Sukses

27 Tahun Mengabdi, Charles Martinet Mundur Sebagai Pengisi Suara Mario di Video Game Nintendo

Setelah berperan selama 27 tahun, pengisi suara Mario dalam video game Nintendo, Charles Martinet, mengundurkan diri.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah 27 tahun menjadi pengisi suara dalam video game Nintendo, Charles Martinet akhirnya mengundurkan diri. Mengutip News Sky, Selasa (22/8/2023), Nintendo mengumumkan bahwa Charles akan mengambil peran baru sebagai "Duta Mario".

Sebelumnya, pada 2019, pengisi suara super Mario sekaligus aktor asal Amerika tersebut telah memenangkan The Guinness World Record sebagai pengisi suara video game terbanyak dengan karakter yang sama, yakni sebanyak 104 suara pada saat itu.

Tidak hanya mengisi suara Super Mario, Charles Martinet juga menjadi pengisi suara untuk tokoh saudara kembar Mario, Luigi, dan musuh bebuyutan mereka, Wario.

Charles Martinet telah berperan selama 27, yakni sejak Super Mario 64, pada tahun 1996. Kini, di usianya yang telah menginjak 67 tahun, ia memutuskan untuk mengistirahatkan diri.

Sampai saat ini belum diketahui siapa yang akan menggantikan Charles Martinet dalam mengisi suara Super Mario Bros. Dikabarkan, wonder-game berikutnya akan dirilis pada bulan Oktober.

Nintendo merasa begitu berterima kasih kepada Charles yang telah menghidupkan Mario selama bertahun-tahun. 

"Merupakan suatu kehormatan bekerja dengan Charles untuk membantu menghidupkan Mario selama bertahun-tahun dan kami ingin berterima kasih dan merayakannya," ungkapnya.

Dalam cuitannya di Twitter, Charles Martinet juga menuliskan betapa bangganya atas apa yang telah dilakukannya selama ini.

"Pertualangan baruku dimulai! Kalian semua adalah nomor satu di hatiku!" tulisnya, dengan ditambah tagar #woohoo sebagai slogan khas Mario.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Sosok Charles Martinet

Charles Martinet merupakan aktor, penulis, sekaligus pengisi suara dalam video game Nintendo. Pria berkebangsaan Amerika Serikat ini lahir pada 17 September 1955 di San Jose, California, Amerika Serikat, dengan nama asli Charles Andre Martinet.

Sebagai pengisi suara yang sangat dapat diandalkan, Charles telah mengisi suara berbagai karakter dalam Nintendo, mulai dari Mario, Luigi, Wario, Waluigi, Toadsworth, Baby Mario, Baby Luigi.

Charles telah mengisi suara pada seri Super Mario 64, Super Mario Sunshine, Super Mario Galaxy 1 dan 2, Super Mario 3D World, Luigi's Mansion Series, Super Mario Odyssey, dan seri Mario Kart.

Tidak hanya mengisi suara pada video game, dia juga menjadi pengisi suara Announcer, Refeere, Boxers in Super Punch Out pada tahun 1994.

Kemudian satu tahun setelahnya, dia berkesempatan untuk mengisi suara Space Quest 6: The Spinal Frontier sebagai Paconshohocken, Ray Trace, dan Pi Tooie.

3 dari 4 halaman

Sempat Bekerja Sampingan dan Menjadi Cameo di Film-Film Terkenal

Sebelum bergabung dalam Super Mario 64, Charles Martinet sempat bekerja sampingan di perusahaan Sierra-Online sebagai pengisi suara dalam Stooge Fighter 3 Mini Game.

Pekerjaan tersebut berlangsung pada tahun 1995, sebelum akhirnya dia mendapatkan pekerjaan dari Nintendo pada Super Mario 64. Tokoh yang dia perankan dalam Stooge Fighter 3 Mini Game, di antaranya Coliey Joe, Big Moe, dan Lar Man.

Tidak hanya mengisi suara pada video game, Charles juga beberapa kali mengambil peran dalam film-film terkenal. Pada tahun 1989, dia menjadi cameo dalam film Matlock episode "The Captain".

Charles juga sempat bermain peran di film The Dead Pool pada tahun 1988, Nine Months pada tahun 1995, dan The Game pada tahun 1997.

Di tahun 1997, charles juga mendapatkan projek untuk mengisi suara karakter Anastasia dan juga film animasi non Disney Beauty and the Beast oleh Enchanted Tales.

4 dari 4 halaman

Game Super Mario Bros. Wonder Akan Segera Rilis

Pengembangan game populer Super Mario Bros tengah menjadi pembahasan setelah Nintendo merilis trailer untuk seri game 2D Super Mario terbaru bernama 'Super Mario Bros. Wonder'.

Game terbaru ini akan dirilis pada 20 Oktober 2023 mendatang dan sudah bisa di-pre-order mulai sekarang.

Pada versi game terbaru ini ada beberapa hal baru yang membuat permainannya menjadi lebih menarik. Mulai dari munculnya Elephant Power Up, bunga yang berbicara, dan Princess Daisy yang bisa dimainkan hingga multipemain lokal.

Melalui trailer yang dirilis, terlihat beberapa fitur menarik menjadikan game ini seru untuk dimainkan. Misalnya, bisa bermain dengan empat orang dan saling membantu dalam misi yang ada dalam game tersebut.

Kemudian adanya cacing-cacing menggeliat yang bisa membantu Mario dalam mengambil koin-koin yang ada. Hingga Mario yang bisa berubah menjadi seekor gajah dengan bantuan Elephant Power Up.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini