Sukses

Cara Atur Kualitas Audio di YouTube Music Android dengan Equalizer

Google hadirkan fitur mengatur kualitas audio dan audio equalizer di YouTube Music Android

Liputan6.com, Jakarta - Youtube Music merupakan layanan streaming musik seperti Spotify yang dapat memainkan semua lagu favorit. Kamu tinggal memberi tahu lagu apa yang ingin didengar, dan aplikasi akan memainkan musik untuk kamu.

Menggunakan Youtube Music sama rasanya seperti memiliki DJ pribadi yang selalu memainkan lagu-lagu yang kamu sukai.

Kamu dapat mendengarkan musik di komputer, ponsel, atau tablet, dan kamu bahkan dapat menonton video musik jika mau. Dengan YouTube Music, kamu dapat menikmati semua lagu dan video musik favorit kapan pun.

YouTube Music gratis bisa jadi pilihan, namun akan terdapat beberapa iklan selayaknya aplikasi YouTube biasanya. Selain itu, pada awal kemunculannya, aplikasi ini juga dicibir karena kuualitas audionya yang jelek. Demikian menurut laporan Tech N Club, dikutip Rabu (27/9/2023).

Tapi setidaknya YouTube sekarang memungkinkan pengguna untuk mengatur kualitas audio mana yang akan didengarkan, sedangkan sebelumnya tidak terdapat pilihan seperti ini.

Belakangan, Google menjanjikan kehadiran alat untuk mengelola kualitas streaming audio dan unduhan untuk YouTube Music.

Alat tersebut kini sudah tersedia di YouTube Music untuk Android, mulai versi 2.49.57. Dan sejak versi 2.59, YouTube Music sekarang juga mendukung equalizer system.

Pada artikel ini, telah kami rangkumkan dari laman Tech N Club mengenai cara mengatur kualitas audio dan auido equalizer di YouTube Music Android.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mengelola Kualitas Audio YouTube Music di Android

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan dan mengelola kualitas audio di YouTube Music Android

  1. Gunakan YouTube Music versi 2.49.57.
  2. Buka "Pengaturan".
  3. Kemudian kamu dapat melihat opsi "Kualitas audio di jaringan seluler" dan "Kualitas audio di Wi-Fi" dan dengan memasukkan masing-masing.
  4. Kamu dapat memilih kualitas audio yang kamu sukai di antara empat opsi: Rendah, Normal, Tinggi, dan Selalu Tinggi.
  5. Perhatikan bahwa Google belum menentukan bitrate apa yang sesuai dengan setiap opsi, tetapi opsi tersebut secara praktis sama dengan Google PlayMusic, jadi nilai maksimumnya adalah 320kbps.

Dalam versi aplikasi yang sama, kamu juga dapat memilih kualitas audio saat ingin mengunduh sebuah musik. Opsinya masih sama yakni Rendah, Normal, dan Tinggi.

Terdapat juga pengaturan kualitas video yang memungkinkan kamu mengunduh hanya audio dari video tersebut untuk menghemat bandwith.

Ada juga fitur streaming melalui mode "WiFi saja" dan "Batasi Penggunaan Data Seluler" yang mirip aplikasi YouTube yang membatasi kamu dalam streaming tanpa WiFi, dan juga menonton video di bawah kualitas HD tanpa jaringan WiFi.

3 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Equalizer di YouTube Music

Berikut cara menggunakan audio equalizer.

  1. Gunakan YouTube Music versi 2.59 atau yang lebih baru.
  2. Klik "Pengaturan", di sini kamu dapat menemukan item "Equalizer" tepat di bawah item untuk mengelola kualitas audio.
  3. Memilih item ini akan membuka equalizer audio default perangkat, sehingga pengelolaannya sama dengan Google Play Music dan Spotify.

Untuk setiap perangkat, equalizer dapat menawarkan opsi yang berbeda, tetapi secara umum, ini memungkinkan kamu untuk memilih di antara preset yang berbeda untuk mengubah struktur suara sesuai selera kamu.

Sementara pada perangkat Samsung tertentu, menggunakan audio equalizer akan memiliki kemungkinan untuk mmengaktifkan Dolby Atmos.

4 dari 5 halaman

YouTube Music Hadirkan Samples

YouTube sebelumnya meluncurkan fitur baru buat aplikasi khusus musik mereka, YouTube Music, yang diberi nama Samples, untuk para penggunanya di seluruh dunia.

Dengan tab Samples, nantinya akan ada laman video berdurasi pendek, yang memudahkan mengantarkan pengguna ke musik baru.

Jika dilihat, tampilan tab Samples ini mirip dengan TikTok, serta apa yang telah dilakukan oleh Spotify dengan menghadirkan tampilan vertikal untuk sejumlah video musik singkat.

Menurut YouTube, mengutip siaran persnya, Kamis (17/8/2023), tab dipersonalisasi ini akan "menjelajahi kedalaman dan keluasan perpustakaan YouTube Music", sehingga akan selalui ada hal baru untuk didengar pengguna.

Pengguna pun bisa menikmati rilis terbaru dari artis pendatang baru, atau lagu dari album lama artis yang disukai menurut YouTube. 

5 dari 5 halaman

Infografis: Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.