Sukses

Google Photos Luncurkan Sinkronisasi Locked Folder Antar Perangkat

Google merilis fitur sinkronisasi Locked Folder ke beberapa perangkat yang terhubung dalam satu akun.

Liputan6.com, Jakarta - Google resmi meluncurkan fitur sinkronisasi Locked Folder (Folder Terkunci) Google Photos di seluruh perangkat yang terhubung ke satu akun. Dikutip dari 9to5Google, Minggu (17/9/2023) fitur ini kini telah tersedia secara luas.

Dengan kehadiran fitur ini, ketika pengguna membuka Google Photos, mereka akan melihat ada opsi "Cadangkan Folder Terkunci" di bagian atas layar. 

Jika tidak melihatnya, pengguna mungkin perlu memperbarui aplikasi atau menunggu hingga fitur tersebut hadir.

Sesuai namanya, fitur ini mampu menyimpan foto dan video secara tersembunyi, serta memastikannya tetap aman saat mengganti perangkat atau menghapus aplikasi.

Nantinya, pengguna akan memiliki dua pilihan, yakni "Aktifkan pencadangan" atau "Jangan cadangkan."

Kedua opsi itu akan membantu pengguna untuk mengatur apakah Folder Terkunci akan disinkronkan ke cloud atau tidak. Pengguna juga dapat menonaktifkan kemampuan sinkronisasi kapan saja jika.

Setelah mengaktifkannya, semua isi Folder Terkunci akan mulai diunggah ke cloud. Yang menarik, pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini per perangkat dengan akun Google yang sama. 

Pengguna juga dapat mengakses "Folder Terkunci" melalui situs photos.google.com. Opsi tersebut akan muncul di kolom samping tepat di atas "Sampah." 

Namun, untuk mengaksesnya, pengguna harus login terlebih dulu ke akun Google miliknya, dan melakukan verifikasi dua langkah atau 2FA. 

Kehadiran fitur ini disebut jadi langkah baik Google meningkatkan keamanan dan kontrol foto maupun video pribadi pengguna di Google Photos. Sebab, pengguna diberikan keleluasaan mengelola kemampuan Locked Folder. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Fitur Baru Google Photos, Mudahkan Kamu Berbagi Foto dengan Pasangan

Sebelumnya, Google dilaporkan sedang menguji coba sejumlah fitur Google Photos baru yang dapat mempermudah berbagi foto dan video dengan pasangan kamu, merapikan album foto, dan memastikan kamu tidak melewatkan acara penting.

Informasi ini diungkap oleh pakar aplikasi AssembleDebug seperti dikutip dari Forbes, Selasa (12/9/2023). Informasi mengenai fitur baru yang akan hadir di Google Photos itu pun sudah dipublikasikan di blog mereka sendiri.

Disebutkan, informasi ini terungkap lewat analisis kode di aplikasi Google Photos. Berdasarkan analisis, mereka menemukan potongan kode yang tidak aktif dan teks yang berkaitan dengan fitur yang belum dirilis, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Berbagi dengan Pasangan

Pintasan sharing baru sedang diuji coba. Shortcut ini nantinya dapat membuat kamu berbagi album foto dengan pasanganmu dalam satu ketukan, alih-alih harus menavigasi menu sharing/berbagi untuk memilih pasanganmu dari daftar kontak.

Setelah mengubah status salah satu kontak kamu untuk menjadi pasangan dari layar pengaturan awal, kamu akan dapat berbagi foto dan video secara langsung dengan orang tersebut menggunakan pintasan baru.

Menurut laporan tersebut, fitur baru dari layanan Google ini tidak mendukung penambahan lebih dari satu kontak ke pintasan sharing kamu.

Yang membingungkan, fungsi pintasan pasangan sama sekali berbeda dengan fitur "Partner Sharing" Google Photos, yang memungkinkan kamu untuk secara otomatis berbagi foto dan video dengan akun pasangan saat dicadangkan.

3 dari 4 halaman

Google Photos Bakal Punya Fitur Arsip Foto

Mengarsipkan Album Secara Otomatis

Fitur baru lainnya dari Google Photos ini memungkinkan kamu untuk memindahkan album secara otomatis ke arsip setelah jangka waktu tiga puluh hari.

Paul Monckton, penulis artikel ini, secara pribadi tidak yakin mengapa pengguna menginginkan fitur ini, tetapi Google jelas menganggap fitur ini cukup penting sehingga perlu diuji coba.

Arsip Foto Google adalah tempat menyimpan album, foto, dan video yang tidak ingin kamu tampilkan saat men-scroll library kamu. Fitur ini juga dapat memastikan foto-foto tersebut tidak muncul dalam film atau animasi yang dibuat secara otomatis.

Untuk keamanan yang lebih baik lagi, kamu dapat memindahkan konten ke locked folder/folder terkunci untuk mengunci foto-foto kamu dengan keamanan kode sandi. Baik arsip maupun folder terkunci sekarang dapat dicadangkan secara online.

4 dari 4 halaman

Google Photos Bakal Bisa Ingatkan Acara Penting

Integrasi Kalender

Selain dua fitur di atas, ada petunjuk lain di dalam kode yang mengisyaratkan fitur baru untuk membuat pengingat di Kalender Google kamu langsung dari Google Photos.

Kode tersebut dapat membuat acara kalender dengan pengaturan waktu, judul dan durasi yang dapat dikonfigurasi serta pesan permintaan izin yang berbunyi:

"Aplikasi Foto Google memerlukan akses ke kalender kamu agar kamu dapat membuat acara kalender, seperti mengatur pengingat. Pada layar berikut ini, ubah izin kalender kamu dari Jangan Izinkan menjadi Izinkan."

Sekali lagi, tidak jelas bagaimana Google akan menggunakan kode ini, mungkin ada integrasi antara fitur "Kenangan" Google Photos dan Kalender Google. Lalu, ada kemungkinkan Google menyertakan kemampuan memindai foto untuk janji temu dan undangan dan secara otomatis mengonversinya ke dalam acara kalender.

Sebagai contoh, kamu dapat mengambil foto surat undangan pesta dan membuat Kalender Google secara otomatis. Lalu, fitur ini bisa mengirimkan pengingat tepat waktu tanpa kamu harus memasukkan informasi secara manual.

Pengingat pengarsipan otomatis dan pengingat Google Photos ini kemungkinan besar akan muncul sebagai pengingat eksklusif untuk pelanggan Google One. Sebab, teks dalam kode aplikasi berbunyi, "Sebagai anggota Google One, kamu dapat membuka pengingat, pengarsipan otomatis, dan banyak lagi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.