Sukses

Wow! iPhone 4GB Generasi Pertama Terjual Rp 2,8 Miliar di Lelang Online

Sebuah iPhone 4GB generasi pertama yang dilelang di situs LCG Auctions berhasil terjual dengan harga Rp 2,8 miliar, lebih tinggi dari model 8GB. iPhone 4GB ini dianggap sebagai barang langka dan bersejarah oleh para kolektor.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, sebuah iPhone 4GG lawas generasi pertama yang dirilis Apple pada tahun 2007 terjual dengan harga fantastis di angka USD 190,372 atau sekitar Rp 2.853.305.054.

iPhone 4GB generasi pertama ini diumumkan oleh Steve Jobs dalam salah satu sesi keynote di Macworld 2007, dan dijual seharga USD 500 (4GB) dan USD 600 (8GB).

16 tahun berselang ke 2023, ternyata ponsel pertama buatan Apple dan dianggap 'Holy Grail' para kolektor ini sukses dijual dengan harga 400 kali lipat dari harga normalnya.

Lewat ajang lelang, iPhone 4GB generasi pertama ini menarik 28 penawar setelah muncul di situs milik LCG Auctions beberapa minggu lalu.

Saat diunggah pertama kali di situs lelang tersebut pada 30 Juni 2023, harga iPhone 4GB lawas ini diperkirakan akan terjual dikisaran USD 50.000-USD 100.000.

Sempat dibuka mulai dari harga USD 10.000, penawaran untuk iPhone lawas milik Apple ini berjalan lambat hingga mencapai di angka USD 42.000 kemarin.

Tanpa diketahui sebabnya, tiba-tiba perang tawar-menawar pun terjadi dengan cepat dengan angkat terakhir di USD 190.372, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Selasa (18/7/2023).

Menariknya, harga iPhone 4GB generasi pertama ini lebih tinggi ketimbang model 8GB terjual seharga USD 39.339.

LCG Auctions menjelaskan, alasan kenapa model 4GB ini lebih mahal karena dianggap "Holy Grail" di kalangan kolektor iPhone terkait kelangkaannya.

Diketahui, Apple hanya memproduksi iPhone 4GB lawas ini dalam jumlah terbatas dan hanya tersedia sangat sedikit di pasaran dengan kondisi saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga iPhone 15 Pro yang Rilis Tahun Ini Bakal Lebih Mahal

Kamera iPhone 14 Pro dalam Video

Di sisi lain, bocoran mengenai iPhone 15 yang dijadwalkan rilis tahun ini kembali muncul. Kali ini, bocoran membahas soal harga iPhone 15 Pro yang disebut akan lebih mahal dari pendahulunya.

Informasi ini diungkap oleh Jeff Pu dari Haitong International Tech Research. Dikutip dari Apple Insider, Selasa (12/7/2023), Jeff menuturkan ada kemungkinan harga iPhone 15 Pro akan lebih mahal dari pendahulunya.

Hal ini didasarkan pada kehadiran fitur baru yang dibenamkan Apple untuk varian Pro. Kendati demikian, fitur tersebut tidak seluruhnya hadir di perangkat iPhone 15 Pro, hanya varian dengan ukuran layar yang lebih besar.

Dari rumor yang beredar, iPhone 15 Pro Max memang disebut akan memiliki baterai lebih besar dan akan didukung lensa periskop. Kehadiran lensa itu membuat iPhone baru ini akan memiliki zoom optik lebih besar dari model yang lama.

Lalu rumor lain juga menyebut, Apple akan menggunakan sensor baru untuk kamera lini iPhone 15. Kabarnya, sensor itu bisa meningkatkan kemampuan kamera iPhone 15 di kondisi minim cahaya, sekaligus kualitas gambar yang lebih baik.

Kendati demikian, Jeff tidak merinci jumlah kenaikan harga yang dimaksud. Hanya ia memperkirakan, varian Pro ini akan lebih populer ketimbang iPhone 15 di awal peluncurannya.

Prediksi ini cukup beralasan, karena memang permintaan untuk iPhone versi Pro selalu tinggi dalam lima bulan pertama setelah rilis. Baru kemudian, permintaan akan lebih seimbang antara varian Pro dan standar setelah satu tahun.

3 dari 4 halaman

Bocoran iPhone 15 yang Rilis Tahun Ini, Semua Model Kini Punya Dynamic Island

<p>iPhone 15 Pro (Source Macrumors) </p>

Jadwal peluncuran iPhone 15 terbaru memang masih beberapa bulan lagi. Seperti diketahui, Apple selalu memperkenalkan iPhone generasi terbaru pada September tiap tahunnya.

Kendati demikian, bukan berarti tidak ada bocoran mengenai smartphone terbaru besutan Apple ini. Mengutip informasi dari MacRumor, Jumat (30/6/2023), ada beberapa bocoran yang sudah diketahui mengenai iPhone generasi terbaru ini.

Salah satunya adalah ukuran iPhone 15 masih akan sama seperti pendahulunya. Dengan kata lain, Apple akan menawarkan varian layar 6,1 inci untuk versi biasa maupun Pro, sedangkan layar 6,7 inci akan hadir untuk varian Plus dan Pro Max.

Yang menarik, Apple dikabarkan akan memperluas cakupan fitur Dynamic Island. Apabila sebelumnya fitur ini hanya hadir untuk varian Pro, kini fitur tersebut juga hadir untuk model iPhone 15 reguler.

4 dari 4 halaman

iPhone 15 Pakai USB-C

Gambar render iPhone 15 Pro menunjukkan varian warna merah tua (9to5mac)

Kendati demikian, laporan menyebut Apple masih akan mempertahankan teknologi ProMotion untuk model Pro. Karenanya, meski varian reguler kini mendukung Dynamic Island, layarnya belum mendukung kemampuan refresh rate yang adaptif.

Lalu terkait penggunaan port USB Type-C, ada laporan yang menyebut Apple akan menggunakannya untuk semua model iPhone 15. Apabila bocoran ini benar, Apple akan benar-benar menyetop penggunaan lightning port untuk iPhone.

Sementara soal harga, Apple disebut tidak akan melakukan banyak perubahan. Varian standar akan dibanderol dengan harga mulai USD 799 atau sekitar Rp 11,9 juta, sedangkan varian Plus dijual mulai dari USD 899 atau sekitar Rp 13,4 juta.

Mengingat Apple masih akan mempertahankan ukuran layar untuk lini iPhone 15, berdasarkan sejumlah laporan, desain smartphone ini tidak akan mengalami perubahan dari pendahulunya yakni iPhone 14.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini