Sukses

WhatsApp Luncurkan Fitur Pesan Video, Pengguna Kini Bisa Berkirim Video Singkat

WhatsApp resmi mengumumkan kehadiran fitur pesan video yang sudah hadir untuk ke seluruh pengguna dalam beberapa minggu ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp mengumumkan kehadiran fitur baru berupa pesan video instan. Lewat fitur ini, pengguna bisa mengirimkan pesan video singkat dan membagikannya langsung ke orang lain.

Secara garis besar, fitur ini mirip dengan pesan suara atau voice note yang sudah lebih dulu hadir di WhatsApp. Bedanya, pesan yang dikirimkan kini bisa berupa video pendek.

"Menurut kami, ini akan menjadi cara yang menyenangkan untuk berbagi momen dengan semua emosi yang muncul dari video, untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang, menertawakan lelucon, atau membawa kabar baik," tutur WhatsApp dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (29/7/2023).

Adapun durasi pesan video yang bisa direkam pengguna mencapai 60 detik. Cara mengirimkannya pun tidak berbeda dari voice note yang sudah biasa digunakan oleh para pengguna aplikasi WhatsApp.

"Cukup ketuk untuk beralih ke mode video, lalu tahan untuk merekam video," tulis aplikasi chatting milik Meta tersebut. Pengguna juga bisa mengusap opsi kirim ke atas untuk mengunci dan merekam video secara otomatis.

Nantinya, video akan secara otomatis diputar tanpa suara ketika dibuka dalam chat. Karenanya, pengguna perlu mengetuk video terlebih dulu untuk memutar suara dalam pesan video.

WhatsApp pun memastikan fitur ini dilindungi dengan enkripsi end-to-end untuk menjamin keamanannya. Fitur ini sudah mulai diluncurkan dan akan tersedia dalam beberapa minggu ke depan untuk seluruh pengguna aplikasi chatting tersebut.

Untuk diketahui, fitur ini sebenarnya sudah diketahui kehadirannya pada bulan lalu. Berdasarkan informasi yang dikutip dari Android Police, fitur ini sudah muncul di WhatsApp Beta untuk Android versi 2.23.8.19, serta di iOS pada versi 23.6.0.73.

Fitur ini bisa diakses lewat ikon mikrofon yang ada di sebelah kolom untuk berkirim pesan. Pengguna tinggal mengkliknya untuk mengubah ikon mikrofon menjadi kamera, dan pengguna tinggal menahan tombol tersebut untuk merekam video.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aplikasi WhatsApp Khusus Smartwatch Wear OS Meluncur, Balas Pesan Tak Perlu Buka HP

Di sisi lain, WhatsApp juga telah mengumumkan peluncurkan aplikasi khusus smartwatch pertama mereka, yang akan tersedia lebih dulu untuk perangkat-perangkat yang menggunakan Wear OS.

Pengumuman ini disampaikan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg pada Rabu waktu setempat, usai aplikasi tersebut melewati proses pengujian beta, dan banyak dinanti. 

"Sekarang kamu bisa menggunakan WhatsApp dari pergelangan tangan dengan aplikasi WhatsApp for WearOS," tulis Zuckberg melalui kanal broadcast-nya.

"Diluncurkan mulai hari ini (19/7), kini Anda dapat memulai percakapan baru, membalas pesan, dan menerima panggilan — semua dari pergelangan tangan Anda," bunyi pengumuman lanjutan diterima Tekno Liputan6.com.

Rilis secara global, aplikasi ini akan hadir di smartwatch yang sudah menjalankan Wear OS 3.

Dengan aplikasi WhatsApp khusus smartwatch ini, pengguna tidak perlu lagi membawa ponsel untuk tetap terhubung, dan dapat menanggapi teman dan keluarga menggunakan suara, emoji, balasan cepat, atau teks.

3 dari 4 halaman

Kehadiran Aplikasi Ini Sudah Diungkap Sejak Google I/O 2023

Mengutip Tech Crunch, Google telah mengumumkan aplikasi WhatsApp untuk Wear OS pada acara I/O untuk pengembang pada bulan Mei lalu. Aplikasi ini dirilis awal dala versi beta, dan ditunggu-tunggu perilisannya untuk versi publik.

Selama keynote I/O, Google juga meluncurkan aplikasi Wear OS yang baru dan lebih baik dari perusahaan pihak ketiga, termasuk Spotify dan Peloton

Mereka juga mengumumkan pembaruan untuk aplikasinya sendiri, seperti Google Home, Gmail, dan Kalender, untuk menghadirkan pengalaman yang baru ke perangkat jam tangan pintar berbasis Wear OS. 

4 dari 4 halaman

Pengguna watchOS Masih Harus Bersabar

Sejauh ini, pengguna Apple Watch dengan watchOS tampaknya masih harus bersabar untuk aplikasi WhatsApp mandiri, mengingat Meta belum meluncurkan aplikasi versi mandiri di perangkat-perangkat dengan sistem operasi tersebut.

Untuk itu, pengguna Apple Watch masih mendapatkan fungsi yang terbatas, seperti absennya opsi bawaan untuk mengirim pesan atau melakukan panggilan WhatsApp dengan smartwatch.

Meski begitu, Apple memungkinkan pengguna untuk melihat pesan masuk dan menanggapinya melalui layar Apple Watch Anda, jika Anda telah mengaktifkan pengaturan notifikasi yang sesuai dari iPhone.

(Dam/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.