Sukses

3 iPhone Ini Tak Bisa Update iOS 17, Nilai Jualnya Bakal Turun Sampai 50 Persen

Sejumlah perangkat iPhone versi lawas dikabarkan tidak akan mendapatkan pembaruan iOS 17 dari Apple. Kalau mau jual HP lama kamu, ini hal yang perlu diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar buruk bagi para pengguna iPhone lawas, pasalnya sejumlah perangkat iPhone model lama dikabarkan tidak akan mendapatkan update software terbaru Apple.

Hal ini berkaitan dengan dirilisnya pembaharuan iOS 17, di mana sejumlah iPhone tak bakal lagi mendapatkan update iOS 17. Di antara perangkat yang mendapatkan update iOS 17, model iPhone populer yang masih banyak dipakai pengguna tak akan bisa diperbarui sistem operasinya. 

Adapun model iPhone yang tak akan bisa di-update ke iOS 17 iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, dan beberapa model iPhone SE. Perangkat-perangkat ini tidak dapat memperbarui ke iOS 17 dan hal ini berpengaruh pada nilai jualnya.

Bahkan, dilansir Mirror.co.uk, Sabtu (19/8/2023), sejak bulan Juni lalu nilai tukar tambah dari smartphone ini diperkirakan akan turun hingga 50 persen pada saat iOS 17 dirilis.

iPhone X yang pada saat dirilis dibandrol dengan harga £999 dan nilai jualnya £200 atau £300 pada tahun lalu, kini hanya bernilai £120 di situs penjualan populer, seperti Music Magpie atau situs resmi milik Apple.

Berkaitan dengan tidak adanya update software terbaru, ini berarti baik iPhone 8 maupun iPhone X tidak akan mendapatkan update patch keamanan pula.

Tidak dapat update software terbaru bisa menimbulkan risiko bagi pengguna perangkat. Salah satu risikonya adalah  data pemilik akan dengan lebih mudah diretas. Inilah yang perlu diwaspadai oleh para pengguna iPhone 8 ataupun iPhone X.

Namun, sebelum itu terjadi, kalian bisa segera mengambil langkah menjual perangkat lama kalian sebelum harga benar-benar turun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Juali iPhone

1. Lakukan survei dan bandingkan nilai tukar tambah di berbagai situs

Dengan melakukan survei harga jual di berbagai situs, kalian bisa mendapati harga-harga yang berbeda. Perbedaan harga ini bisa digunakan untuk membandingkan harga perangkat, sebelum memutuskan menjualnya. 

Salah satu situs untuk membandingkan harga yang dapat kalian coba adalah CompareMyMobile. Situs ini akan menunjukkan berbagai variasi harga untuk perangkat yang kalian tawarkan.

Sehingga kalian akan mendapatkan pembayaran yang terbaik.

2. Hapus semua data pribadi kalian, pastikan tidak ada yang tertinggal

Satu hal yang perlu diingat adalah, sebelum memutuskan untuk menjual iPhone lawas kalian, pastikan sudah tidak ada data pribadi yang tertinggal di dalamnya.

Data pribadi yang dimaksud mulai dari akun email, media sosial, pesan-pesan pribadi, foto, dan data-data penting lainnya. Pastikan perangkat kalian sudah dikembalikan ke pengaturan awal.

3 dari 4 halaman

3. Jangan lupa rawat perangkat dengan baik

Tampilan perangkat yang masih baik pastinya akan lebih menarik bagi pembeli, kan? Hal ini juga perlu menjadi perhatian apabila kalian ingin menjual iPhone lawas kalian. 

Pastikan sebelum menjualnya, kondisi iPhone kalian dalam keadaan baik. Paling tidak secara look-nya masih mulus dan tidak ada lecet pada bagian layarnya.

Perangkat yang sudah tidak terlihat baik akan mendapat harga yang rendah atau bahkan tidak akan dilirik sekali pun. Jadi pastikan untuk merawat perangkat kalian dengan baik.

4 dari 4 halaman

Tentang Fitur Baru iOS 17 di Bidang Keyboard

Belum lama ini Apple menggulirkan update iOS 17 Beta 4 untuk para pengembang. Lewat update iOS 17 versi Beta ini, Apple memperkenalkan sejumlah fitur dan peningkatan kemampuan yang membuat pengalaman memakai iPhone jadi lebih baik dan intuitif.

Berikut adalah sederetan update fitur dan peningkatan di keyboard iPhone yang dihadirkan melalui iOS 17.

1. Autocorrect

Teknologi machine learning yang dipakai Apple untuk fitur autocorrect keyboard ditingkatkan pada iOS 17. Apple mengatakan, pihaknya mengadopsi sebuah model bahasa bernama "transformer language model" yang akan meningkatkan personalisasi autocorrect jadi lebih baik bagi tiap pengguna.

2. Perbaikan Autocorrect

Mengaktifkan fitur autocorrect pada keyboard tentu memungkinkan adanya perubahan kata yang disarankan oleh si keyboard. Nah, kini di iOS 17, saat autocorrect mengubah sebuah kata, ada garis biru di bawah kata yang sudah dibetulkan. Garis biru ini bisa diketuk.

3. Kata yang Langsung Diisi (Autofill)

Beberapa saran kata kini muncul sejalan saat pengguna mengetik. Pengguna bisa mengetuk bilah spasi untuk menyisipkannya. Misalnya, jika kamu mulai mengetik "didn't", iPhone akan menawarkan huruf t sebagai opsi isi otomatis setelah kamu mengetik 'didn'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.