Sukses

Coba 4 Fitur LinkedIn Ini Agar Profil Kamu Dilirik Banyak Orang

Kamu pengguna baru LinkedIn? Ini dia fitur yang bisa kamu coba buat mempercantik akun LinkedIn kamu.

Liputan6.com, Jakarta - LinkedIn merupakan platform yang telah banyak digunakan sebagai jaringan sosial sekarang ini. Tidak kalah ramai dengan media sosial seperti Instagram dan lainnya, para pengguna LinkedIn bahkan berlomba-lomba menampilkan yang terbaik di profil mereka.

Mulai dari riwayat pendidikan, pekerjaan, minat, kemampuan, dan pencapaian, semuanya dapat dicantumkan dalam platform ini. Bahkan bisa dibilang, platform ini menjadi wadah untuk self branding.

Platform ini juga menjadi ruang rekrutmen calon pekerja bertalenta atau sebaliknya, sebagai platform mencari peluang pekerjaan.

Dengan terhubung ke berbagai profil, kamu bisa menjaring banyak informasi kerja dan perusahaan tertentu yang sesuai dengan minat kamu.

Bagi kamu yang belum memiliki akun LinkedIn, kamu bisa mulai membuat akun dan menciptakan self branding terbaik kamu.

Nah, berikut ini kami rangkum beberapa fitur LinkedIn yang mungkin bisa membantu profil kamu dilirik lebih banyak orang.

1. Ekspor koneksimu

LinkedIn menawarkan pilihan untuk mengunduh data koneksi kamu, seperti nama; alamat email; dan rincian lainnya dalam bentuk file CSV atau VCF. 

Penawaran ini memungkinkan kamu dapat menyimpan cadangan koneksi atau mengimpor ke sistem manajemen kontak lainnya. Cara yang perlu kamu lakukan sangatlah mudah, 

Klik 'My Network' pada menu atas bagian menu navigasi. Kemudian klik 'Connections' dan klik 'Manage synced and imported Contact' di sebelah kanan atas.

Pilih 'Export contacts' di bawah 'Advanced Actions' di sebelah kanan. Selanjutnya, klik 'Download larger data archive' dan klik 'Request Archive'.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur-fitur LinkedIn yang Jarang Diketahui

2. Menyembunyikan koneksi

Kamu ingin menjaga privasi kamu? LinkedIn sangat mendukung dengan menyediakan fitur sembunyikan koneksi. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, pengguna lain di LinkedIn tidak dapat melihat koneksi kamu.

Tidak hanya itu, dengan fitur ini juga menjaga jaringan tetap pribadi dan dapat membatasi akses ke detail koneksi kamu. Adapun cara mengaktifkan fitur ini, yang perlu kamu lakukan adalah membuka 'Settings & Privasi' kemudian klik 'Visibility' di sebelah kiri.

Selanjutnya, kamu pilih 'Connections' dan pilih 'Change' untuk menyesuaikan pengaturan visabilitas sesuai preferensi kamu.

3. Penilaian keterampilan atau Skill Assessments

Fitur LinkedIn yang satu ini memungkinkan para penggunanya untuk menunjukkan keahlian mereka dan keterampilan tertentu, dengan mengikuti penilaian atau survei singkat yang disediakan.

Penilaian ini sengaja dirancang untuk memvalidasi pengetahuan dan keterampilan kamu di berbagai bidang. Kemudian Linkedin akan menampilkannya di profil kamu.

4. Menyimpan pencarian atau Save Your Search

Fitur ini memungkinkan kamu untuk dapat menyimpan pencarian kamu dengan kriteria pencarian dan filter yang jelas. Sehingga, kamu akan dengan mudah mengakses dan melihat ulang apa yang telah kamu cari sebelumnya.

Langkah yang perlu kamu lakukan untuk menemukan fitur ini sangat mudah. Kamu hanya perlu klik tombol 'Create search alert' dan pilih opsi 'Get notified', kemudian klik 'Save'.

3 dari 4 halaman

LinkedIn Memberi Lencana Terverifikasi Gratis

Berbeda dengan platform media sosial lain yang memerlukan biaya langganan untuk lencana verifikasi, LinkedIn akan memberikan lencana tersebut kepada pengguna secara gratis. 

Syaratnya, perusahaan hanya perlu menggunakan alamat email kantor dan Microsoft Entra. Untuk mengonfirmasi identitas dan data pengguna, LinkedIn telah bermitra dengan CLEAR.

Pengguna yang telah mendapatkan verifikasi, pada profil mereka akan muncul lencana biru dan hijau. Verifikasi didasarkan pada identitas terdesentralisasi dan model kepercayaan antara penerbit, pemegang, dan verifikator.

Perusahaan juga dapat menerbitkan ID digital yang ditandatangani secara kriptografis kepada karyawan untuk verifikasi.

Dilansir dari Tribune, Kamis (24/8/2023), Alex Weinert, wakil presiden keamanan identitas Microsoft mengatakan bahwa keaslian onlie menjadi sangat penting.

4 dari 4 halaman

Fitur LinkedIn Memungkinkan Pengguna Mengatur Jadwal Postingan

Sebagai platform media sosial profesional, LinkedIn kini mendukung para penggunanya untuk mengatur jadwal postingan. Dilansir dari media yang sama, konsultan media sosial, Matt Navarra, mengonfirmasi hal tersebut setelah melihat fitur pasca-penjadwalan di dalam aplikasi Android dan situs LinkedIn.

Fitur penjadwalan ini memungkinkan para pengguna untuk memilih tanggal dan jam tertentu untuk mengunggah postingan mereka. Dengan adanya fitur ini, tentu saja para pengguna sangat menyambut hangat.

Bahkan kini LinkedIn telah memperkenalkan fitur baru yang disebut dengan artikel kolabiratif. Fitur baru ini didukung oleh dan dikembangkan oleh tim editorial platform.

Artikel-artikel tersebut nantinya akan berupa topik pengetahuan dan diterbitkan oleh LinkedIn dengan wawasan serta perspektif yang disumbangkan oleh komunitas LinkedIn.

Dengan menggunakan grafik keahliannya, LinkedIn akan mencocokkan setiap artikel dengan pakar anggota yang relevan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini