Mini Tak Begitu Laku

Sebelumnya, buruknya angka penjualan juga menjadi pemicu Apple menyetop produksi iPhone Mini setahun setelah resmi dirilis.

Karena penerimaan konsumen yang buruk terhadap iPhone versi Mini, Apple bahkan tidak merilis iPhone 14 Mini tahun lalu. Ke depan, mungkin Apple tak lagi merilis iPhone versi Mini, setidaknya sampai ada permintaan yang kuat untuk ponsel dengan layar lebih kecil.

Terlepas dari itu, dihentikannya iPhone 13 Mini membuat pengguna hanya memiliki opsi iPhone model SE sebagai satu-satunya pilihan iPhone dengan harga lebih terjangkau (entry level).

Namun, kemungkinan besar pengguna tidak akan mendapatkan iPhone layar 5,4 inci pada iPhone SE 4 mendatang. Pasalnya, rumor menyebut bahwa Apple menyiapkan layar 6,1 inci untuk iPhone SE mendatang.

4 dari 5 halaman

Prancis Minta Apple Setop Penjualan iPhone 12 Gara-Gara Level Radiasi Tinggi

Terlepas dari itu, Menteri digital Prancis memerintahkan Apple buat setop penjualan iPhone 12 di negara tersebut. Penyebabnya, tingkat radiasi yang dibawa iPhone 12 dianggap terlalu tinggi, melebihi ambang tingkat radiasi minimal yang dipersyaratkan. 

Mengutip Gizchina, Kamis (15/9/2023), Agensi untuk Makanan, Lingkungan dan Kesehatan serta Keselamatan Prancis (ANSES) mendapati bahwa iPhone 12 melampaui batas Spesific Absorption Rate (SAR), yakni 2 watt per kilogram. 

SAR adalah pengukuran jumlah energi radiofrekuensi yang diserap oleh tubuh saat menggunakan smartphone. 

Menurut pernyataan Jean-Noel Barrot dari ANSES ke sebuah koran Prancis Le Parisien, otoritas radiasi Prancis ANFR menginformasikan ke Apple mengenai keputusan untuk menghentikan penjualan iPhone 12 setelah melaksanakan tes. 

Hal ini karena hasil tes mengungkap bahwa perangkat iPhone 12 memiliki tingkat radiasi smartphone tinggi, melebihi SAR. Hukum negara itu pun mengatur tingkat radiasi yang bisa ditoleransi.

Dengan begitu, hukum Prancis melarang perangkat dengan level radiasi di atas batas SAR untuk terus beredar di pasaran. 

5 dari 5 halaman

Infografis: 1 Tahun Perang Rusia - Ukraina,

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.