Sukses

Anti Ribet, Begini Cara Terjemahkan Email di Aplikasi Gmail

Pelajari langkah-langkah mudah untuk menerjemahkan email di aplikasi Gmail agar kamu dapat dengan cepat memahami isi pesan dalam lebih dari 100 bahasa.

Liputan6.com, Jakarta - Kini, aplikasi mobile Gmail dilengkapi dengan fitur terjemahan bawaan yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan email ke lebih dari 100 bahasa langsung dari dalam aplikasi dengan mudah.

Sebelumnya, fitur ini hanya dapat digunakan pada versi web Gmail. Fitur baru ini kini hadir pada perangkat Android dan iOS.

Google menyatakan dalam sebuah postingan blog, "Selama bertahun-tahun, pengguna kami telah dengan mudah menerjemahkan email di Gmail versi web ke lebih dari 100 bahasa. Mulai hari ini, dengan bangga kami mengumumkan integrasi terjemahan native di dalam aplikasi mobile Gmail yang memungkinkan kamu berkomunikasi dengan lancar dalam berbagai bahasa."

Fitur ini ditujukan untuk membantu pengguna. Ini sangat berguna jika kamu menerima email dalam bahasa yang tidak kamu mengerti, atau jika kamu ingin membaca email dalam bahasa aslinya namun tidak mengenal bahasa tersebut.

Cara Menerjemahkan Email di Aplikasi Gmail

  1. Buka aplikasi Gmail dan buka yang ingin kamu terjemahkan.
  2. Ketuk tiga titik di pojok kanan atas email. Pilih "Terjemahkan".
  3. Pilih bahasa yang ingin kamu terjemahkan emailnya.
  4. Email akan diterjemahkan dan ditampilkan dalam bahasa yang baru.
  5. Jika kamu menutup opsi terjemahan, opsi tersebut akan muncul kembali ketika aplikasi mendeteksi bahwa konten email berbeda dari bahasa yang kamu tetapkan.
  6. Kamu juga dapat mematikan spanduk Terjemahan. Untuk mematikan spanduk Terjemahan untuk bahasa tertentu, cukup terima peringatan "Jangan terjemahkan [bahasa] lagi" yang muncul saat kamu menutup spanduk.

Terdapat beberapa hal tambahan yang perlu diingat saat menggunakan fitur terjemahan Gmail yang baru.

  • Fungsionalitas terjemahan saat ini masih dalam fase beta, artinya mungkin ada kesalahan sesekali dalam konten yang diterjemahkan.
  • Ingatlah bahwa terjemahan mungkin tidak sepenuhnya akurat, terutama untuk dokumen teknis atau hukum yang membutuhkan pemahaman linguistik yang tepat.
  • Fitur ini hanya memungkinkan kamu menerjemahkan satu email pada satu waktu. Jika kamu memiliki beberapa email dalam bahasa asing, kamu perlu menerjemahkannya secara individual.
  • Fitur ini akan tersedia secara bertahap bagi pengguna. Jika kamu belum melihat fitur ini di aplikasi Gmail kamu, perbarui aplikasi atau tunggu beberapa minggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengatur dan Menghapus File di Gmail

Cara hapus email lawas di Gmail versi desktop 

  1. Masuk ke akun Gmail kamu.
  2. Ketik "has:attachment larger:10MB", misalnya, pada kolom pencarian dan tekan "Cari". Ini akan menampilkan semua email yang memiliki lampiran lebih besar dari 10MB, dari yang terbesar hingga terkecil. kamu dapat menggunakan format ini untuk memfilter berdasarkan file ukuran lain, bukan hanya file berukuran 10MB.
  3. Centang kotak di sebelah kiri setiap email yang ingin kamu hapus, lalu klik ikon "Sampah" di sudut kanan atas layar.
  4. Klik Sampah di sisi kiri layar untuk membuka menu "Sampah". Jika kamu tidak melihat "Sampah", klik Lainnya dan Sampah seharusnya ada di menu yang diperluas.
  5. Setelah berada di Sampah, klik Kosongkan sampah sekarang di bagian atas layar.

Cara hapus email lawas di aplikasi Gmail pada smartphone

  1. Buka aplikasi Gmail dan masuk ke akun kamu.
  2. Ketik "has:attachment larger:10MB" pada kolom pencarian dan tekan "Cari". Ini akan menampilkan semua email yang memiliki lampiran berukuran lebih besar dari 10MB, dari yang terbesar hingga terkecil. kamu juga dapat menggunakan format ini untuk memfilter berdasarkan ukuran file lainnya, bukan hanya file 10MB.
  3. Ketuk email yang ingin kamu hapus.
  4. Klik ikon tempat sampah di sudut kanan atas layar kamu.
  5. Klik < di sudut kiri atas layar kamu.
  6. Ketuk ikon hamburger di sudut kiri atas layar di samping Cari di email.
  7. Ketuk "Sampah".
  8. Ketuk Kosongkan sampah sekarang.
  9. Perhatikan bahwa setelah file masuk ke Sampah, file tersebut akan dihapus secara otomatis setelah 30 hari.
3 dari 5 halaman

Cara Mengosongkan Folder Spam Gmail

Cara mengosongkan folder spam di Gmail versi desktop

  1. Masuk ke akun Gmail kamu.
  2. Setelah kamu masuk, klik Spam di sisi kiri layar. Jika kamu tidak melihat "Spam", klik "Lainnya" dan "Spam" seharusnya ada di menu yang diperluas.
  3. Di folder "Spam", klik Hapus semua pesan spam sekarang.

Cara mengosongkan folder spam lewat aplikasi Gmail

  1. Buka aplikasi Gmail dan masuk ke akun kamu.
  2. Klik ikon hamburger di sudut kiri atas layar di samping Cari di email.Klik "Spam".
  3. Klik Hapus semua pesan spam sekarang atau Kosongkan spam sekarang.
  4. Selain Drive dan Gmail, kamu juga dapat mengosongkan Google Photos yang kadang menimbun foto-foto tidak penting.
  5. Namun, tidak ada opsi untuk mengatur foto dan video kamu dari yang terbesar hingga terkecil seperti di Google Drive dan Gmail, jadi kamu harus menghapusnya secara manual.
4 dari 5 halaman

Google Rilis Fitur Help Me Write di Gmail, Pengguna Bisa Tulis Email Lebih Cepat dan Efisien dengan Bantuan AI

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) memang belakangan ini sedang menjadi topik hangat, dalam pengembangan teknologi sejumlah perusahaan besar di masa mendatang.

Salah satu perusahaan yang menaruh perhatian besar dengan teknologi AI ini adalah Google. Ini terbukti ketika raksasa mesin pencari itu menggelar Google I/O 2023 awal bulan Mei kemarin.

Dalam acara tahunan tersebut, Google mengumumkan akan menambahkan fitur berbasis AI ke berbagai lini produk mereka. Salah satu produk itu adalah Gmail.

Pada layanan email dengan 1,8 miliar pengguna aktif, Google menambahkan fitur AI generatif bernama Help Me Write. Pengguna Gmail pun dapat dengan mudah menggunakan fitur AI ini.

Mengutip Business Today, Senin (5/6/2023), pengguna hanya perlu mengetikkan kalimat atau kata di email dan mengeklik tombol "Help Me Write".

Ketika diklik, nantinya AI generatif buatan Google akan menghasilkan draf email yang dapat diedit dan diselesaikan oleh pengguna Gmail.

Google mengklaim, fitur Help Me Write ini dapat dipakau untuk berbagai tugas email, seperti mengirimkan ucapan terima kasih singkat, menjadwalkan rapat, atau menindaklanjuti email lawan bicara.

Tak hanya itu, fitur Help Me Write ini juga dapat dipakai bila, seperti mengirim lamaran pekerjaan dan masih banyak lainnya.

Sayangnya, fitur AI di Gmail ini masih belum dirilis ke seluruh pengguna secara global. Sejak diumumkan oleh CEO Google, Sundar Pichai, di Google I/O 2023 "Help Me Write" ini masih hanya untuk pengguna terbatas dan baru di Amerika Serikat.

Pichai sendiri menyebutkan, fitur Help Me Write ini bakal segera meluncur secara global bagi pengguna Google Workspace. Namun, dia tidak menyebutkan secara pasti kapan fitur tersebut dirilis.

5 dari 5 halaman

Infografis Email Hijacking (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.