Sukses

7 Trik dan Fitur Tersembunyi pada Microsoft Word, Bikin Watermark hingga Desain Estetik

Yuk, simak tujuh trik dan fitur tersembunyi pada Microsoft Word.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata dari Windows yang banyak digunakan. Namun, tidak dapat dipungkiri jika masih banyak pengguna yang belum mengetahui trik dan fitur-fitur ini. 

Dilansir PCWorld, Senin (11/9/2023), terdapat 7 trik dan fitur tersembunyi Microsoft Word yang bisa kamu coba.

1. Menemukan elemen, karakter khusus, dan format

Untuk mencari elemen, karakter khusus, dan format dengan praktis, kamu bisa menekan tombol Ctrl+F. Kemudian, di sebelah kiri layar, kamu akan melihat bilah, klik ikon kaca pembesar.

Dengan begitu akan muncul fungsi-fungsi Microsoft Word yang bisa kamu gunakan untuk membuat grafik, tabel, rumus, catatan kaki, dan kometar.

Di bawah Format, kamu bisa mencari font atau templat font, dan di bawah Special kamu bisa mencari tanda paragraf dan spasi.

2. Membuat tanda air (watermark)

Sebagai pemilik file Word, saat membagikan file tertentu kepada orang lain pasti kamu ingin memperjelas kalau file itu milik kamu. Tanda air adalah metode umum untuk memperjelas siapa pemilik hak cipta suatu dokumen.

Ini juga menjadi salah satu cara untuk mencegah penyalinan dokumen secara tidak bertanggung jawab.

Untuk membuat tanda air di Microsoft Word, kamu dapat menemukannya di tab Design. Pilih Watermark di paling kanan. Di sini menu tanda air menawarkan beberapa tanda air siap pakai, seperti "Rahasia" atau "Jangan disalin".

Jika kamu ingin menggunakan tanda air sendiri, klik Custom watermark dan tambahkan logo atau teks yang kamu inginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tersedia Templat dan Desain di Microsoft Word

3. Template dan desain: Integrated layout aids

Tidak hanya menyediakan dokumen kosong atau Blank Document, ternyata Microsoft Word menyediakan template jika kamu ingin membuat dokumen, seperti sertifikat, kop surat, brosur, CV, dan sebagainya.

Untuk menemukan template yang kamu inginkan, kamu bisa membuka menu File, kemudian pilih New. Di situ kamu dapat menemukan template dasar yang bisa kamu gunakan.

Cara kedua, kamu juga bisa menemukan fungsi yang sama pada Design di menu Themes. Microsoft mengkombinasikan fonts, warna, dan ukuran font.

4. Melindungi dokumen dengan kata sandi

Jika kamu ingin mengirimkan dokumen pribadi atau rahasia melalui email, kamu bisa melakukan perlindungan lebih dengan cara menyertakan kata sandi pada dokumen yang kamu kirimkan.

Untuk melindungi dokumen dengan kata sandi, langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut.

Buka File>Info>Protect dokumen>Encrypt with password, kemudian masukkan kata sandi dua kali dan simpan dokumen untuk mengaktifkan perlindungan. 

3 dari 4 halaman

Trik Pada Microsoft 365

5. Menyisipkan konten teks tanpa mengikutsertakan format

Biasanya, jika menyalin teks dari suatu sumber, format teks juga ikut tersalin. Sehingga saat ditempel ke dokumen pribadi akan membuat tata letak dan isi dokumen menjadi berantakan.

Sebenarnya, dengan menekan tombol Ctrl+Shift+V adalah solusinya. Namun, paket Microsoft Office tentu saja tidak dapat melakukan ini. 

Yang perlu dilakukan, pengguna cukup tempelkan teks ke dalam dokumen menggunakan Ctrl+V, kemudian dari menu tempel kecil yang muncul, pilih opsi ketiga untuk "hanya teks".

6. Membuat direktori otomatis

Dalam dokumen panjang dengan banyak elemen grafis, sebaiknya masukkan daftar ilustrasi otomatis. Daftar ilustrasi otomatis memerlukan dua langkah.

Pada langkah pertama, kamu memberi keterangan pada gambar. Untuk melakukannya, klik ilustrasi pertama, lalu buka item bilah menu Reference. Klik Insert Caption dan pada jendela dialog di bawah Option, atur apakah objek yang dipilih berupa gambar, persamaan, atau tabel.

Masukkan teks keterangan di bagian Caption  dan konfirmasi dengan klik OK.

4 dari 4 halaman

Memasukkan Daftar Ilustrasi Juga Memungkinkan

Pada langkah kedua, kamu bisa memasukkan daftar ilustrasi. Untuk melakukannya, klik tempat dokumen yang kamu inginkan untuk menampilkannya, kemudian klik Insert Table of Figure pada menu References di bagian Caption.

Di sini kamu dapat membedakan gambar, persamaan, dan tabel dibagian General. Dan dengan cara ini kamu juga dapat membuat direktori persamaan atau tabel.

Di bawah Format kamu bisa memilih beberapa desain untuk daftar gambar. Setelah selesai, klik OK.

7. Emoji

Trik yang satu ini untuk bersenang-senang saja. Jika kamu ingin menggunakan emoji tertentu pada tulisan kamu di Word, atau kamu ingin menambahkan ikon dan simbol, kamu bisa menemukannya di bawah Insert>Icons.

Dengan melakukan langkah ini, kamu bisa menemukan ratusan gambar kecil. Bahkan kamu juga bisa mencari emoji tertentu di kolom pencarian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.