Sukses

Mau Upgrade Windows 10 ke Windows 11? Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Instal di Desktop atau Laptop

Beberapa hal ini menjadi pertimbangan kamu untuk upgrade ke Windows 11.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak diluncurkan hampir dua tahun lalu, Windows 11 masih menjadi dilema bagi para pengguna perangkat desktop atau laptop. Masih banyak yang bertanya-tanya apakah Windows 11 memiliki performa yang lebih baik dari Windows 10.

Tidak hanya itu, banyak pengguna juga masih mempertanyakan apakah Microsoft telah memperbaiki masalah yang dialami Windows 11 saat diluncurkan.

Banyak yang membandingkan antara dua sistem Windows (Windows 10 dan Windows 11). Padahal dapat dikatakan, baik Windows 10 maupun Windows 11 merupakan sistem operasi yang solid.

Windows 10 yang sudah lebih dulu dirilis hampir satu dekade lalu nyatanya masih banyak digunakan di berbagai perangkat dan terus mengalami perbaikan sistem.

Berbagai fitur baru juga ditambahkan, sehingga versi Windows ini stabil dan tidak sering menerima pembaharuan besar. Hal ini berbeda dengan Windows 11 yang sering menghadirkan fitur-fitur baru.

Selain itu, Windows 11 memiliki tampilan yang lebih modern dan memiliki beberapa fitur yang tidak ditawarkan oleh Windows 10.

Namun, kamu tidak perlu buru-buru untuk meng-upgrade Windows 10 kamu. Dikutip dari Computer World, Kamis (31/8/2023), Microsoft akan terus mendukung Windows 10 dengan pembaruan keamanan hingga Oktober 2025.

Pada mulanya, saat peluncuran Windows 10, Microsoft menyatakan bahwa ini adalah versi terakhir Windows. Idenya adalah versi ini akan terus diperbarui dan Microsoft tidak akan meluncurkan peningkatan peningkatan versi baru yang besar lainnya. 

Namun, rupanya rencana itu berubah dengan diluncurkannya versi terbaru Windows.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbedaan Fitur-Fitur Pada Windows 10 dan Windows 11

Windows 11 memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki versi sebelumnya. Beberapa di antaranya, pada Windows 11 kamu bisa menjalankan aplikasi Android dan hadirnya menu Widget baru yang dapat diakses dari taskbar.

Tidak hanya itu, dengan adanya Snipping Tool modern kamu tidak hanya dapat mengambil tangkapan layar, tetapi juga bisa dengan mudah merekam video dekstop.

Namun, di sisi lain, ada pula fitur Windows 10 yang tidak disediakan pada Windows 11. Seperti fitur Timeline yang memungkinkan kamu untuk melacak riwayat aplikasi dan tugas dari perangkat yang kamu masuki dengan akun Microsoft yang sama.

Kelebihan lain dari versi terbaru Windows jika dibandingkan dengan versi sebelumnya adalah kemampuan Windows 11 yang bekerja lebih baik dengan banyak monitor. 

Bahkan Windows 11 memiliki tampilan berbeda, seperti pada bagian menu Start dan taskbar dengan aplikasi terpusat secara default (tetapi kamu bisa memindahkannya ke sebelah kiri jika ingin).

3 dari 4 halaman

Taskbar Menjadi Perkara di Windows 10

Taskbar menjadi salah satu permasalahan bagi pengguna Windows 11. Pasalnya, Microsoft telah menghapus beberapa fitur taskbar. Namun, sepertinya itu karena taskbar pada versi ini merupakan hasil pembuatan ulang.

Jadi, barangkali Microsoft memang belum menambahkan semua fitur lama ke versi yang sekarang. Terbukti, beberapa fitur yang sempat hilang kini telah dipulihkan.

Microsoft sedang berupaya memulihkan pengaturan "Never combine taskbar labels" yang akan membuat fungsi taskbar Windows 11 mirip dengan Windows XP.

Yang menjadi perbandingan selanjutnnya antara Windows 10 dengan Windows 11 adalah ketidakmungkinan bagi pengguna Windows 11 untuk menyesuaikan taskbar sesuka hati mereka. Hal ini berbanding terbalik dengan versi sebelumnya.

4 dari 4 halaman

Mana yang Lebih Baik? Apakah Sudah Saatnya Upgrade PC ke Windows 11?

Baik Windows 10 maupun Windows 11, keduanya sama-sama sistem operasi solid yang mendapatkan pembaruan keamanan. Beberapa perbandingan telah menunjukkan bahwa sistem operasi memiliki kinerja yang mirip satu sama lain.

Namun, sayangnya, ada beberapa fitur yang tersedia dan tidak tersedia pada masing-masing versi. Contohnya, seperti pada Windows 11 yang menyediakan fitur Windows Copilot AI, sedangkan pada Windows 10 tidak tersedia.

Selain itu, tidak semua PC Windows 10 memenuhi syarat untuk dapat di-upgrade ke Windows 11. Alasannya, pada Windows 11 terdapat beberapa persyaratan perangkat keras yang cukup ketat. Jadi ini menyebabkan beberapa perangkat model lama tidak dapat menjalankannya.

Lalu, untuk memastikan apakah perangkatmu mendukung versi terbaru dari Windows ini atau tidak bagaimana? Sangat mudah. Kamu bisa mengecekmya di pengaturan.

Kamu cukup buka aplikasi Pengaturan atau Setting dari menu Start, kemudian klik Update & Security. Dengan begitu kamu dapat melihat keterangan yang menyatakan perangkat kamu tidak dapat menjalankan Windows 11, atau terdapat perintah untuk mengunduh Windows 11.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.